3

Kegiatan Pembelajaran E-Learning : Edmodo (+2)

Fathurahman May 21, 2017

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun semakin maju dan mengalami perubahan. Untuk mengatasi perkembangan teknologi ini, terutama didalam kegiatan pembelajaran. Kita diharuskan untuk memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang ini sebagai media yang dapat bermanfaat khususnya dalam ilmu pengetahuan. Teknologi saat ini sangat berperan dalam proses belajar mengajar, maka dari itu, para guru harus melek akan peran teknologi dan memanfaatkan teknologi untuk kegiatan pembelajaran.

Kegiatan Pembelajaran E-Learning adalah kegiatan pembelajaran yang tepat untuk memanfaatkan peran teknologi sebagai media pembelajaran. E-Learning adalah sistem pendididikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan proses belajar mengajar.

E-Learning

Kegiatan Pembelajaran E-Learning

 

Kita dapat memanfaatkan Edmodo sebagai kelas digital/maya untuk kegiatan belajar mengajar. Edmodo adalah salah satu dari beberapa jenis Social Learning Networks yang ada world wide web. Edmodo menggunakan komunikasi daring (dalam jaringan) sebagai media untuk melaksanakan pembelajaran. Edmodo dapat diakses melalui PC Dekstop, Laptop, maupun perangkat mobile (Android dan iOS).

Dengan adanya Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, tugas, mendistribusikan kuis, mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tua. Terdapat banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk melihat perkembangan dan keaktifan siswa dalam belajar.

Edmodo

Kegiatan Pembelajaran E-Learning Edmodo (www.edmodo.com)

 

Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada di Edmodo :

  • Quiz

Fitur Quiz ini adalah fitur yang hanya dapat dibuat oeh guru, fitur ini dapat memberikan evaluasi online kepada siswa. Bentuk dari quiz dapat berupa uraian singkat, pilihan ganda, uraian, soal mencocokan, dan juga berupa soal benar dan salah. Fitur pada quiz ini terdapat judul kuis, tampilan kuis, batasan waktu, dan juga informasi tentang kuis yang dibuat.

Quiz

Quiz

  • Assignment

Assignment adalah fitur yang dapat digunakan guru untuk memberikan tugas kepada siswa secara online. Fitur yang dilengkapi dengan tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang menandakan bahwa siswa tersebut sudah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Siswa dapat mengumpulkan tugas berupa file document melalui fitur attach file, dan siswa diharuskan untuk mengumpulkan tugas sebelum waktu deadline yang diberikan akan berakhir.

  • File & Links

Fitur ini adalah fitur yang dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai note dengan melampirkan file ataupun links kepada seluruh anggota yang ada di kelas. File yang dilampirkan dapat berupa semua jenis file yang serupa dengan ekstensi doc/x, ppt/x, xls, pdf, rtf, dll.

file and links

File and Links

 

  •  Polling

Polling adalah fitur yang hanya dapat digunakan oleh guru yang dapat dibagikan untuk siswa. Polling berguna untuk melihat dan mengetahui tanggapan siswa mengenai suatu hal tertentu mengenai hal pelajaran ataupun minat.

Polling

Fitur Polling

 

  • Library

Fitur ini adalah sebuah fitur perpustakaan atau tempat penyimpanan bahan pembelajaran dengan isi konten yang beragam. Fitur ini dapat digunakan oleh guru untuk mengupload bahan ajar, materi, video, audio, gambar, sumber referensi, ataupun berupa konten digital lainnya.

library

Library

 

  • Gradebook

Fitur ini adalah fitur yang digunakan sebagai nilai catatan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan nilai kepada siswa secara otomatis maupun manual. Pengisian nilai otomatis hanya dapat dilakukan berdasarkan hasil skor Quiz dan Assignment. Siswa dapat melihat nilai rekapan mereka pada fitur ini dalam bentuk grafik, sedangkan guru memegang akses secara penuh pada fitur ini.

Gradebook

Gradebook

  •  Award Badges

Award Badges adalah fitur yang dapat memberikan suatu penghargaan kepada siswa secara individualis maupun kelompok. Penghargaan ini diberikan langsung oleh guru itu sendiri.

Award Badges

Award Badges

  • Parent Code

Dengan adanya fitur ini, orang tua/wali murid dapat bergabung untuk memantau langsung aktifitas dan prestasi  anak-anaknya. Untuk orangtua/wali murid agar bisa masuk kedalam grup kelas putra putrinya dapat langsung mengklik nama grup kelas atau dapat meminta kode kepada guru yang bersangkutan.

Parrent Code

Parrent Code

Itulah fitur-fitur yang terdapat pada Edmodo. Untuk para guru, agar dapat mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju ini, kita harus menguasai dan memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya. Edmodo hadir untuk memberikan kemudahan dalam kegiatan pembelajaran, tetapi bukan berarti kita harus terus menggunakan teknologi ini secara keseringan. Kita juga harus memberikan pembelajaran dan pengarahan langsung yang seimbang bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran digital class maupun kegiatan pembelajaran real class.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar