1

Kegiatan Belajar Menyenangkan Selama PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) (0)

Natalia, S.Pd October 16, 2020

Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ terkadang cukup melelahkan, dan hal ini tidak dipungkiri. Dari pihak guru yang mempersiapkan materi pembelajaran, bahkan para peserta didik yang belajar di rumah.

Jika selama ini anak-anak dapat dengan bebas mengajukan segala jenis pertanyaan, disaat mereka belum memahami keseluruhan materi pembelajaran. Namun kini, pertemuan tatap muka antara guru dan murid hanya dapat dilakukan melalui Daring.Perbedaan yang cukup jauh tentunya, dan juga tak jarang mengalami gangguan jaringan.

Di topik sebelumnya, saya telah memberitahukan beberpa sarana aplikasi yang dapat dipelajari oleh para reka guru. Maka kali ini, saya akan memberikan beberapa kegiatan belajar yang menyenangkan.

Mendokumentasikan Kegiatan

BelajarAnak-anak diminta untuk mendokumentasikan (dalam bentuk video atau foto) kegiatan selama belajar di rumah.

Dimulai dari membantu orang tua, belajar membersihkan rumah, menjaga adik di rumah. Kegiatan pembelajaran diselingi dengan kegiatan seperti ini cukup efektif untuk memberi inovasi bagi guru maupun peserta didik. Sehingga, kegiatan pembelajaran tidak hanya berfokus dengan buku paket.

Membuat kreativitas

sederhanaTerkhusus dalam pelajaran seni, tentu saja membuat kreativitas sudah hal biasa sejak dulu. Namun, apa yang dapat membedakannya.

Para rekan guru harus rela berjuang untuk mempraktekan/ memberikan contoh kreativitas ke dalam bentuk video.

Ijinkan peserta didik untuk membuat kreativitas yang sesuai keinginan mereka.Kegiatan sederhana yang guru lakukan tidaklah sesederhana yang dipikirkan.

Karena, sebagian besar peserta didik, justru memberikan kreativitas yang jauh lebih baikDua kegiatan ini cukup sederhana, namun sangat menarik minat peserta didik.

Guru tidak sekadar memberikan tugas. Namun melalui tugas tersebut, anak-anak belajar bertanggung jawab, belajar membantu orang tua, belajar berkreasi.

#WritingCompetition dan #NewNormalTeachingExperience

Comments (1)

  1. Selamat Sore 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar