2

Kala Tak Ada Ide Menulis (+4)

Daryo Susmanto January 26, 2015
Ide Menulis

Sumber: Dokumentasi Penulis

Saat tak ada ide menulis, kerap kita hanya berhenti dari menulis. Sebenarnya banyak hal positif yang bisa kita lakukan saat kita kehilangan ide menulis. Bisa saja kita tulis bahwa saat ini kita sedang tidak ada ide menulis, siapa tahu saat kita menulis bahwa kita sedang tidak ada ide menulis justru saat itu pula muncul ide untuk menulis apapun… mengalirlah.

Beberapa orang mungkin saat kehilangan ide menulis dia hanya akan diam. Beberapa orang lagi mungkin menyibukkan diri dengan hal lainnya. Namun, bagi saya yang sedang ingin bisa menulis, saat kehilangan ide menulis kenapa tidak ditulis saja bahwa saya tengah kehilangan ide menulis. Maka, mulailah saya menulis. Saat kita mulai menulis itulah mungkin akan muncul ide. Nah, kemudian muncullah ide apa saja yang perlu kita lakukan saat kita sedang kehilangan ide menulis.

Dan inilah salah satu hasilnya kala tak ada ide menulis. Setelah melalui membaca beberapa bacaan dan berdiskusi dengan teman, muncullah ide-ida apa saja yang perlu kita lakukan kala tak ada ide menulis. Berikut beberapa hal yang perlu kita lakukan saat kita kehilangan ide menulis.

Hal pertama yang perlu kita lakukan saat kehilangan ide menulis adalah dengan memperbanyak membaca buku. Membaca buku atau referensi adalah salah satu aktivitas yang perlu bahkan wajib untuk dilakukan di saat kita kehabisan ide menulis. Dengan membaca kita dapat mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Membaca buku berarti kita memasukan berbagai ide atau pengetahuan dari buku yang kita baca. Setelah membaca kita keluarkan dalam bentuk tulisan-tulisan hasil serapan kita. Jadikan membaca dan menulis satu rangkaian kegiatan memasukkan dan mengeluarkan, yakni memasukan ide dalam otak kita dan mengeluarkannya dalam tulisan. Bagaimana kita dapat mengeluarkan (menulis) tanpa kita pernah memasukkan (membaca).

Kedua, yang perlu kita lakukan saat kehilangan ide menulis adalah berdiskusi dengan orang-orang di sekitar kita atau dengan teman yang mungkin punya gagasan cemerlang. Diskusi ini juga bisa dilakukan saat kita kehilangan ide menulis, dengan harapan akan muncul ide-ide baru. Dengan berdiskusi kita bisa menemukan ide-ide yang bersumber dari teman diskusi kita. Kita bisa saja menemukan ide-ide tulisan yang bisa kita jadikan bahan untuk menulis. Seperti tulisan saya ini juga termasuk hasil dari diskusi.

Ketiga. Saat kita kehilangan ide, kita bisa mencari fenomena-fenomena yang ada di sekitar kita. Kita bisa melihat beberapa fenomena yang paling dekat dengan profesi kita. Dari situ kita akan mampu menangkap gagasan-gagasan atau ide tulisan yang mungkin sepele kalau hanya diperhatikan, tetapi akan sangat bermanfaat saat menjadi tulisan. Fenomena itu bisa berupa hal yang rumit atau hal yang sederhana. Fenomena itu bisa saja berasal dari apa yang jelas terlihat oleh kita atau dari berbagai berita di media massa.

Hal keempat yang perlu kita lakukan saat kehilangan ide adalah sedikit mengubah kebiasaan. Ubahlah kebiasaan kita meski sedikit, misalnya kita biasa bepergian naik mobil pribadi sesekali diganti dengan kendaraan umum. Kita terbiasa naik kereta diubah menjadi naik bis atau sebaliknya. Mengubah sedikit kebiasaan kemungkinan besar akan mampu menemukan ide-ide untuk membuat tulisan. Dari cara ini pun kita dapat menemukan berbagai fenomena baru yang bisa dijadikan sebagai bahan tulisan.

Hal kelima mungkin sangat jarang kita pikirkan, yakni berdoa. Berdoa kepada Sang Pencipta agar kita diberi kekuatan untuk mampu menelurkan ide-ide menarik menemukan gagasan menarik dan bermanfaat. Hal ini harus kita yakini karena ide-ide itu bisa datang dari Tuhan.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan kala kita kehilangan ide menulis. Bagaimana menurut pendapat Anda? (DS-PP).

Tagged with: , ,

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar