4

Jangan Pernah Berhenti Belajar! (0)

Thurneysen Simanjuntak March 20, 2021

Sesungguhnya, kehidupan ini adalah pelajaran. Untuk itu, sejatinya tidak ada kata untuk berhenti belajar bagi seseorang yang ingin berkembang. Guru sekalipun harus terus belajar. Tidak ada guru yang sudah selesai belajar. Alasannya jelas, pengatahuan di muka bumi ini terus berdinamika. Teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu.

Bahkan ketika seorang guru sudah berhenti belajar, maka dia sedang mencoba dirinya untuk berhenti mengajar.

Masa pandemi Covid – 19 ini, sesungguhnya adalah momen yang sangat tepat untuk meningkatkan komitmen untuk belajar bagi seorang guru.

Fakta berbicara, bahwa guru di era pandemi Covid – 19 misalnya, tidak ada seorang pun yang dapat berhenti belajar. Semua berupaya untuk beradaptasi dengan situasi yang baru. Kalau tidak, tentu tidak akan mampu menyelaraskan diri dengan perubahan yang sedang terjadi.

Permasalahannya, apakah kita sudah belajar secara efektif? Saya pikir dalam hal ini perlu bijaksana.

Harus diakui bahwa dalam belajar pun harus ada ilmunya, sebab tidak semua hal-hal yang perlu dipelajari tersebut berguna untuk diri kita, termasuk dalam mendukung profesi kita sebagai guru.

Apalagi kalau kita lihat saat ini begitu banyak platform pembelajaran untuk guru dan termasuk tawaran-tawaran pembelajaran melalui webinar. Hampir tiap hari dengan mudahnya kita temukan pembelajaran melalui webinar di internet atau melalui media sosial kita.

Dalam hal ini perlu beberapa yang menjadi pertimbangan. Apakah platform yang kita manfaatkan atau webinar itu misalnya sesuai dengan kebutuhan saya? Apakah tulisan dalam platform atau pembicara tersebut memiliki kompetensi dalam bidangnya? Sejauh mana urgensi platform dan webinar tersebut untuk diikuti?

Atau barang kali sahabat pembaca memiliki saringan-saringan lain untuk melakukan seleksi untuk webinar atau pembelajaran jenis lain. Tentu hal itu juga dapat dimanfaatkan.

Menurut hemat saya, ketika kita menemukan platform yang benar-benar sesuai kebutuhan, tentu akan sangat berdampak pada pengembangan diri. Belum lagi kalau mengikuti webinar dengan tema yang tepat dan pembicara yang mumpuni, tentu akan mampu membuat kita berkembang secara informasi, wawasan dan pengetahuan.

Misalnya, saya pribadi senang mengikuti webinar (seminar) atau yang sejenis. Alasan utamanya, bahwa pembicara tersebut tentu telah memiliki pengalaman yang unik dan sudah barang tentu sebelum menyampaikan bahan seminarnya, orang tersebut telah membaca puluhan bahkan mungkin ratusan buku.

Artinya untuk mengetahui suatu hal, kita sangat terbantu dengan pemaparan pembicara berdasarkan pengalaman dan tentu dengan buku – buku yang sudah dibacanya. Barangkalau kalau kita disuruh membaca referensi dari pembicara tersebut, kita belum tentu memiliki waktu khusus. Sekali lagi intinya, bahwa webinar tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan pembicaranya memang ahli dalam bidangnya.

Dengan demikian, hal-hal yang kita pelajari akan berdampak besar untuk kemajuan dan pengembangan diri dan profesi kita. Salam

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar