12

KETIKA GURU MI MULAI BERBENAH (+4)

mokhamad subakri April 27, 2014

Kondisi lembaga MI kebanyakan “memprihatinkan”, baik dari segi sarana maupun kualitas pendidikan. Pernyataan barusan boleh dikatakan YA untuk sebagian MI, tapi tidak untuk MI di kecamatan Senduro. Dengan berbagai “keterbatasan” kata sebagian orang, tapi sebenarnya tidak bagi kami. Kebanyakan MI sekarang sudah mulai berbenah, baik dari sarpras maupun kualitas gurunya. Lihat saja KKMI yang dimotori oleh Bp. Rosyd (Ka. MI Nuris Kadang Tepus 2) begitu getolnya memicu 7 MI yang ada di Kecamatan Senduro untuk berubah setahap demi setahap.

Berbagai pelatihan peningkatan kualitas mutu guru sudah mereka lakukan. Terakhir kali mereka mengadakan Pelatihan Menjadi Pembina Olimpiade Sains (matematika dan IPA). Tidak sampai di situ saja, kemarin hari Sabtu, 27 April 2014 mereka mengadakan Lomba Olimpiade Sains Guru dan Siswa.

Kegiatan ini memiliki dua tujuan, pertama ingin menyeleksi siswa yang akan dikirim ke tingkat kabupaten. Kedua memicu guru dan siswa untuk terus belajar dan belajar.

 

acara pembukaan, nampak ketua KKMI Kec. Senduro

acara pembukaan, nampak ketua KKMI Kec. Senduro memberi sambutan

dewan guru juga ikut upacara pembukaan dengan tertib tanpa terkecuali, menunjukkan mereka berdedikasi

dewan guru juga ikut upacara pembukaan dengan tertib tanpa terkecuali, menunjukkan mereka berdedikasi. nampak piala yang siap diperebutkan

Luar biasa apa yang sudah dilakukan oleh guru-guru kita di MI. tak mengenal usia dan rasa minder, mereka bahu membahu untuk menjadi lebih baik. Hampir 45 guru dan berkisar 80 siswa dari 7 lembaga MI ikut bergabung di ajang bergengsi ini. Tak ingin ketinggalan, hampir semua kepala sekolah juga ikut berlomba sesuai bidangnya IPA dan Matematika. Ing Ngarso Sung Tulodho Ing Madyo Mangun Karso.

Kegiatan lomba dibagi menjagi 6 kelas : Kelas Matematika Siswa Level A (kelas 1, 2, dan 3), Matematika Siswa Level B (Kelas 4 dan 5), IPA Siswa level A (kelas 1, 2, dan 3), Siswa Level B (Kelas 4 dan 5), Guru IPA, dan Guru Metematika. Dengan kondisi ini kami (Pak Enjang dan Pak Subakri) berlari ke sena-ke mari untuk membagi diri dengan kelas yang berbeda, mengingat Pak Muktar saat itu masih ada jam di sekolahnya. KKMI Kecamatan Senduro memang mempercayakan beberapa kegiatan peningkatan kualitas guru kepada kami Alumni P4TK Matematika Yogyakarta (M. MUKHTAR, M. SUBAKRI, DAN ENJANG BAYU IRAWAN). Pembuatan soal, pengadaan, pengoreksian semua ditangani alumni P4TK Matematika dan juga tergabung di TP3L. Piala bergilir dan piala untuk guru disumbang oleh Pembina dari Surabaya (Terapi Belajar MOKSWA Surabaya)

nampak guru PAI juga tidak ketinggalan bergabung di lomba IPA, suasana di ruang IPA guru

nampak guru PAI juga tidak ketinggalan bergabung di lomba IPA, suasana di ruang IPA guru

sebelah kiri kepala sekolah MI Purworejo, sudah sepuh tapi juga turut bergabung memberi teladan, sebelah kanan KS Pandansari

sebelah kiri kepala sekolah MI Purworejo, sudah sepuh tapi juga turut bergabung memberi teladan, sebelah kanan KS Pandansari. Ruang Matematika Guru

Bersukur ada beberapa ustdaz dari MI Nurul Islam 02 Kandang Tepus yang masih punya jam longgar untuk membantu kami menjaga ruang.

Waktu mengerjakan antara guru dan siswa sama yaitu 120 menit. Kegiatan mengerjakan dimulai pukul 08.30 dan berakhir pukul 10.30. Proses pengoreksian dimulai. Alhamdulillah, Pak Muktar datang dan bisa membantu mempercepat proses pengoreksian. Ditambah lagi tim IT dari guru-guru MI yang merekap daftar peserta guru dan siswa. Dengan bantuan beliau-beliau keterlambatan start pelaksanaan bisa kami tebus. Lewat 5 menit dari jadwal sebelumnya, tepatnya 12.05 pengumuman para juara digelar.

“Saya gemetaran Pak, sampai tidak tahu kalau ada Bapak di sini”, dengan suara gemetaran dari salah satu ustadzah karena was-was dengan kondisi saat itu. Hal tersebut kami sadari begitu berartinya nilai kegiatan saat itu bagi diri guru, siswa, dan lembaganya.

ketua kkmi membagi hadiah untuk para juara guru ipa dan mtk

ketua kkmi membagi hadiah untuk para juara guru ipa dan mtk

Pengumumanpun sudah disampaikan seluruhnnya, tiba saatnya mengumumkan peraih PIALA BERGILIR LOMBA OLIMPIADE SAINS GURU DAN SISWA MI SE KECAMATAN SENDURO, dan juaranya adalah untuk peraih piala terbanyak diraih oleh MI Nurul Islam Kandang Tepus 02 (1 emas, 3 perak, dan 2 perunggu) dan peraih Piala bergilir adalah MI AL-Ikhlas Kandang Tepus dengan 2 emas dan 1 perunggu.

Selamat bagi para juara dan yang belum 6 bulan lagi masih ada waktu untuk menjadi terbaik. Sampai jumpa diajang yang sama ½ tahun mendatang. Tetap semangat dan terus berjuang (belajar), karena saat kita terus berjuang (belajar) akan membuka lebih banyak harapan-harapan.

kepala sekolah MI Al-Ikhlas menerima hadiah piala juara umum dengan 2 emas dan 1 perunggu

kepala sekolah MI Al-Ikhlas menerima hadiah piala juara umum dengan 2 emas dan 1 perunggu

dari kiri : ketua kkmi ust rosyd, pak enjang, pak mukhtar, pak subakri, kepala mi al-ikhlas dan dewan guru mi

dari kiri : ketua kkmi ust rosyd, pak enjang, pak mukhtar, pak subakri, kepala mi al-ikhlas dan dewan guru mi nuris islam 02 kadang tepus dan mi al-ikhlas

“mereka tidak lagi memikat hati siswa dan orang tua dengan kegiatan yang sekedar hura-hura atau dengan cara pesan sekolah saat anak-anak masih bayi. Tapi kini mereka berani meningkatkan mutu diri dan pelayanan sekolah lebih berkualitas. Sebagai lampu kuning bagi kita guru negeri untuk segera memperbaiki diri agar tahun ajaran baru juga dapat siswa” _ mari kita ingat, kurang 20 siswa per kelas, sertifikasi tidak cair _

download rekap nilai dan rengking klik di sini nilai OLIMPIADE SAINS GURU DAN SISWA MI SE KECAMATAN SENDURO 2014

untuk soal bisa klik di sini

Comments (12)

  1. Bpk saya setelah membaca tulisan diatas merasa terharu…………semuga Alloh meridhoi semua kegiatan diatas sangat bermanfaat untuk pemimpin bangsa ………..,saat ini minat anak untuk masuk SD berkurang,! ya karena mutu yang ada di sd tersebut kurang memuaskan masyarakat di sekitar malah ada yang sekolah ke SD sangat jauh dari rumahnya………..ya itu memang kenyataan terutama di daerah terpencil……..ya guru kan kerja pak , kalau kerja bukan Profesi lho pak, walaupun menyandang guru Profesi…………ya asal masuk. kalau masuk …… gitu pak mohon dukungan saya lagi drooop ……semuga Alloh meberi kekuatan untuk anak yang berprestasi………

  2. Salam Assalamualaikum Bpk ……… saya tumpahkan dengan mengaji dengan tangisan agar anak saya jadi sukses ,,,,,,,oh ya kata anak saya jalan ke lumajeng agak rusak rembukan mau sowan kerumah bapak…..hehehehe Alhammdulillah amin Ya Allohhhhhhhhhhh…..!

  3. Ust Namin semakin sukses dengan pengembangan sayapnya 🙂
    Bu Etna, trims juga 🙂
    Pak Tri, Keep your heart
    Setuju Pak Isna, MI harus kembali ke jalan yang LURUS mendalami ISLAM …. tak perlu drum band, musik dan sejenisnya untuk menarik siswa (hanya pendapat pribadi)
    Pak Nur Alim, bener banget Pak mereka teladan saya juga 🙂
    Pak Moh Soleh, sabar “perjuangan selalu ada awal, tapi tak akan pernah ada akhir” kita nikmati saja 🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar