6

5 Aplikasi Video Editing untuk Proses Mengajar (0)

Pengelola Guraru November 12, 2020

Membuat materi belajar dalam format video memang penuh tantangan, bukan? Nah, artikel ini mengajak Guraru untuk mencoba menggunakan aplikasi editing video agar materi belajar lebih seru dan menarik!

Sejak sistem belajar online diterapkan, guru dan pihak sekolah berupaya maksimal membuat materi belajar yang menarik. Salah satunya, guru berinovasi memberikan mata pelajaran dalam bentuk video. Sebab, format video lebih interaktif dan diharapkan dapat membangun antusiasme para pelajar. Simak artikel ini untuk memahaminya lebih jauh, yuk! 

Aplikasi Editing Video untuk Guru

Materi belajar yang disampaikan dalam format video diharapkan memudahkan siswa memahami pelajaran dan memudahkan mereka mengerjakan tugas. Namun, sebelum membuat materi video pembelajaran, sebaiknya harus membuat konsep terlebih dahulu, yaitu memikirkan dan catat alur cerita yang hendak dibuat dalam video. 

Di dunia kreatif, pembuatan konsep ini disebut sebagai moodboard. Nah, moodboard yang sudah jadi akan menjadi acuan guru ketika membuat video. Jika konsep sudah matang dan materi video sudah jadi, waktunya Anda mengunduh atau download aplikasi editing video. 

Aplikasi ini gunanya untuk mengedit atau menyunting materi video yang telah dibuat. Dengan lima aplikasi editing video di bawah ini, guru bisa menambahkan teks, mengubah latar belakang, hingga memotong durasi video.

1.  Kinemaster

Guru jangan khawatir jika belum piawai menyunting video. Sebab, aplikasi editing video Kinemaster sangat mudah digunakan untuk pemula. Aplikasi ini pun punya banyak fitur, seperti menambahkan stiker, tulisan dengan berbagai font, hingga menyisipkan tulisan tangan dan suara guru pada video.

Selain mengedit video menggunakan aplikasi ini sangat mudah, materi video yang telah selesai melalui proses editing dapat langsung dibagikan ke YouTube, Facebook, Google+ dan lainnya tanpa perlu keluar dari aplikasi Kinemaster.

Tentu saja, aplikasi ini sangat membantu guru yang aktif menggunakan Whatsapp Group (WAG) atau YouTube untuk menyampaikan materi. Aplikasi ini juga dapat digunakan di Android dan iOS.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Teknologi Belajar Online Agar Semakin Menarik

2. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker adalah aplikasi editing video gratis dari Microsoft Windows. Aplikasi ini pun sangat direkomendasikan banyak orang karena sangat mudah digunakan oleh pemula. Jika menggunakan aplikasi ini, guru dapat memotong durasi video, memberi teks dan transisi hingga menambahkan animasi yang tersedia.

Sayangnya Windows Movie Maker tidak akan bisa ditemukan pada Windows 10. Namun para guru jangan coba-coba untuk nekat mengunduh aplikasi ini di berbagai situs, karena Anda berisiko menjadi korban penipuan. Sebab Microsoft sendiri memang sudah tidak mendukung aplikasi ini dan aplikasi legendaris tersebut telah diganti dengan Story Remix yang dapat ditemukan dalam Windows 10.

3. Avidemux Video Editor

Avidemux Video Editor juga termasuk aplikasi editing video yang populer. Nah, aplikasi satu ini sama mudahnya seperti Windows Movie Maker. Bahkan baru sekilas membaca tutorial menggunakan Avidemux Video Editor ini saja, guru bisa praktek langsung karena sangat mudah. 

Guru dapat memanfaatkan fitur yang disediakan Avidemux Video Editor. Fitur tersebut yakni memotong, copy dan paste dan menghapus bagian tertentu. Selain itu, guru juga dapat menyimpan materi video dalam berbagai format mulai dari AVI, WMV, MPEG-4, MOV (QuickTime) MP4, OGM dan FLV (Flash Video), MPEG, ASF, hingga 3GP.

Anda dapat mengoperasikan Avidemux Video Editor di laptop dan mengunduh aplikasi ini di situs resmi mereka. 

Baca Juga: Belajar Matematika Lebih Mudah selama Pandemi dengan Aplikasi Lengkap Video dan Contoh Soal 

4. Adobe Premiere Pro

Sebetulnya Adobe Premiere Pro cukup rumit digunakan oleh pemula. Namun guru jangan khawatir, karena tutorial menggunakan aplikasi editing video ini sangat mudah ditemukan di Google dan YouTube. Walau rumit, tak ada salahnya guru mempelajari dasarnya terlebih dahulu, karena aplikasi ini sangat populer dan fiturnya yang sudah tak diragukan lagi.

Keunggulan Adobe Premiere Pro adalah dapat mengedit video dengan kualitas tinggi. Aplikasi ini sangat disarankan untuk digunakan jika guru merekam video dengan perangkat kamera DSLR yang menghasilkan kualitas tinggi. 

Fitur canggih lainnya yang dimiliki aplikasi ini yaitu, Playback Zoom Level. Fitur ini digunakan jika guru merasa video yang direkam kurang dekat jaraknya. Akan tetapi kinerja laptop akan berkurang jika guru menggunakan fitur satu ini. Jadi, jika memang kinerja laptop yang guru miliki kurang maksimal walau tanpa mengoperasikan aplikasi Adobe Premiere Pro, sebaiknya hindari menggunakan aplikasi edit video ini.

5. AVS Video Editor

Dibandingkan Adobe Premiere Pro, AVS Video Editor lebih ringan digunakan ketika mengedit video di laptop. AVS Video Editor pun mampu mengedit video berkualitas HD. Keunggulan lainnya adalah dapat memotong dan menggabungkan video, menyematkan audio atau suara guru berisi penjelasan materi belajar atau dongeng hingga dapat memberi teks.

Namun aplikasi editing video ini memiliki berbagai versi. Supaya tidak bingung, simak versi AVS Video Editor di bawah ini agar tidak membingungkan Anda.

  • AVS Video Editor versi 7.4.1.281

Versi ini telah dirilis pada 27 Desember 2016 dengan menggunakan bahasa Inggris. Fitur yang ditawarkan pada versi ini pun beragam dan dapat mengedit video berkualitas tinggi.

  • AVS Video Editor versi 4.2.1.165

Aplikasi versi satu ini ukurannya sangat besar, yakni 70.18 MB. Sebab, AVS Video Editor versi 4.2.1.165 ini memiliki 500 efek dan transisi yang bisa membuat video lebih interaktif.

  • AVS Video Editor versi 7.1.3.263

Fitur yang terdapat dalam AVS Video Editor versi 7.1.3.263 dapat mengombinasikan atau menghapus lapisan dalam video sesuai dengan kebutuhan.

  • AVS Video Editor versi 7.3.1.277

Sejak dirilis pada 21 Agustus 2016, AVS Video Editor versi 7.3.1.277 sangat populer. Aplikasi editing video ini dapat digunakan pada laptop yang beroperasi menggunakan Windows Vista, Windows XP, Windows 7, Windows 8,  dan windows 10.

Bagaimana? Sudah menentukan pilihan aplikasi editing video yang paling sesuai? Bagikan juga rekomendasi lima aplikasi video editing di atas kepada guru lainnya. Guraru bisa berbagi atau mendapatkan informasi materi pembelajaran atau pendidikan bersama guru, praktisi atau konsultan pendidikan lainnya di website Guraru. Ayo, gabung Komunitas Guraru untuk saling berbagi!

Belum daftar di Guraru ? Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan diri sekarang!
Daftar Guraru

Comments (6)

  1. Informatif! Diantara 5 aplikasi yg disampaikan di artikel, yg paling sering saya gunakan beberapa tahun yang lalu adalah Windows Movie maker. Tetapi sekarang saya lebih sering menggunakan Filmora dalam mengedit video.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar