2

Literasi Digital untuk Menangkal Hoax (0)

Tantri January 24, 2021

Literasi digital untuk menangkal hoax – Mendengar kata literasi yang terbayang dalam benak saya adalah membaca dan menulis dulunya begitu. Sampai kemudian, begitu kata literasi menjadi tenar muncullah berbagai pemahaman tentang literasi.

rupanya literasi bukan hanya sekedar membaca dan menulis saja tetapi banyak jenisnya.

Ada enam jenis literasi yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, literasi budaya dan kewargaan.

Nah ternyata bukan hanya tentang baca tulis ya Ada banyak jenis literasi. Hari ini guraru mengangkat topik yang keren tentang literasi digital.

Literasi digital

Sebelum membaca artikel ini saya persepsi saya tentang literasi digital adalah kemampuan dalam mengelola informasi yang ada di dunia maya.

Kemampuan untuk membedakan mana yang benar-benar berita atau bukan, mana yang penting atau tidak penting, dan menggunakan informasi itu untuk meningkatkan pengetahuannya.

Hari ini Guraru menerbitkan satu tulisan tentang literasi Digital.

Literasi Digital: Cara Praktis untuk Pendidikan yang Efektif

Sementara setelah saya baca artikel itu maka inilah pengertian dari literasi digital.

Peneliti literasi digital, Douglas A.J. Belshaw dalam tesisnya berjudul What Is ‘Digital Literacy?’ tahun 2011 mengungkapkan, literasi digital merupakan pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan peralatan komunikasi, media digital, hingga jaringan internet, sesuai dengan ketentuan hukum.

Karena itu memang sangat penting tentang sikap kita dalam menggunakan hal yang terkait dengan digital. Apalagi di zaman sekarang ini ini sungguh berita yang tidak benar atau hoax dapat dengan mudah disebar.

Penyebabnya tidak lain adalah mudahnya untuk mendapatkan akses internet, mendapatkan smartphone dengan yang harga murah, dan paket kuota yang juga murah bahkan bisa didapatkan dengan gratis.

Lalu hal ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mendapatkan manfaat demi kepentingannya. maka menyikapi hal ini hendaknya kita berhati-hati dalam menerima berita yang kita dapatkan dari dunia digital.

Diperlukan sikap kritis untuk menelaah dan mengetahui kebenarannya. Dan juga tidak kalah penting adalah kemampuan kita menggunakan literasi informasi dan berbagai hal yang di dalam dunia digital itu untuk meningkatkan kualitas kita. Ada banyak sajian yang mungkin tidak bermanfaat untuk kita bahkan cenderung merugikan itulah yang hendaknya kita hindari.

perkembangan dunia digital hendaknya dibarengi dengan kemampuan kita memanfaatkannya. Manfaatkanlah untuk hal-hal yang mendukung profesi kita. Misalnya kita sebagai guru maka gunakanlah literasi digital itu untuk membantu menyelesaikan tugas tugas kita sebagai guru.

internet menyediakan banyak hal tentang materi pembelajaran sumber ilmu dan strategi strategi pembelajaran yang sangat banyak.

bahkan internet bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kita tentang dunia pendidikan. Internet bisa sebagai sumber pengetahuan yang tak terbatas. bukan hanya sumber yang ada di sekitar kita tetapi juga sumber pengetahuan yang ada jauh dari lingkungan kita. Sumber pembelajaran yang kontemporer maupun sumber pembelajaran yang telah ada sejak masa lampau. Selamat memanfaatkan kemajuan digital.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar