12

Mengapa Webinar Pendidikan Penting Bagi Guru di Masa Pandemi? (0)

Pengelola Guraru March 24, 2021

Banyak cara yang bisa Guraru lakukan agar selalu produktif di masa pandemi ini, selain tetap mengajar secara online. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan diskusi online atau mengikuti webinar pendidikan.

Semenjak pandemi tahun 2020, banyak webinar gratis yang diselenggarakan. Biasanya, seminar online ini diselenggarakan melalui platform aplikasi Zoom, Google Hangout ataupun WhatsApp. Bahkan baru-baru ini hadir aplikasi mobile baru yang populer bernama Clubhouse (khusus iPhone), yang digunakan untuk talkshow ataupun diskusi. 

Melalui webinar, para pendidik dapat menyerap lebih banyak ilmu yang dapat diaplikasikan di kelas masing-masing tanpa harus keluar rumah. Apa itu webinar dan apa manfaatnya untuk guru di masa pandemi ini? 

Pengertian Webinar

Webinar merupakan kependekan dari web seminar, yakni seminar yang diselenggarakan secara daring atau online. Webinar berfungsi sebagai wadah yang mempertemukan peserta dengan para profesional dan ahli di bidangnya masing-masing untuk berbagi pengalaman atau ilmu.

Berbeda dengan seminar offline, webinar membutuhkan aplikasi dan koneksi internet yang stabil agar informasi dapat tersampaikan dengan baik. Untuk mendukung proses seminar online, Anda membutuhkan komputer atau laptop, smartphone, serta yang tak kalah penting adalah koneksi internet.

Kelebihan webinar dibandingkan dengan seminar biasa adalah tidak membutuhkan ruang yang luas untuk menampung peserta. 

Baca juga: Literasi Digital: Cara Praktis untuk Pendidikan Efektif

Manfaat Webinar Pendidikan Bagi Guru

Sama seperti dengan sekolah, webinar pendidikan ternyata berperan penting dalam membahas berbagai materi yang tidak dibahas di institusi formal. Dengan webinar, penyelenggara dapat berbagi ilmu dan menjangkau lebih banyak peserta tanpa terbatas ruang dalam waktu yang bersamaan.

Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda mengikuti berbagai webinar yang kini dapat ditemui dan diikuti secara mudah dari rumah dengan bermodal perangkat dan akses internet.  Apa saja manfaat webinar pendidikan untuk guru?

1. Alat pembelajaran yang hemat biaya

Webinar bermanfaat sebagai alat pembelajaran yang hemat biaya. Anda dapat mengikuti webinar tanpa harus mengeluarkan ongkos transportasi untuk pergi ke lokasi seminar. Cukup di rumah dan memanfaatkan akses internet yang tersedia untuk mengikutinya. 

Jika pun Anda mengikuti webinar yang berbayar, biayanya tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan seminar offline pada umumnya.

2. Webinar memberikan kenyamanan dan fleksibilitas 

Manfaat mengikuti webinar selanjutnya yang Anda rasakan adalah kenyamanan dan fleksibilitas dibandingkan dengan seminar offline. Dalam webinar, Anda dapat merekam materi yang disajikan (tentunya dengan izin pihak penyelenggara) sehingga dapat diputar ulang jika Anda membutuhkannya lagi suatu saat nanti.

Bahkan jika memungkinkan, webinar dapat direkam secara penuh dan diunggah kembali ke platform streaming video, seperti YouTube. Dengan begini, webinar tentu bisa memberikan dampak positif dan manfaat ke lebih banyak orang lagi.

3. Webinar mendorong interaksi yang lebih intens

Jika pada seminar tatap muka tak banyak orang yang bersedia bertanya atau memberikan pendapatnya di dalam forum, hal ini berbeda dengan webinar. Melalui fitur yang tersedia, antara pemateri dengan peserta dapat terjalin interaksi yang lebih intens.

Anda yang ingin bertanya, namun lebih nyaman menuliskan pertanyaan yang akan Anda ajukan, dapat memanfaatkan fitur chat. Jika Anda lebih menyukai komunikasi secara langsung, maka Anda dapat memanfaatkan fitur video call.

Dua metode ini mendorong terjadinya interaksi yang lebih intens. Hal ini membuat webinar berjalan lebih menyenangkan dengan pemahaman materi yang lebih mendalam karena begitu banyak topik yang dapat dibahas.

4. Proses belajar bisa lebih efektif 

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan Amerika Serikat menemukan bahwa proses belajar menjadi lebih efektif melalui webinar dibandingkan seminar tradisional. Peserta menjadi lebih aktif karena melalui webinar Anda dapat berbagi video, dokumen, dan layar dalam waktu yang sama. Interaksi juga terjalin lebih intens karena setiap orang bebas mengeluarkan pendapat mereka.

5. Berkenalan dengan peserta dari berbagai latar belakang

Meskipun peserta webinar yang Anda hadiri kemungkinan besar berasal dari jenis pekerjaan yang sama, namun mereka memiliki latar belakang berbeda dari berbagai daerah yang jauh sekalipun. Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda untuk memperluas relasi yang dapat membantu Anda mengembangkan diri.

Jika ada sesi perkenalan dalam webinar yang Anda hadiri, manfaatkan sebaik mungkin untuk menambah dan memperluas koneksi relasi Anda.

6. Tepat waktu untuk kegiatan berkualitas

Webinar biasanya diselenggarakan dalam durasi 1-2 jam. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikutinya dan jangan sampai terlambat untuk menghadirinya. Sebab, bukan tidak mungkin Anda akan dialihkan ke platform streaming dan menonton webinar yang berjalan satu arah karena room chat yang tidak dapat menampung peserta. Fokuskan diri untuk menyimak materi yang disampaikan agar waktu yang Anda dedikasikan untuk mengikuti webinar menjadi berkualitas dan tidak sia-sia.

7. Apresiasi dari pihak penyelenggara

Setelah Anda mengikuti webinar, pihak penyelenggara akan memberikan apresiasi berupa sertifikat elektronik atau e-certificate. Sertifikat ini tentu bisa jadi nilai tambah Anda di kemudian hari. Misalnya sebagai salah satu syarat dalam proses sertifikasi. Dengan begitu, semakin banyak webinar yang Anda ikuti, semakin banyak pula sertifikat yang bisa Anda peroleh.

Baca juga: Pembelajaran E-Learning dan Sederet Fakta Menarik di Baliknya

Jenis Webinar 

Setelah pemaparan tentang bentuk webinar yang umum ditemui, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis webinar yang banyak diselenggarakan selama masa pandemi ini. Ada tiga jenis webinar yang perlu Anda ketahui. Apa saja?

1. The One-Off For-Profit Webinar

Berbeda dengan jenis webinar sebelumnya, The One-Off For-Profit Webinar diselenggarakan secara lebih eksklusif. Para peserta akan diminta sejumlah biaya untuk bisa mengakses dan mengikuti webinar yang diselenggarakan.

Kelebihan dari The One-Off For-Profit Webinar yaitu akan mendapatkan ilmu yang sesuai dengan jumlah yang Anda bayar dari pemateri atau narasumber profesional yang ahli di bidangnya. Bahkan, tak sedikit pula yang menyediakan sertifikat selepas Anda mengikuti sesi seminar ini.

2. The Multi-Module Webinar atau Webinar Series

Jenis webinar selanjutnya adalah The Multi-Module Webinar atau Webinar Series. Sama seperti kuliah, webinar jenis ini biasanya dilakukan lebih dari satu sesi dengan materi yang lebih spesifik pada setiap sesinya.

The Multi-Module Webinar atau Webinar Series sering dikatakan sebagai jenis webinar terbaik karena benar-benar membahas materi hingga mendalam. Interaksi aktif antara pemateri dengan peserta biasa terjadi di webinar ini yang membuat pembahasan semakin mendalam. 

Nah, seperti itulah pengertian, jenis dan manfaat yang bisa Guraru dapatkan ketika mengikuti webinar pendidikan. Apa saja topik webinar yang menarik untuk Anda? Bagikan pendapat atau usulan Anda di kolom comment, siapa tahu usulan Anda akan diwujudkan menjadi Webinar oleh Guraru. 

Bagikan informasi tips ini kepada guru lainnya dan selalu aktif berbagi atau mendapatkan informasi materi pembelajaran dan pendidikan bersama guru, praktisi serta konsultan pendidikan lainnya di website Guraru. Ayo, gabung Komunitas Guraru untuk saling berbagi!

Guru Semakin Melek Teknologi Dengan Guraru
Belum bergabung ? silakan daftar disini

Comments (12)

  1. Alhamdulillah semenjak pandemi. Sudah banyak sekali webiner2 yang saya ikuti. Dan bener juga yang dituliskan dalam artikel di atas. Namun untuk pembelajatan siswa sd di lingkungan sekolah saya mengalami penurunan dari segi motivasi dan hasil belajar.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar