0

Hikmah Nongkrong di Kantin Sekolah (0)

AfanZulkarnain February 25, 2021

Aku bukan petugas kantin. Tapi aku selalu senang menghabiskan waktu istirahat di sana. Alasannya sederhana, aku ingin lebih dekat dengan siswa. Berada di kantin saat istirahat membuat aku lebih banyak berkomunikasi dengan anak-anak. Aku juga tahu topik apa yang tengah hangat diperbincangkan siswa. Aku juga lebih mengerti sifat mereka lebih dalam. Hal itu sangat berguna bagiku saat mengajar di dalam kelas.

Cece-cece hits. Itu adalah sebutan untuk satu kelompok yang kerap menghabiskan waktu istirahat di kantin. Mereka terdiri atas siswi-siswi populer di sekolah. Dari segi fisik, mereka sangat cantik. Mereka juga amat menonjol di pelajaran. Bukan hanya akademis, non akademis pun juga. Mayoritas mereka adalah anggota tim basket yang kerap menyumbangkan piala kemenangan untuk sekolah.

Ada juga kelompok anak laki-laki yang selalu berkumpul di salah satu area kantin. Yang mereka lakukan adalah mengobrol tentang hal yang menarik bagi mereka. Bola , anime dan games selalu menjadi topik terhangat. Aku selalu ikut nimbrung. Kami membahas hal-hal menarik dari pertandingan bole yang berlangsung semalam, kami juga membahas hal-hal lucu dari anime yang saat itu populer. Senang sekali ikut bercanda dengan mereka. Namun tetap ada batas yang kami jaga. Batas antara guru dan siswa. Meski kami sangat dekat, mereka sangat menghormatiku sebagai guru.

Ada anak yang mendatangi kantin hanya untuk belanja. Selepas itu, ia kembali ke kelas. Menikmati makanan seorang diri. Ada juga anak yang ke kantin hanya untuk menemani temannya saja. Aku sangat memperhatikan itu.

Aku juga paham, apa jajanan yang diminati anak-anak. Nasi goreng mbah salah satunya. Nasi goreng ini dibungkus diplastik mika. Lengkap dengan berbagai lauk. Dari telur hingga daging. Harganya murah meriah. Lima ribu rupiah. Ada juga berbagai jajanan pasar. Ternyata kue-kue itu sangat diminati anak-anak. Sebut saja pastel, lemper, sampai bolu.

Kantin juga penuh problema siswa. Ada kalanya beberapa siswa bertengkar karena bersenggolan saat antri untuk dilayani petugas. Ada juga pertengkaran yang disebabkan becandaan.

Kantin telah memiliki peran penting bagi siswa. Sebagai sarana bersosialisasi satu sama lainnya. Sarana juga bagiku untuk lebih mendekatkan diri kepada mereka. Saya berpendirian, bagaiaman saya bisa menyampaikan materi pelajaran, kalau saya tidak dekat dengan mereka? Saya bisa membumbui pelajaran dengan topik-topik yang sedang dibicarakan mereka. Tentu , hal itu akan membuat mereka tertarik mengikuti pelajaran.

Dari obrolan di kantin , saya mengerti lagu-lagu apa yang populer di kalangan anak-anak. Tak jauh-jauh dari K-Pop. Saya pun telah membuat list judul lagu-lagu K-Pop favorit mereka. Pernah , saat jam pelajaran terakhir, wajah mereka sangat kusut. Mengajarkan matematika di jam terakhir sangat menantang. Bagaimana cara membuat mereka tidak mengantuk? Walhasil, yang saya lakukan adalah memperdengarkan lagu-lagu K-Pop. Seketika semangat belajar mereka kembali bangkit.

Ah…saya menulis artikel ini sambil mengenang berbagai hal yang menyenangkan di kantins ekolah tempat saya mengajar dulu.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar