3

Lelah Koreksi Soal? Saatnya Beralih ke Tes Online! (+2)

nanang kurniawan, s.pd May 14, 2015

TI ba Era Baru

Tes Hasil Belajar Siswa Berbasis “Online Test

Ujian Online (online test) adalah ujian yang diselenggarakan secara online (realtime) oleh seorang Guru atau pendidik dimana Peserta didik sebagai peserta didik dapat mengikuti ujian dimanapun yang bersangkutan berada, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Usaha yang dilakukan oleh seorang Guru tersebut sebagai upaya untuk mengukur tingkat pemahaman Peserta didik tentang materi pelajaran yang telah dipelajarinya selama mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas kemudian disebut dengan hasil belajar.

Hasil belajar merupakan indikator keberhasilan dalam proses  belajar mengajar atau pembelajaran  yakni apakah tujuan pembelajaran yang diharapkan sudah tercapai secara optimal atau belum. Seandainya hasil belajar sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan, maka proses pembelajaran dianggap telah berhasil. Menurut Winkel hasil belajar adalah “perubahan-perubahan dalam pegetahuan atau pemahaman dan tingkah lakunya, keterampilannya yang ada pada individu setelah mengalami proses belajarnya.”

Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar yang diperoleh Peserta didik diperlukan adanya proses penilaian. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Untuk itu, diperlukan data sebagai informasi yang diandalkan sebagai dasar pengambilan keputusan. Dalam hal ini, keputusan berhubungan dengan sudah atau belum berhasilnya peserta didik dalam mencapai suatu kompetensi. Jadi, penilaian merupakan salah satu pilar dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berbasis kompetensi.

Dalam penilaian dapat mempertimbangkan prinsip-prinsip sebagai berikut :

  1. Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu.
  2. Mengembangkan strategi yang mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri.
  3. Melakukan berbagai strategi penilaian untuk menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar peserta didik.
  4. Mempertimbangkan berbagai kebutuhan khusus peserta didik.
  5. Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi dalam pengamatan kegiatan belajar peserta didik.
  6. Menggunakan cara dan alat penilaian yang bervariasi seperti ;tertulis, lisan, produk portofolio, unjuk kerja, proyek, dan pengamatan.
  7. Melakukan penilaian secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil, dalam bentuk :ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.

Dalam melakukan penilaian, beragam cara dilakukan oleh setiap Guru agar diperoleh data hasil belajar Peserta didik yang valid melalui tes atau ujian yang  efektif dan efisien diantaranya Tes Online. Ada beberapa alasan mengapa penilaian peserta didik online dianggap lebih efektif daripada ujian tradisional. Pertama merangkul teknologi dan hal ini memungkinkan kecerdasan berteknologi yang menuntut Peserta didik untuk terlibat dalam cara yang jauh lebih alami dan akrab bagi mereka, menjadi jauh lebih aktif terlibat daripada dengan pena dan kertas. Peserta didik juga jauh lebih bertanggung jawab atas kesuksesan mereka sendiri atau kegagalan pada tes tersebut, yang membantu mereka untuk mengembangkan ketekunan dan etos kerja.

Penggunaan teknologi internet untuk setiap tes atau ujian ini dikenal sebagai tes online. Strategi penilaian ini dapat digunakan untuk menguji pengetahuan praktis, keterampilan pribadi, kecerdasan, dan lainnya secara logis melalui aplikasi atau file tes yang dimuat pada Website atau Blog. Dalam prakteknya tes tersebut dikerjakan secara online dan realtime menggunakan jaringan internet dengan batas waktu tertentu dan hasilnya (berisi informasi jawaban dan nilai peserta didik) langsung dikirimkan ke portal milik Guru.

 

Keuntungan yang diperoleh dari tes online diantaranya :

  • Mengurangi biaya foto copy atau perbanyak soal ujian
  • Memberikan kesempatan peserta didik untuk mengerjakan tes secara mandiri
  • Memberikan kesan yang cukup mendalam kepada Peserta didik dengan tampilan yang menarik
  • Mendidik Peserta didik untuk bertanggung jawab dan bersikap jujur dalam menjawab soal
  • Menghindari kesalahan dalam mengoreksi jawaban Peserta didik karena nilai secara otomatis akan diproses oleh program
  • Memberikan informasi yang spesifik mengenai jawaban yang diberikan Peserta didik (jawaban yang benar dan salah)
  • Memudahkan Guru merekap nilai dan memindahkannya ke database nilai Peserta didik.

Terdapat banyak software atau program yang dapat di unduh untuk membuat tes online, mulai dari persiapan, pemilihan bentuk tes, pembuatan soal, pemberian skor, sampai kepada “publish” atau upload ke Website atau Blog diantaranya adalah program aplikasi (software) Question Writer.

Software Question Writer  ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui sistem e-learning.  Salah satu produk andalan untuk membuat soal ujian yang dapat diakses peserta didik secara online. Program Question Writer ini merupakan sebuah aplikasi sangat cocok digunakan untuk keperluan mengajar bagi guru. Dan dengan cara seperti ini pula akan menjadi pembelajaran serta bekal bagi peserta didik nantinya, karena tidak menutup kemungkinan ke depan tes online akan semakin banyak digunakan.

Kelebihan Question Writer yang paling menonjol adalah bahwa jawaban peserta didik dapat terkirim ke email guru dan server milik kita di https://www.questionwritertracker.com  dalam keadaan ‘sudah dikoreksi’ artinya peserta didik yang lulus maupun yang gagal sudah dapat teridentifikasi, sehingga guru dengan mudah dapat memberikan umpan balik kepada peserta didikUntuk menggunakan program Question Writer ini tentunya Guru harus memiliki Website atau Blog yang nantinya akan di gunakan sebagi tempat untuk mempublikasikannya, sehingga peserta didik dapat mengerjakan soal tersebut secara online di manapun melalui jaringan internet.

Langkah untuk membuat soal :

1. Mengaktifkan program aplikasi

aktifkan file

2. Pengaturan Umum Question Writer

a. Properties

properties

b. Switch Themes

themes

3. Membuat Soal (tentukan bentuk tesnya)

a. Multiple Choice

soal pg

 

contoh soal pg

b. Matching

soal matching

contoh soal matching

c. Sequence

soal sequence

contoh soal sequence

d. Fill the Blank

fill inthe blank

contoh fill inthe blank

4. Publish Soal

a. Ke Server Question Writer Tracker ( .html )

publish

publish

b. Ke Lokal PC / Komputer ( .swf )

publish

tes


 

Contoh Hasil Jawaban Siswa :

report

report

Catatan :

Soal Online Dapat di akses juga melalui perangkat Gadget ; TABLET / SMARTPHONE ANDROID

dengan syarat harus di install terlebih dahulu Flash Player for Android.

tablet tes


Berminat untuk membuat tes online? Silakan dapatkan aplikasinya di bawah ini :

Download Aplikasi QUESTION WRITER


 

Identitas penulis :

Nama : Nanang Kurniawan, S.Pd.
(FB : http://facebook.com/kurnia04)
NIP : 198006042007101003
Bid. Studi : TIK
Tempat Kerja : MTs. N 7 Jakarta


Judul Tulisan ke – 1 :

http://guraru.org/guru-berbagi/multi-teaching-resources/

Judul Tulisan ke -2 :

http://guraru.org/guru-berbagi/mengetik-cepat-10-jari/

 

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru Untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10″

 

 

 

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar