0

Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka yang Harus Anda Tahu (0)

Pengelola Guraru August 19, 2022

Kurikulum Merdeka merupakan sebagian upaya pemulihan pembelajaran dan bentuk evaluasi dari Kurikulum 2013 atau sebelumnya disebut sebagai Kurikulum Prototipe. Kurikulum ini telah diuji coba kepada kurang lebih 2.500 sekolah penggerak dengan sistem pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning).

Dalam penerapan kurikulum ini, guru tidak hanya menjalankan kurikulum saja tapi juga menjadi penghubung antara kurikulum dengan minat dan bakat siswa. Oleh karena itu, Kurikulum Merdeka dianggap lebih fleksibel dan juga terfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi siswa.

Selain itu, Kurikulum Merdeka juga memberikan keleluasaan pada guru untuk memilih berbagai perangkat ajar. Berdasarkan penjelasan tersebut, banyak kelebihan yang dimiliki oleh Kurikulum Merdeka. Selain itu, kira-kira apa lagi kelebihan Kurikulum Merdeka? Apakah kurikulum ini juga mempunyai kekurangan? Simak informasinya berikut ini.

Kelebihan Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka dinilai sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi karena lebih fleksibel dan efisien. Berikut beberapa kelebihan Kurikulum Merdeka yang harus Anda ketahui:

1. Relevan dan Interaktif 

Melalui sistem pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), Kurikulum Merdeka diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih luas kepada siswa untuk aktif dalam mengeksplorasi isu-isu aktual. Selain itu, kurikulum ini juga dapat mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila.

2. Sederhana dan Mendalam

Salah satu karakteristik utama dalam Kurikulum Merdeka adalah berfokus pada materi esensial sehingga siswa memiliki waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Dalam kurikulum ini, proses pembelajaran juga diubah menjadi lebih menyenangkan, sederhana, dan bermakna.

3. Bebas dan Leluasa

Kurikulum Merdeka akan menghilangkan peminatan bagi peserta didik jenjang SMA sehingga siswa dapat memilih sendiri mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Selain itu, guru juga dapat mengajar sesuai perkembangan siswa dalam menerima materi pelajaran.

Baca juga: Mengenal Discovery Learning, Model Pembelajaran yang Aktif & Efektif

Kekurangan Kurikulum Merdeka Belajar

Tidak hanya memiliki keunggulan, sebuah kurikulum yang diciptakan pasti juga mempunyai kekurangannya tersendiri. Nah, untuk mengetahui lebih jelas kekurangan dalam Kurikulum Merdeka akan dibahas dalam penjelasan berikut:

1. Persiapan yang Belum Matang

Kurikulum Merdeka baru diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2021. Kurikulum baru ini dinilai masih belum matang persiapannya sehingga diperlukan pengkajian dan evaluasi yang lebih mendalam agar penerapannya efektif dan tepat.

2. Sistem yang Belum Terencana dengan Baik

Kurikulum Merdeka akan diterapkan mulai tahun ajaran 2022/2023, tapi pada bagian prosedur pelaksanaan pendidikan dan pengajaran masih minim pembahasan mengenai upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, kurikulum ini dinilai belum menuju kepada sistem pendidikan dan pengajaran yang terencana dengan baik.

3. Kurangnya Sumber Daya Manusia

Kurikulum Merdeka yang baru diluncurkan ini memerlukan sosialisasi dan persiapan yang matang agar mempunyai sistem yang terstruktur dengan baik. Selain itu, kurikulum ini juga memerlukan SDM yang matang, yaitu tenaga pendidik yang cakap agar pelaksanaan kurikulum dapat berjalan lancar. Dalam hal ini, SDM yang tersedia masih kurang memadai.

Baca juga: 4 Alasan Jelajah Ilmu Dapat Mengurangi Beban Kerja Guru yang Berlebih

Dalam setiap kebijakan yang dirancang oleh pemerintah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan pada penerapannya. Kurikulum Merdeka tentunya diluncurkan dengan beberapa pertimbangan, salah satunya sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kekurangan yang ada dalam Kurikulum Merdeka bisa menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah khususnya Kemendikbud Ristek agar dapat menyempurnakan sehingga kurikulum ini bisa efektif dan efisien digunakan. Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Kurikulum Merdeka. Menurut rekan guru, apakah Kurikulum Merdeka bisa menjadi solusi untuk pendidikan di masa yang akan datang?

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar