0

Labeling ( Food, Drink, etc) Kelas IX (0)

FitriyaniElHasan March 14, 2021

Kompetensi Dasar:

3.6 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks label obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.6.   Menangkap makna label obat /makanan /minuman, sangat pendek dan sederhana.

Materi Pembelajaran: Teks tulis label obat/makanan/ minuman

Fungsi sosial: Tindakan dilaksanakan sesuai yang disarankan atau seharusnya.

Struktur text: Menyebutkan obat/makanan/ minuman yang diberi label, Menyebutkan informasi rinci yang diberikan dalam label.

Unsur kebahasaan: Ungkapan dan kosa kata yang lazim pada setiap jenis produk dari sumber-sumber otentik, Tata bahasa: Kalimat imperatif positif, kalimat imperatif negatif, kalimat deklaratif, Penggunaan kata bantu modal yang lazim, Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal, Ucapan, tekanan kata, intonasi, Ejaan dan tanda baca, Tulisan tangan.

Topik: Obat, makanan, minuman yang lazim atau terkait dengan hidup siswa di sekolah, rumah, dan masyarakat, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku perilaku jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama dan bertanggung jawab

Multimedia: Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.

Penilaian:

  • Tingkat pemahaman fungsi sosial label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana.
  • Tingkat kelengkapan dan keruntutan pemahaman tentang label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana.
  • Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
  • Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menganalisis label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana.

Observasi

  • Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
  • Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.
  • Penilaian diri:

Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar memahami label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Pengetahuan: Membaca pemahaman tentang label obat /makanan/minuman, pendek dan sederhana

Keterampilan: Tugas menganalisis label obat/makanan /minuman, pendek dan sederhana.

Observasi: Observasi terhadap tindakan siswa menganalisis label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana, Portofolio kumpulan hasil analisis tentang beberapa label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana yang telah dibuat.

Alokasi Waktu: 8 JP

Sumber Belajar: Buku Teks wajib, Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat, Contoh teks dari sumber otentik, Sumber dari internet.

Kegiatan Pembelajaran:

Mengamati

  • Mencari benda-benda di sekolah, rumah, dan sekitarnya di mana terdapat label obat /makanan /minuman, pendek dan sederhana, termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang dilihat tersebut.
  • Mengumpulkan gambar dan foto berbagai benda di mana terdapat label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana, dari berbagai sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
  • Memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana, ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dsb.

Menanya: Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.

Mengumpulkan Informasi:

  • Membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari label obat/makanan/minuman.
  • Membaca secara lebih cermat semua label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.

Menalar/Mengasosiasi:

  • Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
  • Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
  • Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisisnya.

Mengomunikasikan:

  • Mempelajari lebih banyak label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana dalam bahasa Inggris untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
  • Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar