1

Kelas Maya Dalam Portal Rumah Belajar (0)

Alex B. Mena, M.Pd November 8, 2020

Kelas maya menyediakan fasilitas untuk guru dapat mengunggah bahan ajar sehingga bisa diunduh langsung oleh siswa yang tergabung di dalam kelas tersebut. Perbedaan kelas maya dengan kelas biasa terletak pada keterbatasan komunikasi, karena tidak terjadi tatap muka secara langsung. Di dalam virtual class, kemajuan proses belajar bisa dipantau oleh guru, siswa, bahkan orang tua siswa. Virtual Class bisa digunakan untuk menunjang kelas langsung (tatap muka) dan digunakan untuk pembelajaran jarak jauh siswa dengan guru.

Tujuan mengapa kelas maya dibentuk adalah untuk:

  1. Menciptakan pembelajaran yang bisa berlangsung kapan saja dan dimana saja dengan menghemat waktu dan biaya.
  2. Meningkatkan keterampilan penggunaan teknologi IT siswa sehingga siswa lebih kreatif, sekaligus bisa menambah minat siswa untuk belajar.
  3. Lebih memaksimalkan kemampuan pribadi masing-masing walaupun diluar kelas tatap muka/kelas langsung.

Kelas maya dapat berfungsi sebagai berikut:

  • Penambahan/pengayaan pembelajaran (supplement)
  • Pengganti sebagian pembelajaran (complement)
  • Pengganti seluruh pembelajaran (replacement)

Kelebihan Kelas Maya

Terdapat beberapa kelebihan dalam pembelajaran melalui kelas maya (virtual class), seperti:

  1. Lebih menariknya proses pembelajaran karena interaktif dan fleksibel dibandingkan dengan media lainnya.
  2. Siswa tidak terikat tempat dan waktu, sehingga lebih santai.
  3. Guru sebagai Fasilitator, yaitu penyedia sekaligus pendukung di dalam proses pembelajaran tersebut.
  4. Siswa lebih aktif mempelajari materi yang disampaikan oleh guru melalui website.
  5. Pembelajaran bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja.

Kekurangan Kelas Maya

Dibalik kelebihannya yang banyak, terdapat juga beberapa kekurangan. Kekurangan kelas maya diantaranya:

  1. Siswa dan guru harus mempunyai koneksi internet karena kelas maya berbasis web. Tapi terkadang siswa lebih asik bermain internet dibandingkan belajar materi yang disampaikan.
  2. Proses belajar yang individual (sendiri), sehingga bisa mengurangi pembelajaran sosial antar siswa.
  3. Apabila siswa tidak hati-hati dan terjadi kesalahan materi maka akan berdampak pada pengetahuan yang didapat siswa tersebut.
  4. Untuk anak SD penggunaan internet yang kurang proporsional bisa mengakibatkan penurunan kemampuan bersifat manual seperti menulis, menghitung, dan menggambar.
  5. Membutuhkan spesifikasi hardware, software, sekaligus jaringan internet yang memadai.

Kelas Maya Rumah Belajar memiliki potensi besar yang dapat digunakan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran online diantaranya sebagai berikut:

  1. Kelas Maya ini digunakan sebagai komplemen (pelengkap) pembelajaran di kelas, artinya materi kelas maya diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima peserta didik di dalam kelas.  Bagi peserta didik kelas 5 dan 6 jenjang SD, kelas 7, 8 dan 9 jenjang SMP, serta peserta didik kelas 10, 11 dan 12 jenjang SMA, materi kelas maya diprogramkan untuk menjadi materi remedial bagi peserta didik di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional. Tujuannya agar peserta didik semakin lebih mudah memahami materi pelajaran yang telah disajikan pendidik di kelas.
  2. Model pembelajaran kelas maya yang dikembangkan pada rancangan ini sebagai bentuk pemberian layanan kepada peserta didik berupa remedial. Kegiatan remedial dilakukan terhadap peserta didik yang telah mengikuti ujian suatu materi (1 KD) namun tidak mencapai nilai KKM (belum tuntas) yang ditetapkan lebih tinggi dari standar minimum. Kegiatan remedial dilakukan pada waktu yang disepakati di luar jam pelajaran tatap muka di kelas. Peserta didik akan diminta mengikuti kelas maya yang dibuka pendidik. Peserta didik mempelajari kembali materi-materi yang sudah disiapkan pendidik di kelas maya dan  mengerjakan tugasnya. Kemudian peserta didik mengikuti ujian secara online (dapat dilakukan di fitur Bank Soal). Jika memenuhi KKM maka peserta didik melanjutkan ke materi selanjutnya, dan bagi peserta didik yang belum tuntas maka pendidik menurunkan nilai KKM (batas nilai minimum kelulusan) sehingga semua peserta didik tuntas. Waktu pelaksanaan pembelajaran kelas maya ini di luar jam tatap muka di kelas.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar