0

Makin Canggih, Ini Rekomendasi Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan (0)

Pengelola Guraru March 7, 2022
Makin Canggih, Ini Rekomendasi Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan

Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan salah satunya adalah dunia pendidikan yang semakin tergantung dengan teknologi. Ditambah lagi perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat siapapun tidak ingin tertinggal.

Dikutip dari salah satu perusahaan edutech asal Silicon Valley, Moonshot Jr, PEW Research menyebutkan bahwa new normal pada 2025 akan lebih berbasis teknologi. Pihak PEW Research melakukan survei terhadap 915 inovator, pengembang, peneliti, pimpinan perusahaan dan kebijakan, serta aktivis untuk mengumpulkan pendapat mereka terkait kehidupan pasca pandemi.

Agar terus update dengan perkembangan teknologi dan bisa menerapkannya dalam proses pembelajaran, berikut adalah beberapa rekomendasi penggunaan teknologi dalam pendidikan yang bisa Anda manfaatkan.

1.  Program Mengajar Berbasis Artificial Intelligence (AI)

Salah satu institusi pendidikan yang sudah menerapkan AI adalah University of New South Wales. Di sana, robot bernama Question Bot rancangan David Kellerman diprogram untuk memberikan jawaban atas pertanyaan siswa. Robot ini juga dapat mengirimkan video pembelajaran.

2.  Pembelajaran Menggunakan VR/AR

Salah seorang jurnalis dari University of Maryland menjelaskan, VR/AR mampu melakukan sesuatu yang luar biasa terhadap rentang perhatian siswa. Teknologi tersebut mampu membantu peserta didik menghilangkan distraksi dan fokus pada pekerjaan mereka.

3.  Gamifikasi

Melibatkan permainan dalam proses belajar mengajar dapat menarik perhatian siswa secara penuh dan membuat mereka senang dengan pembelajarannya. Oleh sebab itu, semakin banyak pengajar yang menerapkan permainan dalam pembelajaran seperti menggunakan website berbasis game.

4.  Chatbot

Chatbot bermanfaat bagi para pelajar yang membutuhkan saran atas tulisan akademik mereka. Jadi, teknologi seperti ini bisa diterapkan untuk membantu peserta didik menulis esai secara mendalam dan sejenisnya.

5.  Teknologi Blockchain

Apa yang disebut dengan Distributed Ledger Technology (DLT) dalam blockchain memberi banyak manfaat pada dunia pendidikan, terutama pada segi penyimpanan data. Dengan adanya data baru yang ditambahkan, maka ‘blok’ baru terbentuk. Sehingga, kapasitas penyimpanan pun tidak terbatas. Di ePortofolio dan Massive Open Online Courses (MOOCs) misalnya, keduanya menggunakan blockchain yang mendukung pengetahuan di dalamnya.

6.  Platform E-learning Inovatif

Selanjutnya yang bisa dimanfaatkan adalah adanya platform E-Learning inovatif seperti pada Jelajah Ilmu. Acer bekerjasama dengan mySecondTeacher (mysecondteacher.com) menawarkan solusi pendidikan yang komprehensif untuk dunia pendidikan dalam bentuk Learning Management System yang menggabungkan standard international mySecondTeacher yang diadopsi ke bahasa dan kurikulum Indonesia, dapat diakses di situs Jelajah Ilmu (jelajahilmu.com). Selain itu Jelajah Ilmu juga terhubung dengan berbagai sumber belajar mengajar seperti Video Interaktif, eTextbooks, eWorkbooks, eTeachersGuides, eTestpapers, dan masih banyak lagi.

Baca Juga Belajar Dari Para Ahli, Berikut Tips Yang Bisa Diterapkan Oleh Guru.  

Jelajah Ilmu memberikan kemudahan bagi pelaku pendidikan seperti kepala sekolah, guru, murid, juga orang tua dalam proses transformasi pembelajaran era baru sehingga dapat meningkatkan pengalaman akademis baik secara online maupun tatap muka, pengelolaan penugasan, komunikasi antar pihak dan juga penyediaan materi buku pembelajaran secara terintegrasi. Hubungi kami untuk info lebih lengkap.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar