0

Lebah dan Laba-laba (0)

Ayuma Sofyati March 31, 2021

Lebah dan laba-laba adalah hewan yang namanya diabadikan dalam Al- Qur’an yaitu dalam surah An-nahl ( lebah ) dan Al-‘Ankabut  ( Laba-laba )

1. Lebah

Masih ingat dengan kisah perjuangan Rasulullah SAW menghadapi kaum Quraisy? Rasulullah SAW dan Abu Bakar ra bersembunyi dari kejaran Qurais di sebuah gua bernama Gua Tsur. Allah SWT menolong Nabi Muhammad SAW  dengan memerintahkan laba-laba untuk membuat sarang di gua tersebut agar musuh tidak dapat menemukannya.

Tentang hal ini terdapat dalam surat An-nahl ( Lebah )  Ayat  68 dan 69 yang artinya “Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, ( QS An-nahl : 68 )

“kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir”. ( QS An-nahl : 69 )

Surah ini merupakan surah ke-16  dalam Al-qur’an terdri atas  128 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah ini dinamakan An-Nahl yang berarti lebah  karena di dalamnya, terdapat firman Allah SWT ayat 68 yang artinya : “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah”

Allah SWT dalam firmannya di surah An-Nahl menceritakan keistimewaan lebah. Lebah dalam kehidupannya mengedepankan kerjasama dan gotong royong. Melalui kerjasama itu lebah membuat madu yang memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan manusia.

Karenanya, dalam hadistnya Rasulullah mengumpamakan umat Islam itu sepeti lebah. Ini menandakan betapa istimewanya lebah itu.

Dari Abdullah bin Amru bin Ash bahwa ia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ” Sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin seperti lebah. Dia memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik, hinggap namun tidak memecah dan merusak.”.

Sementara menurut sumber yang saya ambil dari ‘wikipedia’ Lebah adalah makhluk Allah yang banyak memberi manfaat dan kenikmatan kepada manusia. Ada persamaan antara  madu yang dihasilkan oleh lebah dengan Al- Qur’an. Madu berasal dari bermacam-macam sari bunga dan dia menjadi obat bagi bermacam-macam penyakit manusia (lihat ayat 69). Sedang Al Quran mengandung inti sari dari kitab-kitab yang telah diturunkan kepada Nabi-nabi zaman dahulu ditambah dengan ajaran-ajaran yang diperlukan oleh semua bangsa sepanjang masa untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. 

2. Laba-laba

Menurut keterangan tafsir dari ibnu katsir mengenai ayat ini adalah ;

Allah untuk menggambarkan perihal kaum musyrik karena mereka mengambil tuhan-tuhan selain Allah yang mereka harapkan pertolongan dan rezekinya serta mereka pegang di saat mereka tertimpa kesengsaraan.
 
Keadaan mereka dalam hal tersebut sama dengan rumah laba-laba dalam hal kelemahan dan kerapuhannya.
Orang yang menyembah tuhan-tuhan seperti mereka tiada lain seperti orang yang berpegangan pada rumah laba-laba, maka sesungguhnya hal itu tidak dapat memberikan suatu manfaat pun kepadanya.
Sekiranya mereka mengetahui keadaan tersebut, tentulah mereka tidak akan menjadikan penolong-penolong mereka selain dari Allah.

Berbeda halnya dengan orang  muslim lagi beriman hatinya kepada Allah, selain dari itu dia beramal dengan baik sesuai dengan hukum syari’at.
Maka sesungguhnya dia berpegang teguh kepada tali yang kuat yang tidak akan terputus karena kekuatan dan kekokohannya.

Wallahu A’lam Bissawab

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar