4

“Jangan Pernah Berhenti Belajar dan Berkarya” (0)

Muhammad Rifai March 25, 2021

Wejangan dari dalam hati saya untuk saya sendiri” Jangan pernah berhenti belajar dan berkarya” semoga bisa juga menginspirasi teman-teman pembaca yang budiman hehehehe. Puji syukur tanggal 21 Maret kemarin berhasil mengirimkan video simulasi pembelajaran secara daring sinkron (virtual) yang di selenggarakan oleh JSIT Boyolali dalam rangka menyemarakan Munas 5 JSIT.

Banyak hal yang saya dapatkan dalam melewati proses dari ide hingga tercipta karya. Hal terpenting dari setiap karya saya adalah semoga bermanfaat untuk banyak orang. Namun Alhamdulillah dapat bonus tgl 22 diumumkan menjadi Juara II Lomba Video Simulasi Pembelajaran Daring (Sinkron) Virtual Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh JSIT Boyolali dan diikuti seluruh sekolah yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu Boyolali. Meskipun begitu saya harus tetap merasa tidak puas dengan hal itu sebagai motivasi untuk terus mengembangkan karya yang lebih baik lagi.

Saya harus tetap semangat dalam belajar dan berkarya. Salah satunya mengikuti kelas di guraru.org ini. Semoga dengan ini saya mampu menambah semangat dan kemampuanku berkarya tanpa batas untuk pendidikan yang bermakna dalam jangkauan yang lebih luas.

Mengenai perjalananku mengikuti Lomba Pembuatan Video Simulasi Pembelajaran Daring (Sinkron) Virtual bermula dari penugasan kepala sekolah kepadaku beberapa hari yang lalu.

Pengalamanku yang pernah mengikuti sayembara video menjadi alasan beliu menujuk saya. Padahal video yang dibuat ketika sayembara dan kali ini jauh berbeda. Saya menyampaikan usul untuk mengadakan seleksi terlebih dahulu di tingkat sekolah namun beliau kekeh langsung menujuk saya, karena memang di sekolah sedang banyak agenda sehingga tidak banyak guru bahkan hampir semua tidak bersedia. Begitulah akhirnya beliau tetap memutuskan memberikan tugas ini kepada saya.

Sebagai seorang guru yang bekerja bertanggung jawab kepada pemimpin saya berusaha menerima tugas ini. Saya memulai menyusun langkah-langkah dalam pembuatan karya ini. mulai menyiapkan siswa-siswa untuk membantu proses pembuatan video sebagai sasaran pembelajaran. serta seluruh bahan mengajar yang saya perlukan.

Saya menggunakan aplikasi zoom untuk pembelajaran daring. Merekam menggunakan camtasia recorder dan rekaman dari bawaan zoom agar lebih banyak bahan video yang dapat saya gunakan. Menampilkan slide power point untuk memandu tahapan-tahapan belajar serta menggunakan camtasia untuk proses editing seluruh bahan menjadi video jadi.

Dalam proses pembuatan bagi pemula seperti saya memang tidak semulus yang dibayangkan. Bagaimana saya harus menjadi penulis naskah, sutradara, kameramen, aktor dan tim media sekaligus butuh banyak waktu yang saya perlukan namun dateline pengumpulan sudah dekat, apalah daya saya harus berusaha lebih kuat lagi untuk menjalani semua peran tersebut dalam menghasilkan 1 video saja hehehe.

Hari Kamis tanggal 18 Maret 2021 aku menyusun konsep, coret-coretan sebagai gambaran langkah-langkah proses rekaman serta bahan presentasi yang akan saya gunakan untuk mengajar. Kemudian Hari Jumat saya memulai merekam adegan zoom meeting bersama anak-anak hingga beberapa bahan video terkumpulkan.

Setelah mendapatkan hasil rekaman pembelajaran daring virtual selanjutnya proses editing yang ternyata sangat membuatku lelah, karena hasil rekaman virtual saya banyak kekurangan mulai dari video yang terputus-putus, suara yang berisik dan lain sebagainya. Hal itu membuat proses editing jauh lebih sulit menurut saya. Namun karena batas pengiriman Hari Minggu sore akhirnya aku manfaatkan seadanya yang sudah ada untuk proses editing. Hari Sabtu saya merekam kembali adegan-adegan yang kurang lebih mampu mengatasi kegagalan rekaman sebelumnya.

Video yang saya buat dapat dilihat di link berikut: https://youtu.be/XDTBrwwCtmc

Demikian kisah singkat saya semoga bermanfaat. Ditunggu tanggapan teman-teman di kolom komentar ya?

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar