1

Inspirasi keren dari seorang pejabat ” Belajar itu sepanjang hayat” (0)

Ayuma Sofyati March 20, 2021

Firman Allah dalam QS  Al-Mujadalah :11 yang artinya

” Hai orang- orang yang beriman apabila dikatakan kepadamu ” berlapang-lapanglah  dalam majelis” maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan ” Berdirilah kamu ” , maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat.Dan Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. ” ( QS Al-mujadalah :11 )

Hari ini Sabtu 20 Maret 2021 di beranda FB, Saya melihat unggahan status keren teman FB saya yang  penuh inspirasi tentang semangat seorang pejabat sekelas wakil gubernur dalam menggali ilmu dan menjadi pembelajar sepanjang hayat di sela-sela kesibukannya. 

Teman saya itu mengunggah kegiatan ibu wakil gubernur tatkala tengah menjalani uji skripsi pada bidang ‘hukum’ pada fakultas hukum salah satu universitas di kota tersebut , dan beliau kebetulan salah satu dosen pengujinya. Padahal menurut beliau ibu itu adalah seorang yang sudah bergelar ‘doktor’ tapi tetap haus ilmu yang patut di acungi jempol dan menjadi inspirasi bagi yang muda-muda

Sontak banyak komentar positif memenuhi kolom komentar status FB nya. Diantaranya ; 

” ini namanya belajar sepanjang hayat ” . keren! 

“Keren jadi inspirasi buat yang lainnya”

” Ini contoh yang baik” 

” Sejarah membuktikan tidak ada batasan untuk menuntut ilmu, menjadi motivator untuk yang muda -muda agar jangan pantang menyerah.” 

” Luar biasa ” 

“Bagus buat yang muda biar semangat menuntut ilmu” 

Dan masih banyak komentar-komentar positiv lainnya yang tidak bisa saya tulis satu persatu, yang jelas semua sorotan komentar semuanya positiv dan mendapatkan ratusan ‘ like ‘

Saya jadi ingat tentang diri saya pribadi karena pengalaman ini hampir sama dengan yang saya Alami,  bedanya saya bukan pejabat bukan pula seorang doktor dan sampai saat ini belum lulus.hehe

Ada banyak rujukan tentang pentingnya menuntut ilmu ini dan keutamaannya, diantaranya:

  1. Firman Allah dalam QS Al-Mujadalah : 11 yang artinya saya tulis dan saya tempatkan di muka 
  1. Hadits yang di riwayatkan oleh Bukhari Muslim ” Menuntut  ilmu adalah dari buaian (bayi)  hingga  ke liang lahat  ” ( HR Bukhari Muslim )
  1. Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah” Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim  ( HR Ibnu Majah )
  1. Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim ” Barang siapa menempuh satu  jalan ( cara ) untuk mendapatkan ilmu maka Allah pasti mudahkan baginya  jalan menuju surga” (HR. Muslim)
  1. HR. Turmudzi ” barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang” ( HR. Turmudzi ) 

Dalil-dalil di atas menjabarkan dan menjelaskan bahwa menuntut ilmu itu  dimanapun, kapanpun, kepada siapapun. Tidak ada batasan usia, Tidak ada batasan tempat, Tidak ada batasan waktu. Senantiasa menjadi pembelajar sepanjang hayat sampai menutup mata. 

Artikel ini saya tulis karena betul-betul terinspirasi dengan ibu pejabat istimewa ini . 

Terimakasih untuk bapak dosen yang telah mengunggah moment yang penuh sejarah ini . Betul- betul menginspirasi saya pribadi dan juga yang lainnya . Semoga kita senantiasa dimudahkan jalan dalam menuntut ilmu dan ilmu yang kita dapat barokah dunia akhirat. Aamiin

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar