1

Instrumen EDM: Bukti Fisik Aspek Perencanaan Pembiayaan (0)

FitriyaniElHasan February 7, 2021

Bagian E: Aspek Perencanaan Pembiayaan

E.1. Apakah madrasah telah menyusun rencana kerja dan anggaran madrasah dalam e-RKAM?

Bukti-bukti fisik Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4): 1. RKAM 2. Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan RKAM 3. Wawancara dengan guru 4. Wawancara dengan komite madrasah. Catatan: Daftar hadir penyusunan RKAM dan wawancara guru dan komite madrasah wajib diupload.

E.2. Apakah Madrasah menyediakan dana transport yang cukup bagi guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan?

Bukti-bukti fisik Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4): 1. Laporan penggunaan dana madrasah 2. Wawancara dengan guru dan tenaga kependidikan 3. Rekapitulasi daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan. Catatan: Daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan wajib diupload.

E.3. Apakah Madrasah menyediakan dana untuk pembelian bahan pendukung habis pakai yang cukup bagi guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan?

Bukti-bukti fisik Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4): 1. Laporan penggunaan dana madrasah 2. Wawancara dengan guru dan tenaga kependidikan 3. Rekapitulasi daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung. Catatan: Daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung wajib diupload.

E.4. Apakah Madrasah telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang tua siswa dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota?

Bukti-bukti fisik Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4): 1. Laporan keuangan 2. Bukti penyerahan laporan keuangan kepada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan kepada Komite madrasah. Catatan: bukti penyerahan laporan keuangan kepada Kankemenag dan Komite Madrasah wajib diupload.

Ketika semua bukti fisik sudah dipenuhi dengan lengkap dan urut, silahkan bapak/ibu tim inti madrasah untuk masuk ke aplikasi E-ERKAM untuk menginput data bukti fisik yang sudah ada satu per satu. Bukti fisik bisa berupa dokumen ataupun foto yang tentunya tidak dalam ukuran yang besar agar proses upload berjalan tidak begitu lama. Selamat mengerjakan, semoga berhasil!

Demikian Instrumen 5 Aspek yang dibutuhkan dalam pengumpulan bukti fisik aplikasi e-ERKAM yang akan dikerjakan tim inti Madrasah nantinya. Semua bukti fisik ini akan dilengkapi oleh tim TPM yang sudah endapat pembagian sesuai tugasnya dalam mengumpulan bukti fisik sesuai instrumen yang sudah ada.

Aplikasi e-ERKAM ini juga akan selalu digunakan untuk membuat segi administrasi madrasah semakin efisien kedepannya. Sedikit mirip dengan pengumpulan bukti fisik ketika Akreditasi Madrasah, namun dalam ERKAM ini dokumen bukti fisiknya tidak sedetail Akreditasi yang harus memenuhi 8 standart yang sudah ada sebelumnya.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar