9

LPDP (+4)

Okky Fajar Tri Maryana September 18, 2013

Bismillah.

 

Apa kabar sahabat guraru? Semoga Rabb semesta alam selalu mendampingi setiap langkah kita dalam rangka berbagi kebaikan.

Begini sahabat, sudah cukup lama saya tidak memantau perkembangan kabar terbaru dari sahabat guraru, begitu pun dengan berbagi sedikit tulisan di lamannya. Seperti lama sekali rasanya. Begitu rindu saya ingin kembali berliuk-liuk di guraru kita tercinta.

Sumber : digaleri.com

Sahabat, barangkali memang seperti itulah kehidupan kita sebagai pendidik. Berupaya sekuat tenaga menjaga konsistensi dalam berbagi kebaikan. Sungguh perihal tersebut membutuhkan ketekunan yang besar. Kesabaran, dan semangat untuk selalu mengakui dan memperbaiki kekurangan diri.

Pada tulisan kali ini saya hanya ingin menyampaikan beberapa kabar yang saya pikir akan bermanfaat bagi saya pribadi dan sahabat semua di mana pun berada. Semoga.

Mungkin agak sedikit panjang. Sebab, saya berharap pengalaman yang saya alami ini benar-benar akan memberikan manfaat kepada sahabat semua. Amin (dan hanya kepada-Nya lah saya mengharap kebaikan yang besar)

Bila boleh saya jujur, awalnya saya agak ragu untuk menuliskan tulisan ini. Saya khawatir bila apa yang saya tuliskan hanya menjadi bekas yang buruk di hati sahabat guraru. Hanya memberi kesan pamer atau berbangga diri. Bahkan lebih menakutkannya lagi tidak bernilai kebaikan di sisi-Nya. (saya berlidung kepada-Nya dari hal-hal demikian)

Namun setelah berpikir agak lama akhirnya saya memberanikan diri untuk menuliskannya. Semoga niat dan apa yang saya lakukan ini terhindar dari sifat sombong dan bernilai kebaikan yang berkah di sisi-Nya.

Tahun Ajaran Baru. Seperti biasa tak ada hal yang perlu saya risaukan berlebihan di tahun ini. Hanya saja, saya telah memutuskan untuk menjadi guru paruh waktu di mana tempat saya mengajar.

Saya sungguh telah memikirkan masak-masak keputusan saya ini. Sebabnya saya ingin kembali mengejar mimpi saya yang lebih tinggi. Mimpi yang dahulu sempat tehenti karena keasyikan dalam dunia pekerjaan. Mimpi saya adalah melanjutkan Studi Fisika tingkat lanjut. Mimpi terdekat ini harus saya wujudkan agar kebahagian saya semakin besar dan mantap. Berbagi ilmu dan pengalaman khususnya dalam dunia fisika dan pendidikan.

Singkat cerita, setelah saya mempersiapkan segala syarat dan ujian yang diperlukan untuk dapat melanjutkan studi saya (Sungguh proses yang teramat panjang dan melelahkan). Akhirnya pada tanggal 19 Agustus 2013 Kemarin, alhamdulillah, saya resmi terdaftar sebagai mahasiswa program magister Departemen Fisika Institut Teknologi Bandung. Studi yang saya ambil adalah Fisika Murni (non-kependidikan. Karena memang sedari strata satu saya juga bukan kependidikan). Sungguh saya merasakan banyaknya kemudahan dari Allah SWT atas pencapaian ini.

Tak banyak yang akan saya share tentang studi saya di tulisan ini. Biasa saja. Namun, saya hanya akan berbagi lebih banyak tentang bagaimana saya dapat membiayai studi saya ini insyaAllah kepada sahabat semua. Seperti yang biasa diimpikan kebanyakan oleh teman-teman guru di sekolah saya  dan mungkin sahabat guraru semua; Dapat melanjutkan studi dengan beasiswa penuh.

Sahabat, Tentu kita mengetahui bahwa biaya adalah masalah besar yang akan kita hadapi saat melanjutkan studi tingkat lanjut. Saya pun merisaukannya.

Namun saya berpikir, bila mimpi sudah jelas, kemauan sudah kokoh, manfaat besar tehampar di hadapan, maka saya harus mencari  jalan. Bagaimana pun sulitnya.

Dengan senantiasa kita berdoa dan menunjukkan niat baik kita kepada-Nya, insyaAllah akan banyak rezeki yang tak akan disangka berdatangan. saya hanya meyakini itu. Anda pun demikian kiranya.

Akhirnya seiring proses pendaftaran studi lanjut di ITB, saya berhasil menjadi penerima beasiswa yang orang lain mengenalnya sebagai beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) oleh Kementrian Keuangan RI.

Alhamdulillah, semua biaya studi yang akan saya jalani insyaAllah ditanggung oleh pihak LPDP. Begitu banyak pula kemudahan dan fasilitas yang diberikan oleh LPDP ini selain biaya kuliah. Biaya hidup dkk.

Begitu banyak pertolongan Allah SWT melalui makhluk-Nya yang saya terima. Khususnya, kemudahan saya dalam meraih beasiswa tersebut. Dan Sungguh tak pantas rasanya bagi saya bila tidak berbagi kepada yang lain. Berbagi agar fasilitas beasiswa ini dapat dirasakan oleh banyak orang, khususnya teman-teman pendidik di manapun mereka berada.

Untuk itu saya merasa berkewajiban untuk berbagi. Berbagi Informasi yang bermanfaat-insyaAllah-kepada sahabat guraru, khususnya bagi mereka yang mau melanjutkan studi di berbagai bidang (tidak hanya  bidang pendidikan), di berbagai negara. Ya Benar, tidak hanya di Negeri ini. Sahabat gurau bisa melanjutkan studi ke seluruh dunia yang sahabat inginkan melalui beasiswa tersebut. Terbuka bagi siapa pun. Sungguh menarik bukan.

Sebelum saya menyampaikan beberapa informasi penting terkait bagaimana meraih beasiswa tersebut. Perlu kiranya sahabat guraru untuk mengetahui sekilas apa itu LPDP melalui klik link berikut. Pada intinya LPDP adalah sebuah lembaga pemberi beasiswa yang beda dari semua beasiswa yang pernah ada. Lembaga tersebut masih sangat muda usianya, namun demikian uang yang berada dalam lembaga tersebut sangatlah banyak.  (Perlu sahabat ketahui bahwa dana yang begitu besarnya –sekitar 15 triliun untuk tahun ini- tersebut berada di luar APBN. Tentunya tidak akan terpengaruh waktu tutup buku tahun anggaran. Uang tersebut tersimpan langsung di kas sebuah bank yang keluar masuknya atas nama satu orang, yaitu direktur LPDP)

Beasiswa LPDP memiliki visi untuk mencetak para pemimpin bangsa. Maka tak heran seleksinya lumayan melelahkan dan ada tambahan kegiatan sebelum dinyatakan sah menerima beasiswa tersebut yakni Pelatihan Kepemimpinan. Dilaksanakan sekitar sepuluh hari (semoga tidak membuat sahabat hilang minat karena mendengarkan ini). Secara ringkas kegiatan Program kepemimpinan tersebut saya catat di blog yang saya miliki. Bila berkenan sahabat guraru boleh mengintipnya kemudian hari. (Mungkin beberapa hari setelah tulisan ini selesai. Harap maklum sahabat)

Bagi mereka yang gemar menulis apalagi senang mempublikasi tulisannya di guraru (promosi guraru hehe), maka akan menjadi salah satu kemudahan yang akan didapatkan. Mengapa? Sebab salah satu syarat utama agar lolos menjadi calon penerima beasiswa ini adalah dengan membuat tulisan esai yang bagus dan menarik. Tulisan yang mampu menggugah para dewan penguji dan panitia seleksi. Karena poin Esai termasuk poin yang paling menentukan.

Sahabat, saya sangat merasakan manfaat semangat berbagi tulisan di web guraru dan blog yang saya punya. Saya lebih mudah berekspresi dalam menulis. Yah meski jauh dari kata bagus dan menginspirasi, tapi toh cukup membuat penguji tertarik dan penasaran. Hehe.

Nah saya tidak ingin berpanjang lebar lagi. Melalui postingan kali ini saya ingin menawarkan kepada sahabat guraru semua jika ada yang ingin bertanya atau berdiskusi tentang beasiswa ini saya siap membantu insyaAllah. Semoga segala informasi yang saya ketahui bermanfaat untuk sahabat guraru semua atau kerabat guraru yang tertarik terhadap beasiwa ini.

Silahkan kontak saya di [email protected] atau HP 085220486841

Untuk beberapa catatan pengalaman program pengayaan kepemimpinan beasiswa LPDP, bapak ibu bisa mengunjungi blog saya di

www.ayoberbagiilmu.blogspot.com

 

baiklah cukup segitu saja kabar dari saya. Mohon maaf bila ada khilaf. Sekali lagi, hanya kepada-Nya saja saya mengharap kebaikan dan keberkahan hidup.

 

Salam Hormat

 

Okky Fajar Trimaryana

 

Tagged with: , , ,

Comments (9)

  1. Selamat ya pak Okky, salam kenal. Saya baru gabung di Guraru hehehe. Syukur alhamdulillah, Insya Allah lancar studinya pak. Saya senang sekali sharing dengan Guraru, walaupun sudah pensiun PNS namun masih jadi guru non PNS, hehehe. Terima kasih sharingnya bisa diinfo ke yang lain, salam perjuangan.

  2. kalau melihat persyaratanny di TKP sepertinya saya tidak bisa
    Usia maksimum bagi pelamar beasiswa pada saat penutupan pendaftaran adalah:

    35 (tiga puluh lima) tahun untuk program Magister
    40 (empat puluh) tahun untuk program Doktor

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar