2

Kompetensi Kepribadian Guru (0)

Rifana Luudi February 7, 2021

Menjadi seorang guru tidaklah mudah, karena seorang guru menjadi bagian penting dalam mempersiapkan masa depan peserta didik melalui pendidikan yang layak. Oleh karena itu dalam rangka mempersiapkan hal tersebut, guru dituntut untuk selalu membenahi diri dan mengembangkan diri. Ada 4 (empat) kompetensi guru yang harus selalu dibenahi dan dikembangkan yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan  kompetensi social

Sangat menarik bila membahas tentang kompetensi kepribadian seorang guru. Seorang guru bisa saja memiliki kompetensi paedagogik yang tinggi, menguasai  mata pelajaran yang diampuhnya, memiliki kompetensi social yang tinggi, mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja, mampu untuk bekerja sama dengan sesama teman sejawat, mampu untuk berbaur dengan masyarakat dimana guru itu tinggal namun seringkali kepribadian seorang guru tidak mampu menjadi contoh dan teladan bagi peserta didik , teman sejawat maupun masyarakat disekitarnya.

Muhibbin Syah (2005 : 225), Mcleod (1989) mengartikan bahwa kepribadian (personality) sebagai sifat khas yang dimiliki seseorang. Dalam hal ini, kata yang sangat dekat artinya dengan kepribadian adalah karakter dan identitas. Sedangkan Syaiful Bahri Djamarah (2005 : 39-40), Zakiah Daradjat (1980) mengatakan bahwa kepribadian diketahui adalah penampilan atau bekasnya dalam segala segi dan asfek kehidupan.Kepribadian  menurut Theodore M. Newcomb diartikan  sebagai organisasi sikap-sikap (predispositions)  yang memiliki seseorang  sebagai latar belakang ter­hadap perilaku.

kepribadian guru adalah perilaku seorang guru yang berkaitan dengan kemampuan individu dalam mewujudkan dirinya sebagai pribadi yang mandiri untuk melaksanakan tranformasi diri, identias diri, dan pemahaman diri dan memiliki nilai-nilai luhur sehingga terpancar dalam perilaku sehari-hari.

Kemampuan pribadi guru menurut Sanusi (dalam Djam’an:2007) mencakup hal-hal berikut:

  1. Penampilan sikap yang positif terhadap keseluruhan tugasnyasebagai guru, terhadap keseluruhan situasi pendidikan beserta unsur-unsurnya.
  2. Pemahaman, penghayatan dan penampilan nilai-nilai yang seyogyanyadianut oleh guru.

Kepribadian yang perlu dimiliki guru antara lain sebagai berikut:

  1. Guru sebagai manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa nerkewajiban untuk meningkatkan iman dan ketakwaanya kepada Tuhan, sejalan dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.
  2. Guru memiliki kelebihan dibandingkan yang lain. Oleh karena itu perlu dikembangkan rasa percaya pada diri sendiri dan tanggung jawab bahwa ia memiliki potensi yangg besar dalam bidang keguruan dan mampu untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapinnya.
  3. Guru senantiasa berhadapan dengan komunitas yang berbeda dan beragam keunikan dari peserta didik dan masyarakatnya maka guru perlu untuk mengembangkan sikap tenggang rasa dan toleransi dalam menyikapi perbedaan yang ditemuinya dalam berinteraksi dengan peserta didik maupun masyarakat.
  4. Guru diharapkan dapat menjadi fasilitator dalam menumbuhkembangkan budaya berpikir kritis di masyarakat, saling menerima dalam perbedaan pendapat dan menyikapinya untuk mencapai tujuan bersama maka dituntut seorang guru untuk bersikap demokratis dalam menyampaikan dan menerima gagasan-gagasan mengenai permasalahan yang ada disekitarnya sehingga guru menjadi terbuka dan tidak menutup diri dari hal-hal yang berbeda di luar dirinya.
  5. Menjadi guru yang baik tidak semudah membalikkan telapak tangan, hal ini menuntut kesabaran dalam mencapainya. Guru diharapkan dapat sabar dalam arti tekun dan ulet melaksanakan proses pendidikan karena hasil pendidikan tidak langsung dapat dirasakan saat itu tetapi membutuhkan proses yang panjang.
  6. Guru mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan pembaharuan, baik dalam bidang profesinya maupun dalam spesialisasinya.
  7. Guru mampu mengahayati tujuan-tujuan pendidikan baik secara nasional, kelembagaan, kurikuler sapai tujuan mata pelajaran yang dimilikinya.
  8. Hubungan manusiawi yaitu kemampuan guru untuk dapat berhubungan dengan orang lain atas dasar saling menghormati antara satu dengan yang lainnya
  9. Pemahaman diri, yaitu kemampuan untuk memahami berbagai aspek dirinya baik positif maupun negatif. Kepribadian yang efektif akan terwujud apabila seorang telah mampu memahami identitas dirinya, siapakah dirinya, mengapa ia memilih guru sebagai jabatannya dan kelebihan serta kekurangan apa saja yang terdapat pada dirinya.
  10. Guru mampu melakukan  perubahan-perubahan dalam mengembangkan profesinya sebagai inovator dan kreator.

Tagged with:

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar