6

Kurikulum 2013 Rasa KTSP (1) (+4)

wijaya kusumah February 21, 2014

imagesgf

Teman-teman Guraru yang Omjay sayangi dan banggakan

Saya sengaja mengasingkan diri dalam keramaian sekolah. Saya ingin menuliskan apa yang sudah dilakukan dalam pembelajaran di kurikulum 2013. Oleh karena itu, saya menulisnya di ruangan yang sunyi agar bisa mengenang kembali perjalanan imlementasi kurikulum 2013. Saya lebih suka mengatakannya sebagai kurikulum 2013 rasa KTSP.

 

Setelah membaca artikel yang sangat bagus dari pak Darmaningtyas,  KURIKULUM (2013) BERMASALAH di http://darmaningtyas.blogspot.com/2014/02/kurikulum-2013-bermasalah.html, saya semakin yakin dan mengaminkan bahwa ada segudang masalah dalam penerapan kurikulum 2013 dalam pandangan saya sebagai seorang guru.

 

Betapa tidak, kami sebagai guru yang mengajar di sekolah sasaran kurikulum 2013 harus mampu mandiri dan berhasil menerapkan kurikulum 2013. Sementara pelatihan kurikulum 2013 yang kami jalani tidak membuat kami memahami kurikulum 2013 secara utuh. Kami masih meraba-raba apa yang diinginkan oleh pembuat kurikulum 2013.

 

Bagi mereka yang mengampu dalam bidang studi yang sama saja masih bingung, apalagi kami yang harus menjadi guru prakarya. Padahal sertifikasi guru kami sebagai guru TIK. Saya harus siap mengajarkan mata pelajaran baru yang bernama prakarya. Padahal saya bukanlah sarjana prakarya.

 

Tapi saya pantang mengeluh. Saya harus bisa mengajar prakarya. Sebuah mata pelajaran yang menantang. Sebuah mata pelajaran yang saya coba kawinkan menjadi prakarya berbasis TIK. Satu semesterpun berjalan tak terasa. Pembelajaran prakarya harus menjadi pelajaran yang menarik dan menyenangkan siswa.

 

Allahu Akbar, berhubung waktu sholat ashar sudah tiba, dan kumandang adzan sudah terdengar di masjid sekolah, maka saya sudahi dulu tulisan ini, dan akan saya sambung lagi kemudian. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

 

Tagged with: , ,

About Author

wijaya kusumah

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Dosen STMIK Muhammdiyah Jakarta, dan Guru TIK SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

View all posts by wijaya kusumah →

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar