0

MAN PESANGGARAN PUSAT PEMBELAJARAN ONLINE QUIPPER SCHOOL DI BANYUWANGI (+1)

susantochimi August 31, 2015

Kab. Banyuwangi – MAN Pesanggaran. Menapaki tahun ke-19 Madrasah Aliyah Negeri Pesanggaran Banyuwangi menjadi satu-satunya madrasah yang telah mengunakan pembelajaran online. Sebagai Madrasah termuda di Banyuwangi, MAN Pesanggaran mampu menjadi pembeda dan menjawab tantangan madrasah yang harus terus berinovasi dalam kaitanya mengembangkan potensi peserta didik.
Sukses menjelma menjadi Madrasah Berbasis Keterampilan, MAN Pesanggaran Terus melakukan banyak pembenahan, pengembangan dan Inovasi. Mulai dari Kelas Otomotif Sepeda Motor/Tenik Sepeda Motor, Otomotif Mobil, Teknik Informatika, Teknik Tata Busana, Teknik Tata Boga, dan tekik Membatik yang kesemuanya dilengapi dengan Laboratorium yang menunjang. Bahkan Tahun Ajaran ini MAN Pesanggaran Yang telah Mengibarkan bendera sebagai Madrasah berbasis Ketrampilan telah Mendatangkan 1 Set Alat Pembuatan Sandal. Bahkan Guru dan siswa yang terlibat di kelas ini telah mendapat pelatihan khusus dari pihak terkait.
MAN Pesanggaran yang melejit pesat pada beberapa tahun ini menjadi salah satu sekolah/Madrasah paling favorit di Banyuwangi. Hal ini terlihat dari grafik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2 tahun terakhir yang mengalami peningkatan yang signifikan. Dari data PPDB tahun ajaran 2013/2014 : 192 siswa; tahun ajaran 2014/2015 : 367 siswa; dan tahun ajaran 2015/2016 : 417 siswa. Peningkatan ini menunjukkan MAN Pesanggaran telah dipercaya masyarakat dan menjawab tantangan mandrasah mampu bersaing dengan sekolah umum SMA/SMK.
Sejalan dengan terus berkembang dan berinovasinya MAN Pesangaran Banyuwangi, Madrasah ini telah merombak sistem pembelajaran konvesional menjadi Pembelajaran Modern. Pembelajaran yang mengandalkan kelas tatap muka langsung menjadi bukan pilihan utama untuk peserta didik menggali ilmu/informasi. Siswa dapat belajar dan menemukan tugas dan latihan yang diberikan guru lewat kelas online guru. Guru-guru di MAN Pesanggaran daam hal ini telah membuat kelas-kelas online yang tidak membatasi ruang dan waktu untuk guru dan siswa beriteraksi dalam kaitannya belajar mengajar.
www.quipperschool.com, adalah aplikasi pendidikan online gratis dipilih sebagai media pembelajaran online yang di gunakan di MAN Pesanggaran pada tahun ajaran 2015/2016 yang dua tahun sebelumnya sempat menggunakan www.edmodo.com. Quipperschool memberikan solusi kongkrit dan membantu dalam kegiatan pembelajaran. Siswa dapat belajar materi dari aplikasi ini baik berupa word, pdf, ppt ataupun berupa video (quipperschool premium) dan megerjakan ujian, tugas secara online denga menggunakan laptop, notebook, android atau smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet yang ada dimadrasah ini. Menariknya mengerjakan soal-soal di quipperschol ini seperti bermain game, selalu ada bonus disetiap soal-soal yang diawab dengan benar serta soal yang dijawab benar atau salah juga disediakan pebahasannya. Siswa dapat mengetahui nilai akhir dan melakukan remidi tanpa harus menunggu informasi dari guru. sehingga siswa tidak megalami kebosanan. Dari sisi Guru, qupperschool menyediakan materi dan latihan soaluntuk seluruh mata pelajaran dan semua topik baik Kurikulum KTSP ataupun Kurikulum 2013. Serta dilengkapi analisis soal dan hasil laporan nilai tugas/ujian secara online.
Aplikasi yang dikenalkan oleh Susanto, S.Pd Waka. Kurikulum MAN Pesanggaran yang sekaligus Ambasador dari quiperschool, mendapat sambutan hangat dari rekan-rekan guru di Madrasah ini. Tercatat lebih dari 20 guru telah terdaftar dan menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran dan lebih dari 600 siswa telah teraktivasi menggunakan quipperschool. Drs. H. Saeroji, MPd.I, M.Ag. selaku Kepala Madrasah memberikan dukungan penuh terhadap setiap pegembangan dan inovasi pembelajaran yang ada di MAN Pesaggaran Banyuwangi. (susanto)
Slide5Slide5

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar