2

Instrumen EDM (0)

FitriyaniElHasan January 13, 2021

Rabu, 13 Januari 2021

Pagi tadi saya mendapat pesan singkat melalui grup whatsapp grup bimtek EDM dan e-RKAM yang saya ikuti pada minggu lalu. Sepertinya akan ada RTL (Rencana Tindak Lanjut) dari bimtek ini.

Mengingat pentingnya hal ini untuk dilakukan, maka sayapun segera menginformasikan kepada kepala madrasah untuk melakukan rapat internal pembentukan TIM TPM ini.

EDM sendiri nantinya akan ada beberapa poin yang harus diselesaikan serta dilengkapi dengan bukti fisik yang ada. Target kita adalah tingkat 4 (jika memungkinkan bukti) disetiap poin EDM nantinya.

Apa saja poin-poin yang harus dilengkapi nantinya?? Seperti yang sudah saya jelaskan dalam pengupload-an bukti, kita disarankan memakai dokumen berupa foto saja agar lebih cepat.

Ada 5 poin utama yang dilengkapi poin pendukung tambahan lainnya. Berikut penjelasan instrumen EDMnya:

A. Aspek Kedisiplinan Warga Madrasah

Dalam poin ini, bukti fisik yang perlu dilampirkan adalah tentang keaktifan guru mengajar dikelas, bisa berupa absensi kelas. Lalu ada juga bukti berupa foto dari supervisi kepala madrasah terhadap guru-guru yang mengajar di kelas. Dan juga keaktifan para peserta didik di kelas, bukti fisiknya berupa absensi siswa.

B. Aspek Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan.

Dalam aspek ini sangat luas sekali hal yang bisa dilakukan oleh guru dan tenaga pendidikan dalam suatu madrasah. Bukti fisik bisa dilampirkan berupa bentuk sertifikat guru ataupun surat tugas ketika guru atau tendik madrasah melakukan kegiatan workshop atau pelatihan lainnya. Atau bisa juga dengan kegiatan MGMP tiap mata pelajaran yang diampu.

C. Aspek Persiapan, Pelaksanaan, dan Penilaian Proses Pembelajaran.

Poin ini mengacu pada kegiatan guru dalam membuat RPP atau evaluasi diri. Lantas bukti fisiknya apa berupa RPP lengkap?? Iya, namun cukup mengunggah satu atau dua RPP saja dalam bentuk foto ataupun dokumen. Bukankah RPP sudah tidak berlembar-lembar seperti dulu? Hehee..

D. Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran.

Penggunaan buku selama kita mengajar adalah bukti fisik dalam aspek ini yang harus diunggah. Namun tidak perlu melampirkan semua halaman buku, cukup memfoto covernya saja. Jika memakai e-book ya cukup covernya saja. Kita harus membeberkan, apakah kita memakai buku teks atau e-book pada kegiatan belajar di kelas.

E. Aspek Perencanaan Pembiayaan.

Ini aspek terpenting dari segala aspek. Ntah mengapa ada dipoin urutan akhir. Karena jabatan saya adalah bendahara madrasah, saya menganggap aspek ini yang paling penting. Dalam aspek ini, unggah bukti fisiknya akan berupa aplikasi atau file lengkap tentang laporan keuangan madrasah. Mulai dari buku khas, pembantu khas, pajak, pembantu pajak dan juga kwitansi pengeluaran.

Saat ini, madrasah saya sendiripun mengenai RTL ini masih pada tahap awal pembentukan TIM dan juga pengumpulan file dan bukti fisik yang kita butuhkan nantinya. Untuk pengisian dan lain-lainyya sudah kita fahami dalam aplikasi e-RKAM pada bimtek minggu lalu.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar