2

Kebahagian Seorang Guru (0)

Thurneysen Simanjuntak March 24, 2021

Kebahagian seorang guru, tentu ketika anak didiknya merasakan manfaat atas kehadirannya. Penulis memiliki catatan dari beberapa siswa tentang manfaat pembelajaran di kelas. Catatan refleksi siswa ini ternyata menjadi semangat baru bagi saya. “Amunisi” untuk terus berjuang di dunia pendidikan.

Berikut adalah catatan refleksi dari siswa yang saya maksudkan, yang membuat hati sejuk dan bersemangat untuk mengajar.

*

Selama mengerjakan penugasan, saya merasa begitu nyaman dan senang. Sebagai seorang siswa yang cukup tertarik dalam seni tulis, tugas kali ini sangat dekat kepada diri saya. Penugasan menulis artikel selalu menjadi salah satu penugasan favorit saya. Penugasan ini telah membantu saya mengeksplor minat tulis saya. Tak hanya itu, Mr. Thur juga memberikan kesempatan kepada kami untuk membuat ilustrasi pribadi tentang peristiwa Perang Dingin. Intinya, saya senang karena penugasan ini telah memperbolehkan saya untuk mengembangkan minat seni saya. 

*       

Bagi saya, penugasan kali ini sangat berdampak bagi proses pembelajaran saya. Sebelumnya, saya tidak pernah dihadapkan dengan tugas berbentuk podcast. Tugas ini begitu menarik karena saya dapat berkelana keluar dari zona saya dan menemukan hal-hal baru dan menarik dalam diri saya. Mr. Thur memberikan kesempatan bagi murid-muridnya untuk mengeksplor berbagai bentuk penugasan dan kenyamanan masing-masing murid. Kini, saya tidak pernah takut untuk mempelajari suatu hal yang belum pernah saya coba sebelumnya. Dalam proses pembelajaran saya, saya menjadi seorang pembelajar yang jauh lebih berani.

**

Bagi saya, penugasan berbentuk artikel sangat memancarkan pengetahuan dan pemahaman kita selama proses pembelajaran. Ketika menulis artikel, kita harus mencurahkan pengetahuan menggunakan kata-kata kita sendiri. Menurut saya, ini adalah hal yang sulit apabila kita tidak memahami materi yang dipelajari. Dalam proses penulisan artikel ini, saya mencoba untuk mengingat segala materi yang telah dituangkan Mr. Thur kepada saya. Guna menghasilkan pemahaman yang lebih baik, saya mencoba untuk menulis pemahaman saya menggunakan kata-kata orisinil. Proses pembelajaran yang mengajarkan saya mengenai keseriusan dan ketekunan ini tentunya akan berguna bagi masa depan saya. Di dunia perkuliahan nanti, tidak akan ada guru yang menasehati dan mengingatkan saya mengenai penugasan yang diberikan. Maka dari itu, ketekunan dan keseriusan dalam setiap proses belajar perlu saya tanamkan.

***

Setelah melewati penugasan ini, saya merasakan berbagai bentuk peningkatan dalam segi sikap. Apabila saya melihat ke belakang, saya dapat melihat bagimana sikap tekun saya sangatlah berkembang. Saya selalu mencoba untuk menyelesaikan tugas dengan serius dan tidak menundah-nunda. Dalam meraih setiap tujuan pun saya berusaha untuk sabar dengan apa yang saya lakukan tanpa rasa pamrih. Tak hanya itu, saya pun seringkali mendapati diri saya berdoa kepada Tuhan dan meminta penguatan mental dan raga. Sebagai seseorang yang selalu berjuang menjadi tekun, saya pun tak mau mengenal kata menyerah. Saya akan terus mencoba apabila saya masih melihat kata bisa.

****

Akhir kata, terima kasih siswaku yang telah menemukan berbagai pembelajaran melalui penugasan yang dilakukan di dalam kelas. Semoga Tuhan selalu menyertai usaha dan cita-cita kalian. Salam pendidikan

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar