0

Belajar Sejarah Lebih Asyik dengan Komik (0)

rusdi mustapa, s.pd October 30, 2021

Pembelajaran di era pandemi menuntut guru harus kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi. Pembelajaran yang memaksimalkan peran murid menjadi pilihan yang harus diambil. Pembelajaran sejarah adalah pembelajaran yang menitikberatkan aspek kognitif yang terkait pengetahuan dan afektif yang berkaitan dengan sikap. Aspek kognitif tercapai jika siswa rajin membaca buku. Namun realita di pembelajaran siswa kurang antusias membaca buku materi. Siswa banyak melakukan aktivitas lain di luar proses pembelajaran, mulai dari mendengarkan musik, menggambar, bahkan tidur. Kondisi ini tentu kurang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Belajar sejarah dengan Membuat Komik

Saya mencoba berempati dengan mengajak murid berkomunikasi. Mereka menyampaikan buku materi yang ada terlalu tebal dan banyak materi yang harus dipelajari, misal tentang peristiwa, tokoh-tokoh, tempat, dan waktu kejadian. Buku materi sejarah yang ada jarang ada ilustrasi gambar. Kalau pun ada warnanya hitam putih sehingga kurang menarik. Hal-hal yang disampaikan murid menjadi trigger untuk menyajikan pembelajaran sejarah lebih asyik, menyenangkan dan tentu saja bisa membantu murid memahami materi yang dipelajari.

Untuk mewujudkan tujuan ini saya memberikan tugas membuat komik berisi materi sejarah. Tugas dilakukan secara kolaboratif melalui kelompok-kelompok dengan tema yang berbeda sesuai dengan materi sejarah kelas 11 semester ganjil, yaitu “Masa Pendudukan Jepang, Peristiwa Rengasdengklok, Proses Penyusunan Naskah Proklamasi, dan Pembacaan Naskah Proklamasi”. Saya sampaikan untuk menyusun rangkaian cerita dalam komik sejarah, mereka wajib membaca buku materi sejarah. Karena komik sejarah yang di buat tidak boleh keluar dari konteks materi sejarah. Pembuatan komik sejarah dilakukan secara digital menggunakan software Comic Life.

Ada kebiasaan murid yang menarik di kelas yaitu suka membaca komik di sela-sela waktu sekolah. Hal ini memunculkan ide untuk mengembangkan pembelajaran sejarah dengan media komik. Saya lihat mereka kurang dalam literasi sejarah. Padahal pelajaran sejarah adalah pelajaran yang menitikberatkan aspek kognitif (pengetahuan) dan salah salah satu unsurnya adalah mengingat. Mengingat adalah proses melatih otak. Semakin banyak mengingat maka semakin terlatih otak. Ada berbagai strategi mengingat. Ada yang menggunakan gambar, tulisan, atau suara. Visualisasi atau membayangkan adalah cara yang baik untuk mengingat. Ketika menggambar komik tentu saja ada proses mengingat, maka proses menggambar ini adalah salah satu strategi mengingat yang melatih otak dan tentu saja menyenangkan. Murid dapat belajar banyak dalam komik yaitu belajar mambaca, memahami cerita dengan cara visualisasi dan mengenal warna. Komik pun dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena komik dapat dirancang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Dalam hal ini komik berfungsi sebagai penyampai pesan pembelajaran dengan media visual yang dikemas semenarik mungkin agar murid lebih tertarik untuk belajar.

Murid membagi tugas dalam kelompok. Ada yang bertugas membaca materi, menyusun alur cerita, mencari gambar-gambar terkait tema, dan menuangkan alur cerita serta gambar di sotware Comic Life. Murid harus bisa menerjemahkan materi yang dibaca menjadi bentuk visual dengan alur cerita yang sesuai. Proses ini menjadikan mereka memahami materi lebih baik.

Komik sejarah karya siswa

Belajar sejarah dengan membuat komik terbukti dapat menarik semangat untuk membaca. Karena mereka harus menerjemahkan materi dalam buku dalam bentuk gambar. Murid dihadapkan pada konteks yang nyata sehingga muncul efek yang membekas dan dapat mengingat sesuatu lebih lama. Belajar dengan membuat komik menjadi solusi bagi murid yang enggan membaca buku materi dan bisa dikembangkan untuk mapel lain yang membutuhkan pemahaman yang mendalam.

Awali semua dari hati semoga Allah SWT meridhoi

#KompetisiArtikelGuraru #HariGuruSedunia

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar