6

Karakteristik ‘Kids Zaman Now’ (0)

Supadilah S.Si December 10, 2020

Bukan hanya posturnya yang lebih tinggi dan lebih besar dari kita sehingga jika sedang berkumpul sukar dibedakan mana guru mana siswa, namun karakter ‘Kids Zaman Now’ juga banyak berbeda dengan kita.. Perubahan adalah sunnatullah (ketetapan) yang pasti terjadi. Kehidupan yang dinamis harus disikapi dengan adaptif oleh guru.  

Rasulullah SAW bersabda, “Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zananmu. Sesungguhnya mereka diciptakan ubtuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”.

Tugas kita adalah menyiapkan generasi tangguh yang siap beradaptasi dan menghadapi zamannya, bahkan zaman sesudahnya. Secara umum, karakter khas mereka adalah pertama, menguasai teknologi dengan begitu cepat. Hari ini kita dapati mereka hafal segala macam merk smartphone berikut fitur unggulannya. Mereka memiliki jauh lebih canggih dari kepunyaan kita.

Dengan peralatan elektronik itu pula meningkatkan kegandrungan dan kecanduan pada game seperti  PB (Point Blank),  LGR (Lets Get Rich), EW 2 (Evil Within 2), ML (Mobile Legend) dan lainnya. Mereka sangat aktif di sosial media.

Tidak cukup satu akun. Identitas merekabanyak tersebar di Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lainnya. Kedua, menyukai film horor yang mengerikan seperti Happy Death Day, ITAnabel, Final Destination dan lainnya. Jika kita anggap itu adalah film yang bisa bikin kita tidak enak makan dan minimbulkan ketakutan yang akut, mereka malah bilang seru dan menantang.

Ketiga, kebebasan berekspresi. Hal ini terlihat dari penampilan Kids Zaman Now yang tampil beda, kekinian, dan anti kekolotan. Mencontoh style terbarukan tanpa selektif kecocokan.

Meniru penampilan artis kenamaan. Kalau kita dulu malu-malu untuk mengikuti pengaruh  kebaratan, hari ini mereka lebih vulgar dalam meniru dan menganut style kebaratan.

Keempat, keunikan komunikasi verbal menabrak kebakuan. Perkembangan komunikasi semakin hari semakin terbarukan. Munculnya istilah-istilah baru yang bahkan melabrak kaidah tata bahasa. Kadang bahasa itu hanya dimengerti oleh komunitas mereka saja. Harus kita sadari bahwa perkembangan dan perubahan akan membawa kenyamanan dan ketidaknyamanan.

Kita memetik manfaat dari perkembangan teknologi diantaranya informasi yang semakin cepat dan mudah didapat, sumber kreativitas, dan sarana silaturahim yang semakin meluas.

Namun demikian ada bahaya yang mengancam berupa individualistis, materialistis dan degradasi moral. Namun tidak semuanya tentang Kids Zaman Now identik dengan image negatif. Ada banyak potensi dan kemampuan dalam diri mereka. Kids Zaman Now sangat mumpuni dalam jaringan, menguasai perkembangan teknologi dan daya kritis yang baik.

Bagaimana kondisi Kids Zaman Now sangat bergantung pada bagaimana kita membersamai mereka. Generasi muda adalah amanah yang dititipkan Allah kepada kita. Kelak, kita akan mempertanggungjawabkannya. Garansi surga jika kita bisa menunaikan amanah itu. Semoga kelak bisa reuni kembali di surga-Nya. Aamiin.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar