0

LESSON STUDY FOR LESSON COMMUNITY In MGMP KIMIA AND MGMP GEOGRAFI KOTA SINGKAWANG (0)

Agus Wahidi, M.Pd April 8, 2021

Generasi milenial adalah generasi yang diajar oleh guru jaman sekarang. Generasi ini memiliki karakter yang rasional dan simple serta sangat familiar dengan teknologi. Guru sebagai pengajar harus mampu membentuk dan memyesuaikan skill mengajar dan mendidiknya menyesuaikan karakter peserta didik sebagai salah satu komponen kompetensi guru.

Peningkatan kompetensi guru sebagai peningkatan keprofesionalan berkelanjutan yang diwadahi salah satunya melalui kegiatan pengembangan diri di MGMP. Kegiatan MGMP seharusnya mampu memberikan kebutuhan guru akan kemampuan-kemampuan yang dapat diaplikasikan dalam tugas keseharian sebagai pendidik dan pengajar. Kemampuan IT sangat mutlak dikuasai oleh guru tetapi juga tidak kalah penting kemampuan paedagogik dalam mengelola kelas. Kelas yang ada sekarang ini sesuai dengan revolusi industri 4.o ada namanya kelas virtual ada juga kelas regular. Kemampuan mengelola kelas virtual menjadi niscaya ketika sudah berhadapan dengan era digitalisasi. Dalam kelas virtual tentunya tidak lepas juga yang namanya konten pembelajaran yang mesti harus sesuai dasar keilmuan mata pelajaran, Jadi tidak hanya ansih tentang kemasan bahan pembelajaran. Tetapi juga substansi materi dan cara menyampaikan dengan tepat.

Lesson Study suatu kegiatan untuk memperbaiki cara mengajar dan melihat langsung praktik mengajar yang pada walnya dilakukan di jepang, mengalami penyesuaian dan perubahan sesuai dengan jamannya. Dengan adanya digitalisasi dan kemajuan IPTEK maka lesson study tidak mesti semua komponen dalam observasi harus ada dalam kelas guru model yang yang sedang di obeservasi.

Perlu diuji coba penggunaan virtual clas dalam rangka implementasi Lesson study yang meliputi langkah Perencanaan ( PLAN) , Obervasi (DO) dan refleksi (SEE) sangat memberikan angin segar utuk mengatisipasi adanya hambatan waktu dan jarak. Sehingga pembuaatn Lesson Plan yang memerlukan pertemuan banyak guru bisa difasilitasi oleh vitual class dengan menggunakan aplikasi  Webex  Meeting Room . Serta reflexi boisa dilakukan kapan saja tanpa menggangu aktifitas mengajar guru sehingga tidak mengurangi beban mengajar guru yang harus ditunaikan kepada peserta didiknya. Selain itu juga memberikan literasi gital pada guru-guru untuk akrab dengan teknologi.

Studi pendahuluan yang dilakuakn adalah dengan menerapkan langkah-langkah lesson study pada pembelajaran Kimia pada materi asam basa yang dilakuakn pada tanggal 2 Februari 2019 yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singkawang dan dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA  Se Kota Singkawang, anggota Lesson Study Kalimantan Barat ( dosen UNTAN, IKIP PGRI, UMP, UNU, STKIP Singkawang), guru mata pelajaran Kimia dan Geografi. (Daftar Hadir Terlampir). Respon dari guru-guru dan Kepala Sekolah sangat positif sehingga direkomendasikan untuk diadakan penelitian dan dilanjutkan dalam program reguler untuk semua mata pelajaran.

Sebagai Guru model dalam Lesson Study sangat terbantu dengan adamya informasi dan perspektif yang berbeda dari beberapa observer sehingga lebih mendalam dan komprehensif dalam memandang dan menyelasikan permasalahan di kelas dimana guru model mengajar.

Penggunaan Virtual Kelas dicoaba dilakasanakan dengan memberikan webinar dari SEAMEO SEAMOLEC pada program VCT Bacht 2 dimana peneliti sebagai peserta mempresentasikan pengalaman dalam seminar online tentang Lesson Study yang sudah dilakukan. Tanggapan dan presepsi yang rata-rata mendukung dan positif mendorong untuk dilakuakn lebih lanjut dan diteliti dampak bagi siswa maupun bagi guru yang mengikuti lesson study. Program vistual class ini menggunakan webex cisco sebagai salah satu penyedia aplikasi room meeting secara virtual dengan free acount yang bisa dimanfaat oleh guru-guru dalam mengadakan refleksi maupun pembahasan Lesson design dalam Lesson Study.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar