0

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Aplikasi Penjawab Soal Matematika (0)

Rifana Luudi February 11, 2021

Matematika adalah pelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian siswa. Bagi siswa yang lain pelajaran ini dianggap mudah. Pada dasarnya suatu pelajaran khususnya matematika akan menjadi mudah jika materi dipahami dengan baik, dasar-dasar/prasyarat materi dikuasai dan selalu berlatih mengerjakan soal-soal.

Dalam pembelajaran matematika, guru harus selalu melatih pengetahuan dan keterampilan siswa dengan memberikan latihan-latihan soal. Latihan-latihan soal dibuat guru mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sukar. Siswa harus selalu berlatih mengerjakan soal-soal yang diberikan guru.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai aplikasi bermunculan untuk membantu siswa menjawab soal-soal matematika. Banyak siswa yang menggunakan aplikasi-aplikasi ini untuk menjawab soal-soal yang diberikan guru. Dari aplikasi-aplikasi yang bermunculan ini terdapat kelebihan dan kekurangannya bagi siswa pembelajaran matematika.

Kelebihan dari munculnya aplikasi-aplikasi penjawab soal matematika yaitu :

  1. Siswa dapat dengan mudah menemukan jawaban yang benar dari soal yang diberikan guru. Siswa tidak perlu lagi bersusah-susah berpikir lebih keras, menggunakan kertas coretan yang banyak untuk mendapatkan jawaban soal
  2. Siswa dapat memasukkan tugas tepat waktu dan mendapatkan nilai yang tinggi karena jawaban soal benar
  3. Kapanpun dan dimanapun aplikasi-aplikasi ini bisa digunakan siswa untuk mendapatkan jawaban soal yang benar
  4. Siswa tidak perlu lagi membeli alat-alat bantu seperti kalkulator, tabel-tabel yang dijual di toko buku dll untuk membantu siswa menemukan jawaban soal

Kekurangan dari munculnya aplikasi- aplikasi penjawab soal matematika yaitu :

  1. Siswa hanya mengetahui jawaban soal tanpa tahu pasti proses untuk mendapatkan jawaban soal tersebut. Belajar matematika tidak hanya sekedar mendapatkan jawaban yang benar tetapi bagaimana prosesnya/cara. Dari proses/cara yang tepat menghasilkan jawaban yang benar dan ini tidak akan bisa terlatih jika siswa menggunakan aplikasi.
  2. Kemampuan berpikir kritis, menganalisa, kemampuan menerapkan konsep dan memecahkan/menyelesaikan masalah siswa tidak terlatih/terbentuk karena jawaban didapatkan secara instan.
  3. Siswa akan mengalami kesulitan pada saat mengerjakan soal tanpa alat bantu (contohnya pada saat ulangan dengan soal berbentuk essay), karena terbiasa mendapatkan jawaban menggunakan aplikasi
  4. Siswa harus mengaktifkan paket internet karena ada yang dapat digunakan terkoneksi dengan internet (online). Ini berarti untuk siswa yang tidak memiliki paket internet tidak bisa menggunakan aplikasi ini
  5. Siswa yang tidak memiliki laptop/komputer/smartphone tidak bisa menggunakan aplikasi-aplikasi penjawab soal ini .

Semua aplikasi penjawab soal ini dibuat pada dasarnya memiliki tujuan yang baik untuk mempermudah mendapatkan jawaban tetapi jangan dilupakan bahwa mendapatkan jawaban secara instan tidak selamanya baik . Ada suatu proses yang harus dilalui untuk mendapatkan jawaban yang tepat, seperti pada pembelajaran matematika. Biarkan aplikasi-aplikasi itu menjadi alat bantu/pelengkap tanpa mengurangi tujuan dari pembelajaran matematika. Tugas guru untuk selalu mengingatkan siswa akan hal ini.

Tagged with: ,

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar