0

Kenali Konsep Smart School dan Penerapannya di Sekolah (0)

Pengelola Guraru August 23, 2022

Perkembangan teknologi sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Semua elemen sekolah baik itu kepala sekolah, komite sekolah, guru, hingga siswa dituntut untuk dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi. Berkembangnya teknologi dalam bidang pendidikan bisa dilihat melalui mudahnya mengakses sarana informasi hingga pengerjaan serta penyampaian materi melalui daring.

Di Indonesia, penggunaan teknologi pada sekolah belum merata di setiap daerahnya. Hal ini dikarenakan belum maksimalnya ketersediaan sumber daya manusia (SDM) untuk melakukan proses transformasi digital dan juga infrastruktur yang rendah. Namun, mengingat banyak manfaat dari adanya penerapan teknologi di dunia pendidikan, seharusnya bukan lagi menjadi satu hal yang mustahil untuk diwujudkan.

Melalui transformasi teknologi digital, beberapa sekolah sudah menerapkan konsep Smart School. Lalu, apa itu Smart School dan bagaimana penerapannya di Sekolah? Simak info selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Smart School

Sebelum rekan guru menerapkan Smart School, ada baiknya guru memahami terlebih dulu mengenai konsep Smart School.

Smart School adalah layanan sistem untuk digitalisasi seluruh aspek aktivitas yang ada di sekolah, mulai dari proses pembelajaran, hingga sarana dan prasarana dengan tujuan mempermudah proses belajar mengajar agar menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Konsep ini juga akan membantu manajemen sekolah menjadi lebih baik. 

Implementasi Smart School membutuhkan kerja sama dengan semua komponen sekolah mulai dari kepala sekolah, pegawai sekolah, guru, siswa, dan orang tua agar dapat berjalan lancar. Konsep Smart School sendiri mempunyai tiga karakter yaitu:

  • Informed: Kepala sekolah, pegawai sekolah, guru, siswa, hingga orang tua dapat memahami struktur, perencanaan, dan cara kerja sekolah dengan baik.
  • Energic: Dapat menumbuhkan semangat dan energi positif terhadap gaya sistem administrasi, struktur sekolah, dan perlakuan guru terhadap murid, serta sebaliknya.
  • Thoughtful: Ramah, peduli, serta menjadi tempat yang penuh perhatian di mana saling memahami kebutuhan satu sama lain dan bekerja sama menyukseskan konsep Smart School.

Manfaat Smart School untuk Sekolah

Di era digital ini, semakin banyak orang yang mahir menggunakan teknologi karena sebagian besar aktivitas tidak lepas dari internet. Melalui internet, seseorang dapat mengetahui informasi terbaru secepat mungkin hanya dengan membuka HP, laptop, atau perangkat IT lainnya.

Penggunaan internet juga memiliki peran penting di dunia pendidikan. Banyaknya instansi pendidikan yang menggunakan sistem daring sehingga memudahkan sarana bertukar informasi. Penerapan Smart School juga berhubungan dengan internet sehingga semua komponen sekolah akan terhubung walaupun tidak bertemu secara tatap muka. Penerapan konsep Smart School tentunya memiliki banyak manfaat untuk sekolah. Berikut manfaat Smart School yang bisa Anda simak:

1. Mudah dan Efisien

Kepala sekolah, pegawai sekolah, guru, dan siswa tidak perlu lagi banyak melakukan kegiatan akademik menggunakan pulpen dan kertas karena semua telah terhubung melalui perangkat teknologi dan jaringan internet. Berkurangnya kertas juga akan meminimalisir biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh sekolah.

2. Akses Informasi Luas

Teknologi yang terhubung ke internet akan memberikan akses informasi yang luas. Guru dan siswa dapat mengakses informasi pembelajaran di mana pun dan kapan pun. Selain itu, orang tua siswa juga dapat melihat informasi terkait pembayaran SPP, tunggakan, hingga pelayanan sekolah dengan mudah.

3. Memantau Aktivitas Akademik

Guru dan orang tua dapat memantau aktif kegiatan siswa di sekolah seperti jadwal kegiatan, jadwal ulangan, nilai, ekstrakulikuler, dan lain-lain.

Penerapan Smart School di Sekolah

Di masa pandemi Covid-19 yang belum usai ini, sekolah masih harus dituntut untuk melakukan pembelajaran di mana saja. Metode belajar seperti metode daring, hybrid, hingga blended learning akan diterapkan dengan menggunakan teknologi sebagai media belajar. Penerapan Smart School akan terbagi menjadi lima bagian, yaitu:

1. Smart School untuk kepala sekolah:

  • Memantau dan mengevaluasi seluruh kegiatan di sekolah
  • Menganalisa kegiatan sekolah lain
  • Membuat laporan dan menyebarkan pesan kepada seluruh komponen sekolah

2. Smart School untuk pegawai sekolah:

  • Menginput pembayaran sekolah
  • Membuat daftar prestasi siswa
  • Membuat penerimaan siswa baru

3. Smart School untuk guru:

  • Menginput absensi dan daftar nilai siswa
  • Mencari materi pembelajaran
  • Mengunggah soal-soal ujian

4. Smart School untuk siswa:

  • Mengakses materi belajar
  • Menghadiri kelas secara daring
  • Menerima, mengerjakan, dan mengumpulkan tugas melalui HP atau laptop

5. Smart School untuk orang tua:

  • Memantau aktivitas akademik siswa
  • Melakukan pembayaran online
  • Terhubung secara daring dengan guru

Baca juga: Teknologi 5G dan Perannya dalam Mewujudkan Smart Classrooms

Untuk mendorong penerapan Smart School di sekolah, Acer Indonesia menghadirkan Acer Smart School Awards (ASSA) 2022. ASSA 2022 merupakan penghargaan dan dukungan akselerasi bertaraf nasional untuk melakukan transformasi digital dunia pendidikan. Penghargaan ini terbuka bagi jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK seluruh Indonesia dengan total hadiah lebih dari Rp500 juta untuk 3 kategori pemenang: Smart School of the Year, Kepala Sekolah Inspiratif, dan Guru Kreatif. 

Selain mendapat penghargaan, sekolah akan dipandu untuk menerapkan teknologi digital bersama mentor pendamping yang berpengalaman di bidangnya. Dengan adanya Acer Smart School Awards 2022, diharapkan semua sekolah mendapatkan akses merata terhadap teknologi digital sehingga menghasilkan pendidikan yang berkualitas bagi anak bangsa.

Sekarang, saatnya sekolah Anda berpartisipasi dalam Acer Smart School Awards 2022. Daftarkan sekolah Anda dengan mengikuti cara berikut ini:

  • Kunjungi website https://www.acersmartschool.id/ dan klik tombol ‘Masuk’ dalam Acer Smart School Awards 2022
  • Klik tombol ‘Daftar Sekarang’ dan isi ‘Formulir Pendaftaran’ sesuai jenjang pendidikan
  • Verifikasi melalui email dan bergabung di grup Telegram
  • Unggah Video Profil Sekolah, Rencana Pengembangan Sekolah (RPS), dan Penilaian Diri 

Bapak dan Ibu juga bisa melihat tata cara pendaftaran melalui link berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=dcLoHPx-3LE . Untuk registrasi/pendaftaran, silakan kunjungi link berikut ini: https://bit.ly/ASSA_SmartschoolRegister .

Pendaftaran Acer Smart School Awards 2022 ditutup tanggal 31 Juli 2022. Bersama Acer, mari berperan aktif dalam membantu proses transformasi teknologi digital di dunia pendidikan melalui Acer Smart School Awards 2022.
Temukan informasi selengkapnya di  https://www.acersmartschool.id/ atau hubungi narahubung di 087781813030 (Admin Acer Smart School Awards).

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar