9

Magic of Chemistry : Api Dingin Membakar Uang Kertas (+5)

susantochimi May 23, 2015

apimembakar uang
Pernah dengar cerita Nabi Ibrahim as. Salah satu mukjizat yang dimiliki Nabi Ibrahim adalah ketika di bakar tidak tebakar. Magic of Chemistry kali ini akan mengulas tentang uang yang dibakar tetapi tidak terbakar. Percaya nggak ?
Pada eksperimen kali ini saya mengajak pembaca dan rekan guru untuk langsung mempraktekanya. Pertama-tama kita persiapkan alat-alat dan bahannya seperti : Uang kertas, Gelas, Penjepit, korek api dan spiritus. Selanjutnya rendam uang kedalam gelas yang telah diisi spiritus + 20 – 30 detik. Kemudian ambil Uang Kertas dengan penjepit. Dalam waktu yang tidak lama bakar uang tersebut. BLU……B. Api dengan segera akan membakar uang dan padam. HASILNYA uang masih utuh dan tidak terbakar. KOK BISA YA……………..
Ini Rahasianya (Penjelasan Ilmiahnya)
Tau nggak, bahwa spiritus merupakan senyawaan golongan ALKOHOL, tepatnya campuran antara metanol (CH3OH) dan etanol (C2H5OH) yang bersifat VOLATIL. Senyawa Volatil adalah senyawa yang mudah menguap, seperti bensin, minyak kayu putih, aftur dan banyak lagi yang lainnya. Pada peristiwa tidak terbakarnya uang yang dibakar pada eksperimen diatas, api hanya membakar spiritus yang terdapat di permukaan uang kertas dan segera padam sebelum menyentuh uang kertas.
Bagaimana ….? Tertarik, tunggu selanjutnya di Magic of Cemistry
Bersama : Susanto Chimi

Artikel terkait :
1. Magic Of Chemistry : Pesan Rahasia
2. Magic Of Chemistry : Api Dingin Membakar Uang Kertas
3. Aku BUkan Guru Hebat

Comments (9)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar