2

Kolaborasi Microsoft Whiteboard dan XP-Pen, Penyetaraan Reaksi Redoks jadi Lebih Mudah (0)

Yusmini October 18, 2020

Perkembangan teknologi yang begitu cepat telah menghasilkan berbagai inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Di masa pandemi ini, para guru dituntut untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan yang terbaik dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar.

Microsoft Whiteboard

Beberapa pokok bahasan dalam mata pelajaran kimia tidak bisa hanya dijelaskan melalui presentasi power point saja, tetapi para siswa mengharapkan guru memberikan contoh langsung penyelesaian soal di papan tulis. Kebanyakan siswa mengatakan akan lebih mengerti jika guru menuliskannya di papan tulis dibandingkan hanya dijelaskan lewat presentasi power point.

Salah satu pokok bahasan di kelas XII semester ganjil, yaitu penyetaraan reaksi redoks. Agar siswa lebih memahami materi ini, guru dituntut untuk menjelaskan lebih detail langkah per langkah secara langsung di papan tulis. Salah satu solusi untuk membantu guru menjelaskan penyetaraan persamaan reaksi redoks di masa pandemi ini adalah dengan menggunakan papan tulis virtual, Microsoft Whiteboard.

Whiteboard

XP-Pen

Alhamdulillah, di masa pandemi ini pemerintah melalui bantuan dana BOS memberikan kewenangan bagi sekolah dalam penggunaan dananya. Misalnya untuk membeli peralatan TIK yang dibutuhkan untuk kelancaran proses pembelajaran jarak jauh. Sekolah kami, SMA Islam Athirah 1 Makassar memprogramkan pembelian alat seperti headset dan XP-Pen bagi setiap guru.

XP-Pen

Dalam menjelaskan pokok bahasan penyetaraan persamaan reaksi redoks di kelas XII, Microsoft Whiteboard saya kolaborasikan dengan XP-Pen. Manfaat yang saya rasakan adalah pengadaan XP-Pen ini sangat membantu untuk memberikan penjelasan materi yang lebih jelas kepada siswa. Terutama dalam memberikan langkah-langkah penyelesaian soal.

Kolaborasi Microsoft Whiteboard dan XP-Pen

Pada awalnya saya menggunakan Microsoft Whiteboard dengan touchpad laptop. Hasil tulisan yang ditampilkan pada layar tidak terlalu rapi dan membutuhkan waktu yang lama untuk menulis jika menggunakan touchpad laptop. Alhamdulillah dengan kolaborasi Microsoft Whiteboard dan XP-Pen akhirnya tulisan yang dihasilkan lebih rapi. Selain itu tidak membutuhkan waktu yang lama lagi untuk menulis di layar.

Contoh penyetaraan reaksi redoks dengan metode setangah reaksi (dalam suasana asam)

Persepsi Siswa tentang Microsoft Whiteboard

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media Microsoft Whiteboard, saya memberikan angket respon kepada siswa. Dengan mengetahui respon siswa, saya dapat menjadikannya sebagai bahan refleksi diri untuk memberikan pembelajaran yang lebih baik lagi dengan menggunakan media ini.

Berikut ini 4 pertanyaan yang saya ajukan dalam angket respon siswa terhadap penggunaan media papan tulis virtual (Microsoft Whiteboard):

  1. Apakah penggunaan media papan tulis virtual sangat membantu Anda dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru? Sangat Setuju/Setuju/Tidak Setuju
  2. Jika pilihan Anda adalah setuju atau sangat setuju, apa alasan Anda?
  3. Jika pilihan Anda adalah tidak setuju, apa alasan Anda?
  4. Tuliskan saran Anda untuk penggunaan papan tulis virtual yang lebih baik lagi dalam pembelajaran kimia berikutnya!

Dari jumlah responden sebanyak 61 siswa kelas XII, respon siswa yang diperoleh adalah: 31,1% menyatakan sangat setuju; 60,7% menyatakan setuju. Sedangkan 8,2% yang menyatakan tidak setuju bahwa penggunaan media papan tulis virtual sangat membantu siswa dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru.

Beberapa alasan yang dikemukakan siswa yang menyatakan sangat setuju/setuju, antara lain:

  1. Materi pelajaran lebih mudah dipahami/lebih jelas dan hampir mirip dengan di sekolah jika yaitu melalui papan tulis
  2. Dengan menggunakan papan tulis virtual, kita dapat mengetahui penjelasan dan tahap-tahap pengerjaan mengenai materi yang sedang dipelajari
  3. Dapat mempermudah untuk siswa mengerti cara pengerjaan soalnya
  4. Penjelasan guru dapat diterima dengan baik walaupun suara guru kadang terhalang oleh jaringan yang sering lambat
  5. Dengan dikerjakan langkah per langkah kami jadi paham
  6. Dengan menggunakan papan tulis virtual, penjelasan guru lebih detail dan mudah dipahami
  7. Dapat melihat langsung cara penyelesaian dari soal dibandingkan harus membaca atau hanya melihat contoh soal
  8. Meski tidak seefektif papan tulis asli, papan tulis virtual lebih baik daripada tidak ada sama sekali
  9. Dengan penggunaan papan tulis virtual akan semakin jelas untuk memahami pelajaran seperti di kelas. Namun, terkadang mengalami kendala dalam hal jaringan. Suara ibu guru sudah ada, tetapi papan virtual belum terlihat, jadi kadang agak bingung. Tapi secara keseluruhan sangat membantu.
  10. Cara kerja dari langkah awal hingga selesai diperlihatkan oleh gurunya dalam papan virtual tersebut
  11. Lebih mirip belajar di kelas dengan menggunakan papan tulis secara langsung
  12. Saya lebih mudah memahami apabila ada tulisan dari guru terutama melihat rumus-rumus yang dijelaskan oleh guru
  13. Saya lebih mengerti bila dijelaskan tahap demi tahap dengan cara dituliskan. Dibandingkan hanya menggunakan power point dan sebagainya sebagai bahan presentasi guru
  14. Dapat memudahkan siswa/siswi dalam proses pembelajaran karena disinilah siswa dapat melihat langsung proses menyelesaikan suatu soal
  15. Lebih mudah untuk dipelajari dan juga terdapat warna spidol yang berbeda dalam papan virtual ini
  16. Lebih membantu untuk proses pembelajaran di masa pandemi ini, agar lebih memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran

Sedangkan alasan yang dikemukakan oleh siswa yang memilih tidak setuju disebabkan antara lain:

  1. Saya lebih mengerti jika guru menjelaskan langsung di depan kelas
  2. Terkadang jaringan internet bermasalah sehingga ada materi yang sementara dijelaskan terlewat sehingga kami jadi tidak mengerti. Suara guru juga terdengar tidak jelas jika jaringan bermasalah.
  3. Jika jaringan tidak bagus, terkadang tulisan yang ada di papan virtual menjadi blur sehingga tidak jelas terbaca.  
  4. Semoga kami bisa cepat masuk sekolah kembali

Berbagai alasan yang dikemukakan siswa dari hasil angket tersebut adalah benar-benar ungkapan perasaan dalam proses belajar selama masa pandemi ini. Para guru hanya bisa berusaha memberikan layanan yang terbaik bagi siswa agar dapat memahami dengan baik materi pelajaran. Tak ada kata terlambat untuk belajar. Manfaatkan secara maksimal teknologi yang para guru kuasai. Jangan pernah takut untuk mencoba belajar hal-hal baru demi peningkatan kualitas pembelajaran bagi siswa-siswa kita yang tercinta.

Harapan para siswa untuk segera masuk sekolah kembali adalah juga harapan kami, para guru. Semoga masa pandemi ini segera berlalu, kita bisa berjumpa kembali dengan siswa-siswa tercinta serta rekan-rekan guru yang lainnya. Tetap jaga jarak dengan virus corona, tetap jaga keakraban dengan siswa-siswa kita dan para guru selama masa pandemi ini.

#WritingCompetition

#NewNormalTeachingExperience

Comments (2)

  1. Selamat Malam 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar