3

Magic Of Chemistry : Sweater Rajut Yang Menghangatkan (+4)

susantochimi June 6, 2015

syal rajut

Pagi guraru…… pagi ini Banyuwangi Hujan dan dingin Buanget…. Pas banget kalo pagi ini kita bahas sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh. yah kalau bagi sebagian guraru NGOPI itu cara cepet untuk mengusir dingin, heeeee..(kalo ini saya juga sepakat…). nah dalam ulasan kali ini saya mengangkat topik “Sweater Rajut Yang Menghangatkan “.

Kita merasa hangat ketika mengancingkanbaju hingga ke leher atau menggunakan syal. Saya kira alasannya karena udara tidak dapat masuk ke dalam baju dengan mudah. Tapi kita juga merasa hangat ketika kita mengenakan sweater rajut, yang memiliki banyak lubang (Saya merasa lebih hangat dengan mengenakan sweater rajut daripada pakaian dengan ruang yang lebih sedikit). Mengapa?

Bila kita tidak mengenakan syal, udara di dalam pakaian dan udara di luar saling bertukar. Hal ini disebut sebagai “efek tumpukan”.
Bila pertukaran udara tidak terjadi, di dalam pakaian udara menjadi hangat karena “udara tetap”, yang memiliki efek insulasi. Saya akan menjelaskan udara tetap pada bahasan berikutnya.
Alasan mengapa kita merasa hangat ketika mengenakan sweater
Udara yang tidak bergerak (“udara tetap”) sulit menghantarkan panas. Serat menghantarkan panas 10 kali lebih banyak daripada udara. Tekstil terdiri dari serat dan udara (kadang-kadang juga terdapat air). Tekstil menghantarkan panas 2-3 kali lebih banyak daripada udara. Karena tekstil dikelilingi oleh udara tetap, tekstil tidak menghantarkan panas lebih banyak. karena kita merasa hangat ketika kita mengenakan pakaian, khususnya sweater rajut.Sebenarnya bukan hanya daya hantar panas saja, tapi ketebalan pakaian juga mempengaruhi kehangatannya. Sudah diketahui bahwa kita akan merasa lebih hangat bila kita memakai pakaian lebih banyak. Sweater rajut biasanya tebal, jadi bisa kita katakan bahwa sweater rajut adalah bahan penghangat dipandang dari ketebalannya. Karenanya, pada kain hangat (tekstil) adalah: Udara tetap dikelilingi oleh serat yang lebih sedikit.

temukan juga di :
1. http://kimiamadrasah.blogspot.com
2. http://kimiamadrasah.guru-indonesia.net

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar