2

Kebiasaan Baru (0)

Wulan Dara Auli January 17, 2021

Dimasa pandemi Covid 19 hidup mengalami banyak perubahan, salah satunya pola hidup atau kebiasaan

Pandemi covid 19 juga mengajarkan untuk hidup sehat dan bersih. Pola hidup sehat dan bersih adalah bentuk usaha menjaga imun tubuh agar tetap sehat dan kuat terhadap virus-virus

Beberapa pola hidup sehat dan bersih yang rutin dilakukan saat ini dan menjadi kebiasaan baik dan akan dilaksanakan terus menerus di masa depan.

  1. Mencuci Tangan dan Membawa Handsanitizer

Kebiasaan bersih yang sering dilakukan adalah mencuci tangan. Saya menjadi manusia “OCD” yang tidak bisa tenang atau resah tidak karuan bila belum cuci tangan. Contohnya saja bila habis megang duit. Zaman dulu tidak kepikiran untuk mencuci tangan habis megang duit. Saat ini, habis memegang apapun termasuk duit harus cuci tangan. Cuci tangan dengan sabun diair mengalir. Bila kepepet pun handsanitaizer menjadi cara lain buat tangan menjadi bersih.

2. Di tas selalu membawa desifektan.

Sekarang selain buku. Tas pun dipenuhi dengan desifektan botol kecil. Zaman dulu kalau sampai kantor atau lagi nunggu di mana pun. Duduk ya duduk saja. Tanpa bersih-bersih atau lap-lap. Tapi di masa pandemi, saya tahan berdiri bila meja dan kursi belum tejamin kebersihannya. Semprot dulu di lap baru deh duduk. Ya kadang orang-orang berpikir berlebihan. Tapi yakiblah teman-teman ini lah era new normal agar kita bisa hidup barengan sama si corona. Selain desifektan di tas juga ada tisu.

3. Berjemur dan Berolahraga

Berjemur adalah agenda rutin selama masa pandrmi covid 19. Untuk apa berjemur? Apa hubungannya dengan covid 19. Menurut sumber yang saya baca berjemur itu gunanya untuk mendapatkan vitamin D secara alami yaitu dengan menggunakan sinar matahari pagi. Vitamin D juga memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan menggunakan vitamin D untuk mendukung kinerja sel T yang berfungsi sebagai garis depan pertahanan melawan penyakit yang disebabkan oleh virus. Biasanya saya berjemur antara jam 9-10 pagi hanya 15 menit saja.

Olahraga pun menjadi kegiatan rutin. Salah satu nya bersepeda. Selain menyehatkan dengan bersepeda busa membuat tubuh rileks karena bisa jalan-jalan.

4. Masker

Zaman dulu pakai masker cuma saat naik motor atau saat di kotaku terjadi kabut asap. Kotaku langganan terjadi pembakaran hutan. Dan kabut asap sering terjadi saat musim panas. Masker menjadi andalan. Tapi saat ini, masker seperti kebutuhan utama. Kemanapun pakai masker. Di tas pun selalu membawa masker pengganti. Karena makser kain hanya bertahan 3-4 jam. Kalau sudah basah atau kotor ganti. Awal-awal pakai masker seharian itu tidak nyaman. Tapi sekarang tidak pakai masker rasa tidak tenang. Masker sudah jadi kebiasaan.

5. Dirumah saja

Kebiasaan hidup di masa pandemi adalah dirumah saja. Hampir setahun ini banyak menghabiskan waktu dirumah. Zaman dulu sibuk dengan aktifitas dn jalan-jalan ke mall. Saat ini, lebih nyaman dan aman dirumah. Kegiatan dirumah seperti berkebun tanaman, mencoba eksperimen memasak dan membuat kue, menulis seperti saat ini, serta yang sekarang saya lakukan menjadi pejuang giveaway di instagram. Alhamdullilah ikutan giveaway sudah dapat dua sepeda lipat. Rezeki di masa pandemi covid19. Kebiasaan ini menjadi sebuah kenikmatan.

6. Mandi Selepas Berpergian

Ini adalah kebiasaan yang baru dilakukan. Dulu habis ngajar ganti baju. Untuk di masa pandemu. Dari mana pun habis keluar rumah. Mandi bersih, berkumur-kumur dengan obat kumur dan merendam baju. Awal-awal ribet ya, tapi sekarang sudah jadi kebiasaan.

Kadang kala, orang menganggap kebiasaan baru ini terlalu berlebihan. Di era new normal, untuk bisa hidup berdampingan dengan virus korona. Kita harus bisa beradaptasi dengan gaya hidup sehat dan bersih agar terhidar dari berbagai virus termasuk korona. Biasanya selama setahun zaman dulu sebelum adanya korona pasti selalu ada masa terkena batuk pilek. Tapi, sejak pakai masker, cuci tangan dan menjaga kesehatan, bebas dari batuk pilek biasa

7. Membawa Barang Pribadi.

Di masa pandemi, isi tas menjadi lebih banyak dan ribet. Biasanya cuma isi dompet atau buku alat tulis. Sekarang, sendok, botol minum. Mukena. Zaman dulu santai mukena bisa pinjrm dimusolah. Sekarang, semua harus bawa sendiri. Memang ribet ya. Cuma sekarang sudah biasa.

Kebiasaan baru di era new normal. Hidup berdampingan dengan virus kita harus tetap sehat dan kuat. Semoga dengan adanya vaksin virus korona semakin terkendali. Semoga kita selalu dilimpahkan perlundungan dan kesehatan, agar bisa terus mengajar dengan semangat.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar