0

Khawatir Biaya Pendidikan Anak? Gunakan Beberapa Metode Berikut (0)

Anotherorion August 10, 2022

Menjadi orang tua tentu memikirkan biaya pendidikan anak semaksimal mungkin. Harapannya, kita bisa mengantarkan anak menempuh pendidikan setinggi mungkin agar mereka dapat lebih mudah menggapai cita-citanya.

Mempersiapkan biaya pendidikan tentunya tidaklah murah, ada berbagai jenjang yang perlu dilewati putra dan putri kita sebelum mereka mentas dan siap bersaing dalam pertarungan dunia kerja.

Mulai dari saat anak masuk ke lembaga pre-school, taman kanak-kanak, SD, hingga kuliah. Bisa dibilang dua puluh lima persen masa hidup manusia berada di dunia pendidikan.

menyiapkan dana pendidikan anak

Tentunya ini bukan waktu yang singkat, terlebih dengan biaya hidup yang sangat besar, jika tidak disiapkan sedini mungkin bisa membebani orang tua atau bahkan bisa menghambat cita-cita anak untuk meraih masa depan mereka.

Orang tua perlu memahami pentingnya memanajemen keuangan agar dapat terus memberikan dukungan kepada putra putrinya selama masih menempuh pendidikan.

Berikut ini adalah beberapa opsi yang bisa diambil oleh orang tua guna mempersiapkan pijakan yang mendukung pendidikan anak.

Berinvestasi

Investasi merupakan hal yang patut dipertimbangkan oleh orang tua di jaman modern seperti sekarang, dengan semakin menyadari faktor inflasi dan penurunan nilai mata uang. Investasi dipandang sebagai cara yang tepat untuk meredam gejolak inflasi sekaligus mengamankan aset yang dimiliki agar dapat memberikan manfaat maksimal pada pendidikan anak.

Ada beberapa pilihan investasi yang bisa dipilih orang tua untuk menjaga ekonomi keluarga sekaligus mempersiapkan kebutuhan pendidikan.

Emas

Emas merupakan instrumen investasi yang memiliki lindung nilai terbaik, obyek safe haven ini banyak diburu oleh investor saat terjadi guncangan moneter melanda dunia yang bisa diakibatkan oleh banyak faktor, seperti perang, penurunan nilai mata uang, bencana alam maupun faktor politik.

Orang tua disarankan memiliki tabungan emas, karena emas memiliki tingkat kenaikan per tahun antara 11-20% per tahun, sementara inflasi berkisar di angka 7% per tahunnya.

Saham

Orang tua yang lebih muda dari kalangan milenial bisa berinvestasi di saham, dengan memilih saham bluechip sebagai salah satu aset yang bisa dikembangkan untuk mendukung biaya pendidikan anak nantinya.

Salah satu manfaat saham selain nilainya yang cenderung naik, beberapa saham juga dapat memberikan bagi hasil yang dikenal sebagai dividen saat perusahaan memperoleh keuntungan.

Property

Bisnis property merupakan bisnis prospek yang bisa dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi, dengan harga tanah yang semakin naik. Memilih berinvestasi di property sedini mungkin sangat disarankan guna memperoleh harga yang lebih murah.

Nantinya, properti ini bisa disewakan atau diberdayagunakan, dan keuntungan dari sewa properti bisa digunakan guna menambah pendapatan keluarga. Tentunya juga untuk membiayai sekolah anak

Asuransi

Jika investasi digunakan untuk melindungi aset agar dapat memberikan manfaat lebih bagi pendidikan anak, asuransi ditujukan untuk melindungi aset sebenarnya dari keluarga kita, yaitu kita dan masa depan anak kita sendiri.

Dengan menggunakan asuransi, orang tua dapat memastikan pendidikan anak tetap lancar tanpa halangan meskipun bisa saja terjadi hambatan di tengah keluarga yang beresiko mengancam keberlangsungan pendidikan anak.

Dengan memilih asuransi yang tepat, orang tua dapat memberikan jaminan kebutuhan pendidikan anak tersedia sampai akhir pendidikan nantinya. Adapun beberapa asuransi yang bisa digunakan untuk menopang pendidikan anak adalah

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memberikan perlindungan kepada pemegang polis untuk mendapatkan manfaat ekonomi saat yang bersangkutan meninggal dunia. Asuransi jiwa ditujukan untuk kepala keluarga sebagai pencari nafkah guna memastikan keluarga memperoleh pendapatan bulanan.

Jika kita sebagai orang tua wafat sebelum anak menyelesaikan pendidikan, setidaknya ada uang pertanggungan asuransi jiwa yang bisa membantu keluarga untuk memastikan anak dapat terus bersekolah

Asuransi Pendidikan

Dari namanya sudah jelas ini adalah asuransi utama yang diperlukan untuk memastikan pendidikan anak. Asuransi pendidikan ditujukan untuk memberikan perlindungan biaya pendidikan yang nantinya akan dibutuhkan anak.

Biasanya jangka waktu asuransi pendidikan antara 10-20 tahun untuk mendapatkan manfaat maksimal. Uang asuransi pendidikan dapat dicairkan pada akhir termin dan digunakan untuk membayar uang pangkal kuliah dan kebutuhan anak lainnya.

Tentu saja, orang tua harus memahami premi asuransi selengkapnya yang ditawarkan oleh setiap penyedia jasa asuransi untuk mendapatkan manfaat terbaik dari layanan tersebut.

Asuransi Kesehatan

Tidak ada seorangpun yang berencana sakit, tidak kita sebagai orang tua, tidak juga anak-anak kita. Biaya perawatan rumah sakit saat ini terbilang sangat mahal, selain menggunakan BPJS untuk mengcover perlindungan kesehatan keluarga kita, kita juga bisa menggunakan asuransi kesehatan tambahan untuk memperoleh perlindungan ekstra, dan bukan tidak mungkin manfaat ekonomi dari asuransi tersebut selama kita bedrest di rumah sakit.

Orang tua harus memperhatikan bagian penting polis asuransi kesehatan, apakah memiliki manfaat ekonomi yang setidaknya dapat digunakan menggantikan nafkah keluarga selama kita dirawat di rumah sakit atau tidak.

Dengan demikian kebutuhan keluarga dan pendidikan anak tetap bisa terpenuhi meskipun kita tengah sakit. Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua guna memastikan keberlangsungan pendidikan anak

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar