0

Jangan Biarkan Diri Haus Bacaan (0)

Thurneysen Simanjuntak October 21, 2020

Setiap orang pasti pernah merasa kerongkongannya terasa kering. Ingin segera minum segelas air. Itu artinya orang tersebut benar-banar haus. Haus merupakan cara tubuh memberi sinyal bahwa tubuh kita sedang kekurangan air. Bisa jadi karena kita banyak berkeringat atau terlalu banyak mengeluarkan cairan dari tubuh.

Bisakah Anda ingat dan bayangkan, kapan Anda terakhir kali merasakannya? Selanjutnya, apa yang Anda lakukan ketika merasakan haus? Pasti Anda berupaya keras mencari air minum untuk segera melepas dahaga tersebut.

Bagaimana kalau haus itu dalam bentuk yang lain?

Misalnya “haus dengan buku bacaan”. Itu tandanya Anda sedang butuh informasi dan pengetahuan. Dalam situasi demikian, Anda tidak boleh abai dan menunda membaca, harus sesegera mungkin memenuhinya. Kalau tidak, bisa terjadi “dehidrasi informasi dan pengetahuan”. Alhasil, akan minim informasi dan pengetahuan yang akan dibutuhkan dalam proses pembelajaran serta barangkali akan merasa kesulitan untuk berbagi informasi dan pengetahuan dengan sesama.

Untuk itu, langkah yang harus dilakukan, Anda harus segera mengambil buku, lalu membacanya. Kemudian, Anda nikmati sedikit demi sedikit buku bacaan tersebut, hingga merasakan dahaga mereda dan terpuaskan secara perlahan. Anda pun akan terhindar dari “dehidrasi informasi dan pengetahuan tersebut”.

Layaknya tubuh, ketika sudah merasakan haus, maka harus segera menyempatkan diri untuk minum. Demikian pula dalam hal membaca, sesibuk apapun Anda, harusnya Anda menyempatkan diri untuk membaca. Kalau tidak, maka jiwa akan kering. Keingintahuan pun lambat laun akan layu.

Tagged with: ,

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar