0

Kado Istimewa di Hari Guru (0)

rusdi mustapa, s.pd November 26, 2021
Tangkapan Layar Berita Republika online

Momen Hari Guru Nasional tahun ini terasa istimewa. Kenapa ? Praktik pembelajaran baik sejarah masa pandemi yang saya lakukan mendapat apresiasi dari Republika. Berawal saat dihubungi mbak Binti dari Republika yang ingin wawancara terkait pembelajaran daring dimasa pandemi. Saya sampaikan pengalaman belajar bersama siswa dengan berbagai pendekatan. Situasi pandemi tidak bisa kita selaku guru menyajikan pembelajaran yang normal. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri buat guru, termasuk saya, menyajikan pembelajaran yang tetap menarik untuk siswa. Berbagai upaya dilakukan agar materi bisa tersampaikan dengan baik. Ada yang lewat zoom meeting, kelas google, WA grup dan lainnya. Tentu saja sarana yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik mapel masing-masing.

Sebagai guru sejarah saya juga ingin pembelajaran yang dilakukan bisa berjalan dengan baik. Apalagi sejarah adalah mapel yang mengedepankan aspek kognitif (pengetahuan) disamping juga afektif dan psikomotor. Salah satu kunci sukses belajar sejarah adalah rajin membaca. Namun di masa pandemi hal ini kurang bisa berjalan. Karena di luar pandemi saja, siswa saya agak kurang rajin membaca buku. Inilah tantangan yang harus dipecahkan.

Dari sinilah saya berusaha mencari cara bagaimana siswa mau membaca buku materi. Karena kalau guru hanya sekedar membagikan materi berupa file powerpoint atau video tanpa dikawal agar siswa mau membaca, tentu kurang efektif. Karenanya saya menggunakan strategi mengadakan projek membuat Infografis.

Kenapa Infografis ?

Selama ini siswa kurang antusias membaca buku materi karena banyak faktor. Diantaranya banyak materi yang harus dipelajari, buku materi kurang menarik, tidak ada visualisasi dan lainnya. Saya mendapat ide mengajak siswa untuk memvisualisasikan materi dalam bentuk ringkasan dalam format infografis. Karena ada undur gambar, warna, tulisan di dalamnya. Yang pentig lagi, siswa membuat Infografis berdasarkan hasil pemahaman membaca buku materi. Pembuatan Infografis menggunakan aplikasi Canva for Education yang banyak menyediakan fitur atau template untuk berbagai keperluan, salah satunya infografis. Tentu saya juga memberikan ruang seluas-luasnya buat siswa mengembangkan kreativitasnya dengan membuat desain infografisnya sendiri. Kegiatan dilakukan di kelas Canva yang saya siapkan.

Bagaimana hasilnya ?

Yang jelas siswa saya mau membaca buku materi yang menjadi tujuan utama tugas ini. Mereka secara tidak langsung akan mau membaca buku karena itu syarat utama sebelum membuat Infografis. Sebaik apapun infografis yang dibuat tapi tidak sesuai dengan buku materi maka hasilnya kurang maksimal. Infografis yang berisi konten sejarah tidak bisa dikarang.

Yang kedua tentu saja pemahaman siswa bertambah baik. Karena mereka mengawali dari membaca buku, menterjemahkan dalam bentuk infografis dengan kreativitas masing-masing. Dalam proses tersebut siswa pasti belajar secara mandiri dan intensif. Tentu saja hal ini akan berdampak pada pemahaman materi yang lebih baik sehingga bisa mencapai hasil belajar yang diharapkan.

Isi berita bisa dilihat di SINI

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar