4

Kenapa Pelatihan Kurikulum 2013 Harus Di Luar Kota dan Hotel Berbintang? (+3)

wijaya kusumah July 8, 2013

Hari ini saya mendapatkan sms dari pimpinan sekolah. Saya diminta ikut pelatihan kurikulum 2013 di Lembang Bandung dari tanggal 9 sampai 13 juli 2013. Terus terang saya senang sekali. Itu berarti saya akan mendapatkan pengalaman baru lagi. Apalagi saya adalah pecinta travelling. Pelatihan kurikulum 2013 tentu akan menjadi kisah nyata dan catatan harian saya sebagai seorang guru blogger. Namun, hati kecil saya berkata, “kenapa pelatihan kurikulum 2013 harus di luar kota dan hotel berbintang?”

 

Mungkin pejabat kemendikbud ingin menjamu dan memperlakukan guru dengan pelayanan terbaik. Pelatihan di tempat dingin dan sejuk semoga dapat membuat guru menjadi senang dengan kurikulum 2013. Sebab guru adalah kunci sukses dalam kurikulum 2013 ini. Guru menjadi katup pengaman kurikulum 2013. Seperti apa yang dituliskan Prof. Suyanto, guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) hari ini di kolom opini kompas halaman 7 pada hari Senin, 8 Juli 2013.

 

Sebagai seorang guru, saya senang-senang saja. Apalagi dapat ilmu baru, dan juga dapat uang transport pasca pelatihan kurikulum 2013.  Para pejabat kemdikbud pun demikian. Mereka akan mendapatkan pekerjaan tambahan dari penerapan kurikulum baru ini. Pantas saja biaya yang dikeluarkan sampai 829 milyar dan sudah disetujui DPR. Padahal kurikulum ini hanya diterapkan di beberapa sekolah saja.

 

Seandainya saya menjadi mendikbud, saya tak akan mengadakan pelatihan guru di hotel berbintang atau tempat di luar kota. Terlalu mahal sekali biayanya. Saya akan menggunakan kampus sebagai tempat pelatihan guru. Seperti apa yang dilakukan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI). Kami mengadakan pelatihan dari guru, oleh guru, dan untuk guru di kampus UNJ Rawamangun. Kami bekerjasama dengan sponsor sehingga dapat menyelenggarakan pelatihan ini.

 twc2-guru

Anda bisa melihat dan membaca beritanya di halaman 12 kompas cetak Senin, 8 Juli kolom pendidikan, atau membaca di http://wijayalabs.wordpress.com/2013/07/08/kegiatan-twc2-masuk-koran-kompas-senin-8-juli-2013-halaman-12/.

 

twc2-guru-hebat

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

 

About Author

wijaya kusumah

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Dosen STMIK Muhammdiyah Jakarta, dan Guru TIK SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : [email protected]

View all posts by wijaya kusumah →

Comments (4)

  1. Terimakasih pak Wijaya Kusumah atas sharingnya. Saya sependapat dengan bapak. Seharusnya tidak demikian. Pelatihan kurikulum 2013 seyogyanya tidak harus dilakukan diluar kota dan hotel berbintang, dikampus seperti yang telah pak wijaya sampaikan juga bisa atau menggunakan tempat pelatihan seeprti PPPPTK kan juga bisa.

    Oh ya, saya juga setuju dengan pak Ade saiful. Ditunggu liputan dan materinya (mohon disharingkan). Terimakasih. Salam hormat dan perjuangan…,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar