9

Jangan Buang Air Minum di Tempat Sampah! (+2)

Muhammad Nur'alim November 19, 2013

Saya sering melihat siswa-siswi saya yang tidak menghabiskan minumannya. Setelah mereka membeli minuman di kantin, lalu diminum. Ada yang dihabiskan ada pula yang tidak dihabiskan. Entah karena alasan apa mereka tidak menghabiskan minumannya. Ada yang mengaku sudah kenyang, ada pula yang mengaku tidak enak. Padahal, menghabiskan air minum itu sangat baik untuk kesehatan, karena dokter sering menganjurkan agar kita mengonsumsi minuman yang banyak, terutama air putih.

Siswa yang tidak menghabiskan minumannya, kemudian membuang ke tempat sampah. Saya jadi berpikir, bisa-bisa tempat sampah menjadi basah dan menimbulkan potensi bau tak sedap. Apalagi tempat sampahnya tertutup di sisi bawah dan samping. Hanya di bagian atasnya saja yang dapat dibuka. Dapat dipastikan air minum yang tadi dibuang tidak akan bisa pergi ke mana-mana.

Melihat hal itu, saya teringat salah satu sifat air dalam pelajaran IPA saat masih SD. Bukankah air itu meresap ke dalam tanah. Air juga meresap melalui celah-celah kecil.

Saya pun mulai mengajarkan sesuatu yang berbeda kepada mereka. Sebelum dibuang ke tempat samah, agar air minum (yang tidak habis) disiramkan terlebih dahulu di tanah. Setelah seluruh air minum tersiram ke atas tanah, barulah plastik bungkus minumannya dapat dibuang di tempat sampah.

Bisa juga air minum (yang tidak habis) disiramkan ke pohon yang ada di sekitar sekolah. Agar lebih bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya. Mungkin kita tidak membutuhkan lagi minuman itu, namun, akan lebih bermanfaat bagi pohon.

Beberapa siswa pun tampak ada yang mulai melakukan kebiasaan ini. Meski kebanyakan dari mereka masih terbiasa dengan kebiasaan lama.

Semoga bermanfaat.

Salam berbagi.

 

Comments (9)

  1. Terima kasih Vote nya pak Subakri..
    Memang benar, kita harus sering-sering mengingatkan siswa. salah satunya saat banyak siswa yang tidak merapikan pakaiannya. Baju yang mestinya dimasukkan ke dalam celana, masih banyak yang tidak dimasukkan. Perlu sering mengingatkan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar