0

Kelas Dalam Jaringan (Daring) Rasa Tatap Muka (0)

Rakhmad October 24, 2021

Pembelajaran dalam jaringan (daring) dimasa pandemi covid-19 diperlukan variasi agar pendidikan menjadi bermakna. Pembelajaran daring bisa dilakukan menjadi dua cara yaitu sinkronus dan asinkronus. Pembelajaran daring secara sinkronus bisa menggunakanan zoom, googlemeet, jitsi dan lainnya. Pembelajaran daring asinkronus bisa menggunakan e-learning tertentu, atau bahkan whatsapp untuk mendukung proses belajar.

Pada kesempatan ini penulis akan berbagi pengalaman menggunakan pembelajaran daring secara sinkronus. Pembelajaran secara sinkronus  memberi pengalaman kepada peserta didik dalam pendidikan secara langsung. Peserta didik dapat ketemu langsung seperti dikelas walaupun berada di rumah masing-masing. Peserta didik bisa ketemu langsung dan bertatap muka dengan guru dan teman yang lainnya.

Dalam pelaksanaan pembelajaran sinkronus penulis menggunakan aplikasi zoom. Dipilihnya  aplikasi zoom ini karena sudah familiar bagi peserta didik dan guru. Aplikasi zoom juga terdapat fitur breakroom yang bisa digunakan diskusi kelompok. Pada saat presentasi guru juga bisa melihat aktivitas peserta didik. Selain itu keuntungannya adalah bisa merekam aktifitas dalam pembelajaran di dalam computer dengan kualitas High Definition Video ( HD ). Peserta didik berkesempatan untuk melihat kembali pembelajaran dari hasil rekaman.

Pembelajaran sinkronus menggunakan zoom sama seperti saat tatap muka. Dimulai dari pendahuluan yaitu mengucapkan salam, menyakan kabar dan bisa melihat kesiapan  peserta didik secara langsung. Dilanjutkan dengan dengan berdo’a secara bersama-sama. Guru bisa mempresentasikan  tentang Kompetensi Dasar (KD), indikator dan tujuan pembelajaran. Selanjutnya guru bisa melakukan apresepsi untuk mengaitkan apa yang telah diketahui atau di alami dengan apa yang akan dipelajari.

Pembelajaran bisa dilanjutkan pada kegiatan inti guru bisa melakukan presentasi dan ceramah secara langsung. Peserta didik juga bisa  mengamati langsung video, PPT atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Dalam pembelajaran peserta didik bisa melakukan diskusi kelompok melalui breakroom zoom yang diatur oleh guru. Setelah selesai diskusi peserta didik bisa presentasi dihadapan peserta didik dan kelompok lain. Guru dan peserta didik bersama-sama memberikan kesimpulan diskusi.

Dalam pembelajaran sinkronus menggunakan zoom ini peserta didik juga bisa beraktifitas dengan LKPD secara online. LKPD online ini penulis menggunakan liveworksheet atau google form.  LKPD bisa dishare di chat zoom, peserta didik langsung mengerjakan dan mengirim secara langsung.

Dalam pembelajaran daring sinkronus ini guru bisa melakukan penilaian dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan secara langsung. Penilaian ini dilaksanakan secara daring selama pembelajaran berlangsung. Penilaian pengetahuan bisa menggunakan soal-soal online.

Pembelajaran daring sinkronus merupakan alternatif untuk pembelajaran yang aktif. Peserta didik aktif secara langsung dalam pembelajaran dengan waktu yang bersamaan. Pembelajaran yang biasa dilakukan tatap muka juga bisa dilakukan secara daring. Pembelajaran daring sinkronus juga merupakan kelas daring  yang rasa seperti kelas tatap muka.  

#KompetisiArtikelGuraru

#HariGuruSedunia

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar