0

Lesson Study Era Pandemi (0)

Agus Wahidi, M.Pd April 25, 2021

hal yang pertama kali muncul dalam benak kita tentang Lesson Study. adalah apakah Lesson Study sebuah pendekatan? Model ? Teknik? atau Strategi?. Ya , jawabannya adalah bahwa lesson study merupakan kegiatan bersama guru dengan teman sejawatnya untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya kepada siswa dengan tindakan perencanaan(Plan), Pelaksanaan Pembelajaran (Do), dan (See), dan refleksi. Posisi lesson studi sebagai kegiatan guru ini mendukung program pemerintah tentang Pembinaan Keprofesian Berkelanjutan yang sering dikenal dengan PKB sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas guru, jadi senada dengan tujuan lesson study. Dengan lesson study sebagai suatu kegiatan dapat dikemas untuk menjadi sebuah laporan hasil penelitian berupa penelitian tindakan yang disebut dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lesson study sebagai sebiah kegiatan juga bisa dimanfaatkan oleh sekolah untuk bahan Penilaian Kinerja Guru Formatif (PKG), untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan guru tersebut dalam melaksanakan pembelajaran.

Pelaksanaan Lesson Study dapat dimanfaatkan oleh guru untuk melaksanakan Penilaian Tindakan Kelas, hal ini disebabkan pada saat Lesson Study terdapat teman sejawat sebagai observer , yang membantu memperoleh data yang lebih banyak dalam praktik pembukaan kelas atau fase DO pada tahapan Lesson Study. di harapkan dengan pelaksanaan lesson study maka para guru dilingkungan sekolah tersebut terpacu terbiasa kelasnya diobservasi oleh teman sejawat, dan teman sejawat menjadi terampil melakukan observer karena mengalami perbaikan terus pada saat refleksi. Kebiasaan yang terjadi pada beberapa daerah , ketidak siapan guru untuk diobservasi menjadi alasan Lesson Study masih belum masif dilakukan sekaran ini. Karena , dengan adanya tindakan. Kd yang diberikan guru ke siswa berupa lengah untuk mengambil benders merah putih. Pembuatan PTK berbasis lesson study sebaiknya 1 KD 1 siklus sesuai dengan siklus pembuatan PTK yang hampir mirip P2S. Dalam melaksanakan Lesson Study yang berguna untuk membuat PTK sebaiknya menggunkan siklus yang pendek saja. Penggunaan siklus yang panjang berpengaruh perencanaan yang mengalami terus bongkar pasang, pada setiap pembelajaran selalu di beri tindakan Plan , Do, dan See.Pada waktu tahapan Plan atau perencanaan terjadi diskusi dan sharing perspektif sejawat atau bahkan dari pimpinan untuk meramu pembelajaran dengan kondisi siswa yang dan memikirkan cara yang terbaik melaksanakan pembelajaran,

Pelaksanaan Lesson study kuga dalam sejalan dengan PKB. dimana dalam pelaksanaan PKB ada dua 2 yaitu : 1) Publikasi Ilmiah dan karya Ilmiah, 2) Pengembangan diri berupa kegiatan kolektif guru dan mengikuti kegiatan diklat. Tujuan pelaksanaan PKB untuk meningkatkan kualitas guru dari sisi kinerja, sedangkan untuk Lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ditinjau dari siswa.

Kegiatan pembuatan karya ilmiah dan publikasi ilmi ini menyangkat hasil dari suatu lesson study laporan refleksi dan chat design dan Lesson design yang dapat dimanfaatkan menjadi data dalam sebuah penelitian kelas yang menitik beratkan kualitas belajar siswa. Kegiatan KI dan PI ini bisa dalam bentuk KTI atau best practise.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar