8

Kegiatan Menyenangkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris (+6)

Windy Citra Negara May 20, 2015

Windy Citra Negara bersama muridnya saat diluar jam mengajar

Salam pendidikan para sobat Guraru, disini saya mau menceritakan pengalaman mengajar saya pada saat mengajar bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di sekolah saya selalu menerapkan Fun Activities dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang saya lakukan. Fun Activities ini saya berikan bertujuan untuk membuat suasana kelas menjadi menyenangkan sehingga siswa merasa nyaman saat belajar. Menurut saya, dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris maupun mata pelajaran lainnya, sebuah kegiatan itu sangat diperlukan. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain permainan, berkelompok, bernyanyi, mewarnai dan kegiatan lainnya agar siswa tidak merasa jenuh melainkan merasa tertarik untuk mengikuti pembelajaran sampai selesai. Kegiatan yang saya berikan juga disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang saya lakukan. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang telah saya lakukan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

1. Belajar Bahasa Inggris dengan Permainan
Permainan juga dapat berperan penting dalam sebuah pembelajaran, selain aktivitas yang menyenangkan bagi siswa, permainan juga membuat siswa merasa betah dan nyaman pada saaat belajar. Mereka juga terlihat sangat antusias dalam belajar. Beberapa permainan yang pernah saya terapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris yaitu, teka-teki silang, pencarian kata, acak kata, matching dan juga pengelompokan kataDari pembelajaran menggunakan permainan saya bisa melihat beberapa manfaat yang bisa diperoleh dalam sebuah pembelajaran, antara lain:

  1. Suasana pembelajaran menjadi interaktif.
  2. Meningkatkan dan mengasah pemahaman kosakata bahasa Inggris.
  3. Menghilangkan rasa kebosanan dan membangkitkan semangat belajar siswa.
  4. Siswa bisa bekerja kelompok dengan baik dan saling membantu satu sama lain.
  5. Siswa aktif bertanya pada saat mereka belum bisa memahami petunjuk yang ada.

Kegiatan Pembelajaran dengan Permainan di SDI Yamassa surabayaPermainan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SDI Yamassa 3 Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SDI Yamassa 2 Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SDI Yamassa 1

Saya berusaha membuat permainan yang kreatif & menarik yang di konsep/di desain sedemikian rupa untuk materi-materi tertentu, terutama pada materi yang sulit dipahami oleh siswa. Dengan permainan yang sudah di konsep/di desain sesuai dengan materi pembelajaran diharapkan bisa membantu siswa dalam mempelajari dan memahami materi yang sedang diajarkan oleh guru. Selain itu, dengan permainan juga membuat saya dan murid merasakan sebuah pembelajaran itu terasa menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.
2. Belajar Bahasa Inggris sambil Mewarnai
Kegiatan pembelajaran yang pernah saya terapkan juga yaitu Belajar Bahasa Inggris sambil Mewarnai. Pembelajaran yang saya berikan ini berupa aktivitas mewarnai gambar yang telah diberikan oleh guru kepada seluruh siswa. Menurut saya banyak aktivitas yang bisa dikombinasikan dan diterapkan dalam sebuah pembelajaran, misalnya aktivitas mewarnai. Kenapa dengan sebuah aktivitas dan mewarnai? Karena menurut saya di usia mereka saat ini merupakan usia dimana saat-saat sisi kreativitasnya berkembang, sehingga mereka pasti mudah bosan jika diminta untuk diam dan mendengarkan guru yang sedang memberikan materi pelajaran. Jadi tujuan saya membuat sebuah aktivitas dengan mewarnai supaya siswa bisa menyalurkan kreativitasnya dalam mewarnai tapi tidak terlepas dari pelajaran Bahasa Inggris.
Dari aktivitas mewarnai saya hubungkan dengan pembelajaran Bahasa Inggris, dan saya sangat senang sekali karena respon siswa sangat antusias sekali saat saya meminta mereka membawa peralatan untuk mewarnai. Saya bebaskan mereka membawa alat mewarnai yang mereka suka, sperti pensil warna, spidol maupun crayon. Dalam kegiatan ini siswa juga tidak saya batasi dalam teknik atau cara mewarnai gambar yang diberikan agar mereka bisa menyalurkan kreativitasnya semaksimal mungkin. Pembelajaran Bahasa Inggris pada saat itu terasa menyenangkan karena siswa diminta untuk mengikuti & mewarnai gambar sesuai petunjuk yang disajikan dalam Bahasa Inggris.  Meskipun petunjuk disajikan dalam bahasa Inggris, siswa terlihat tidak bosan maupun malas. Siswa terlihat sangat antusias untuk mewarnai gambar yang diberikan oleh saya walaupun ada saat dimana mereka bingung tentang arti dari petunjuk/perintah yang ada di lembaran gambar yang saya berikan, tapi saat mereka tidak tahu atau lupa artinya mereka langsung bertanya artinya kepada saya. Dan ada juga ada beberapa dari mereka saling membantu temannya dalam memahami petunjuk yang ada. Dengan aktivitas mewarnai banyak manfaat yang bisa diperoleh, antara lain:
  1. Siswa tidak jenuh dalam pembelajaran.
  2. Siswa mampu mempelajari kosakata (vocabulary) dengan mudah.
  3. Siswa belajar memahami petunjuk yang disajikan dalam Bahasa Inggris.
  4. Siswa aktif bertanya pada saat mereka belum bisa memahami petunjuk yang ada.
  5. Siswa dengan senang mewarnai gambar meskipun petunjuk disajikan dalam Bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris sambil Mewarnai di SDI Yamassa Surabaya 2 Belajar Bahasa Inggris sambil Mewarnai di SDI Yamassa Surabaya 1 Belajar Bahasa Inggris sambil Mewarnai di SDI Yamassa Surabaya

 3. Kegiatan English Club
Ada juga kegiatan English club yang sebelumnya pernah dilakukan diluar jam sekolah. Kegiatan English club ini ditujukan untuk membantu siswa belajar bahasa Inggris dengan aktivitas-aktivitas yang mendukung pembelajaran. Aktivitasnya bisa dengan adanya drama, baca puisi, dan aktivitas lainnya yang bisa dterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dan di setiap akhir tahun pelajaran selalu diikutkan dalam pentas seni agar siswa bisa mengekspresikan  apa yang telah mereka pejari selama mengikuti English Club. Dengan adanya English Club ini bermanfaat agar menciptakan suasana akrab dan kekeluargaan sehingga siswa tidak malu bertanya dan guru bisa membantu siswa dalam mengembangkan kreativitas siswa.
Kegiatan English Club SDI Yamassa surabaya English Club SDI Yamassa saat pulang sekolah bersama Mr. Windy Citra Negara
Selain itu, dalam kegiatan English saya juga pernah mengajak orang yang berasal dari Vietnam untuk ikut di kelas saya agar siswa saya mau berusaha untuk berlatih berbicara bahasa Inggris, dan mereka senang sekali untuk bertanya-tanya sama Min Thi (dari Vietnam). Dan pada saat siswa saya ingin bertanya tapi mereka lupa bahasa inggrisnya, mereka punya keauan untuk langsung tanya kepada saya. Dan itulah yang membuat saya senang karena mereka mempunyai kebereanian untuk berani berbicara dan bertanya dalam bahasa Inggris.
English Club of SDI Yamassa with Minh Thi - 2
English club with Minh Thi from Vietnam
Dari semua hal yang telah saya ceritakan diatas, saya simpulkan bahwa pembelajaran yang dipadukan dengan sebuah aktivitas dan memberikan kebebasan pada siswanya untuk menyalurkan kreativitasnya merupakan pembelajaran yang bagus karena mereka tidak merasa terbebani dalam mempelajari pelajaran yang sedang mereka pelajari. Karena dengan pembelajaran seperti itu siswa mampu belajar dan  memahami materi lebih cepat dan efektif.
Baner-Guraru2

Comments (8)

  1. @Bu Erika Ambarita: iya terima kasih bu Erika, sama-sama semangat untukmemberikan yang terbaik untuk generasi penerus bangsa.

    @Pak Ocang Mulyadi: Iya pak terima kasih, mari kita siapkan anak didik kita untuk menjadi generasi yang cemerlang dan santun.

    Mengajar Unik dengan Sulap
    http://guraru.org/guru-berbagi/cara-mengajar-yang-unik-dengan-sulap-edukatif/

    Mengajar kreatif menggunakan boneka Puppet
    http://guraru.org/guru-berbagi/mengajar-menggunakan-puppet-edukasi/

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar