0

Kelebihan dan Kekurangan Hybrid Learning (0)

Pengelola Guraru March 9, 2022
Kelebihan dan Kekurangan Hybrid Learning

Adanya kebijakan untuk menerapkan Hybrid Learning kemudian mendapatkan sambutan yang beragam, ada yang pro dan kontra. Hal ini tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh model pembelajaran campuran tersebut. Dilihat dari sisi kelebihan, Hybrid Learning punya beberapa manfaat seperti: 

1. Membuka Kesempatan Bersosialisasi 

Saat masuk ke kelas dan bertemu dosen atau guru secara langsung, maka akan membuka kesempatan untuk bersosialisasi. Bertemu langsung, berinteraksi secara langsung, dan kemudian bisa melakukan lebih banyak hal selain dengan orang di rumah dapat mengasah keterampilan hidup bersosial dan bagus untuk psikis. 

2. Pemahaman Materi Lebih Baik 

Pembelajaran online menjadi solusi saat pandemi, namun dirasa tidak seefektif seperti pembelajaran tatap muka. Dengan Hybrid Learning, peserta didik yang merasa kurang mendapat manfaat saat belajar online, memiliki kesempatan untuk memahami materi pembelajaran dengan lebih baik dengan melakukan PTM. 

3. Memberi Penyegaran

Hybrid Learning mampu memberi angin segar. Ini karena setelah kurang lebih dua tahun penuh para guru dan siswa menjalani pembelajaran online, yang mungkin meninggalkan kejenuhan bagi mereka. 

4. Meningkatkan Kualitas Kesehatan Fisik dan Mental 

Hybrid Learning juga bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental. Siswa, guru dan dosen akan lebih aktif bergerak menuju ke sekolah atau kampus masing-masing. Bertemu secara fisik dan berinteraksi dengan teman sekelas dan tenaga pengajar akan bagus untuk kesehatan mental agar tidak mudah stres dan tertekan. 

5. Lebih fleksibel

Dengan adanya Hybrid Learning, siswa dan orang tua bisa memilih antara full belajar online atau mengikuti PTM dengan persentase kehadiran tertentu. Tentunya hal ini menjadi sebuah kelebihan karena lebih fleksibel. 

6. Tren belajar masa depan

Pembelajaran dengan metode Hybrid Learning bisa menjadi trend yang akan disukai oleh banyak kalangan. Hal tersebut dikarenakan metode ini didukung dengan beragam kemudahan untuk mencari informasi yang dibutuhkan baik siswa maupun guru.

7. Meningkatnya keterampilan digital

Dengan Hybrid Learning, siswa dan guru dapat meningkatkan kemampuan dalam hal keterampilan digital. Mulai dari mengenal aplikasi belajar hingga cara menggunakan perangkat teknologi. 

1 2

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar