8

Konsep Guru yang Baik (+3)

Mushlihin October 24, 2013

Konsep guru yang baik, yaitu guru yang pantas menjadi panutan, teladan dan memiliki idealisme yang tinggi sesuai dengan profesi sebagai pendidik. Hal ini telah dijelaskan dalam beberapa kitab tarbiyyah yang dikenal yaitu kitab “Tarjumah”.

Kriteria guru yang baik sebagai syarat terpenting dalam mendidik ialah orang-orang yang memenuhi syarat, yaitu: 1). Islam; 2). aqil; 3). Baligh; 4). alim; 5). Tidak melakukan salah satu dosa besar dan tidak mengekalkan salah satu dosa kecil. Dalam perincian dari lima hal tersebut, kedudukan alim didahulukan, kemudian baru adil, karena sifat adil mencakup Islam, aqil dan baligh.

Pertama, alim berarti cukup mengerti batas-batas hukum, dan sekiranya ada orang yang menganut kepadanya tidak melakukan kesalahan. Untuk tahap awal guru mengajarkan kepada muridnya ilmu tentang keimanan, seperti rukun iman, syarat sah iman, batalnya iman, faedah iman dan segala yang bertalian dengan iman; selanjutnya pada tahap kedua guru mengajarkan bab ibadah mencakup kaifiyat wudlu, mandi wajib, shalat dan segala yang bertalian dengan kebenaran ibadah shalat; dan pada tahap ketiga guru mengajarkan soal sifat-sifat terpuji yang harus diamalkan dan sifat-sifat tercela yang harus ditinggalkan.

Copy of PICT0142

Kedua, adil yaitu dapat dipercaya, tidak melakukan salah satu dosa besar dan tidak mengekalkan salah satu perbuatan dosa kecil.

Dasar empirik yang menjadi pijakan mengenai guru adil ini, yaitu guru atau pendidik dalam mengajarkan ilmunya harus berpedoman pada hukum-, tertib dalam mendidik sesuai dengan potensi yang dimiliki anak didik masing-masing.

Dengan persyaratan guru yang merujuk pada kriteria tertentu serta tugas dan tanggung jawab berat yang diemban oleh guru, maka ada beberapa kompetensi atau kemampuan mendasar yang dimiliki guru sehingga guru ditempatkan sebagai figur yang budiman, kreatif dan potensial.

*Konsep guru yang baik ini, lebih dekat dalam pendekatan Pendidikan Agama Islam

Tagged with:

Comments (8)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar