1

Manfaatkan Guraru Sebagai Salah Satu “Teknologi Favorit” Guru (0)

Dionisius Agus Puguh Santosa SE, MM October 18, 2020
Belajar Dari Rumah di Era Pandemi Covid-19

Tentu tidak seorang pun yang dapat memprediksi bahwa percepatan pemerataan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dari Sabang sampai Merauke, terjadi begitu massif pasca pandemi Covid-19 melanda Tanah Air.

Kondisi senada pun terjadi pada pergerakan virus Covid-19 yang di akhir 2019 lalu masih kita saksikan hanya wara-wiri di Wuhan dan daratan Cina pada umumnya; namun kemudian seolah-olah terpental kemana-mana sehingga dinyatakan sebagai pandemi di hampir semua negara di dunia, salah satunya di Indonesia.

Tentu secara tidak langsung, keberadaan teknologi dapat menjadi salah satu pilihan alternatif untuk menekan laju perkembangan virus Covid-19. Andaikan saja teknologi komunikasi belum secanggih saat ini, ada kemungkinan BDR (Belajar Dari Rumah) belum bisa diselenggarakan dengan dukungan internet.

Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan internet di tengah pandemi ini menjadi teknologi favorit sebagian besar guru dalam pelaksanaan BDR. Bagi guru-guru yang berada di daerah susah sinyal, maka mereka kemungkinan besar masih tetap melaksanakan BDR, namun dalam situasi ini akronim BDR berubah kepanjangannya menjadi Belajar Di Rumah.

Semua jalan yang diusahakan oleh setiap guru di Indonesia tentu punya tujuan yang sama, yaitu agar dapat menyelenggarakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa di tengah situasi pandemi Covid-19 yang sedang melanda. Karena dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sudah menggariskan bahwa hendaknya “kegiatan belajar mengajar di semua jenjang pendidikan tetap berlangsung” selama pandemi terjadi. Artinya, tidak ada isyarat sedikit pun yang menyatakan bahwa kegiatan di sekolah-sekolah harus dihentikan secara total!

Sekolah memang ditutup di banyak daerah di Indonesia, namun kegiatan belajar mengajar tetap dijalankan dengan berbagai alternatif yang sudah digariskan. Ada yang menyelenggarakan pembelajaran daring secara penuh, ada yang menyajikan pembelajaran daring dan luring sebagai satu kesatuan, dan yang lain memilih untuk mengadakan pembelajaran luring sepenuhnya.

Sejak pandemi berlangsung, banyak usaha-usaha yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk mendukung kemajuan pendidikan di Tanah Air. Berbagai situs pendidikan muncul di dunia maya. Situs-situs pendidikan yang selama ini sudah malang melintang pun banyak yang berbenah dan menghasilkan konten secara produktif dan berkualitas. Semua berlomba-lomba untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Ibu Pertiwi!

Salah satu situs tersebut adalah GURARU yang bisa diakses melalui alamat https://guraru.org. Situs ini merupakan situs komunitas berbasis user generated content (USG) yang diperuntukkan sebagai wadah atau tempat di dunia maya untuk melaksanakan interaksi satu sama lain, khususnya bagi guru dan tenaga pendidik yang memiliki minat pada pengembangan dunia pendidikan, sekaligus peningkatan literasi teknologi informasi, teristimewa bagi kalangan guru di Indonesia.

Dan Guraru yang merupakan akronim dari “Guru Era Baru” ini dilahirkan PT Acer Indonesia sebagai program CSR dengan tujuan meningkatkan literasi teknologi informasi di kalangan guru Indonesia. Melalui situs ini, guru-guru di Indonesia dapat saling berkomunikasi sekaligus berbagi ilmu dan keterampilan mengajar untuk memajukan dunia pendidikan.

Guraru sudah mulai aktif menerbitkan informasi bermanfaat sejak 25 Oktober 2011 silam, atau 9 tahun yang lalu. Dan saat ini guru-guru yang sudah bergabung di situs pendidikan ini jumlahnya mencapai sekitar 5.800 orang guru dan praktisi pendidikan dari Sabang sampai Merauke.

Selama pandemi, Guraru bisa kita jadikan sebagai salah satu situs referensi untuk menggali inovasi dan kreasi yang bisa kita lakukan dalam menyikapi perkembangan teknologi pembelajaran yang pada saat ini terasa begitu cepat melesat dan mengalami percepatan di seluruh penjuru Tanah Air. Baik guru-guru yang tinggal di wilayah perkotaan, maupun guru-guru yang tinggal di pelosok desa; kehadiran Guraru dapat diakses selama daerah-daerah tersebut dapat dijangkau dengan teknologi internet.

Saya pribadi memanfaatkan Guraru untuk mencari informasi bermanfaat sekaligus aneka tips praktis dan berdaya guna untuk meraih kemajuan dalam kegiatan pembelajaran online yang saya jalankan di sekolah. Karena pelaksanaan BDR (Belajar Dari Rumah), lambat laun semakin menghadirkan kebosanan, baik bagi guru maupun siswa yang diajar. Salah satu faktor penyebab terjadinya kebosanan tersebut adalah karena penerapan metode pembelajaran yang monoton dan minim variasi.

Mungkin sebagian guru berpandangan bahwa dengan mengajar mempergunakan power point dalam setiap pertemuan terasa sudah cukup memadai. Selanjutnya guru akan memberikan penugasan melalui Google Classroom. Dari hari ke hari dan minggu ke minggu, bahkan bulan demi bulan, kebiasaan yang senada terus berlangsung. Namun pernahkah guru tersebut berefleksi, apakah metode yang dipergunakannya selama ini sudah efektif dan masih efektif hingga saat ini? Karena bukan tidak mungkin, siswa merasa jenuh dengan model pembelajaran yang itu-itu saja dan selalu sama.

Pemakaian WebCam eksternal yang menjamin video atau tayangan selama pembelajaran daring dapat tampil lebih maksimal juga tidak serta merta menjamin bahwa pembelajaran daring yang berlangsung akan lebih menyenangkan. Karena untuk menciptakan sebuah pembelajaran menyenangkan, harus tercermin dari tanggapan dan umpan balik yang ditunjukkan oleh para siswa yang didampingi dalam kesehariannya. Kelas online yang dipenuhi antusiasme, penuh dengan percakapan dan diskusi, terisi oleh canda dan tawa para penghuninya; bisa menjadi beberapa indikator yang bisa diamati secara kasat mata.

Melalui Guraru, beragam tips yang tersedia bisa langsung diaplikasikan di lapangan. Bahasa penyampaiannya sederhana, singkat, padat, jelas, dan mudah diikuti. Jadi tunggu apalagi, mari bergabung dalam komunitas besar Guraru dan jadilah salah satu guru di Indonesia yang siap berbagi dan menginspirasi guru-guru lainnya untuk dunia pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Saya sudah bergabung dengan Guraru. Anda?

#WritingCompetition

#NewNormalTeachingExperience

Comments (1)

  1. Selamat Sore 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar