2

Input RKAM Ke Dalam e-RKAM (0)

FitriyaniElHasan January 8, 2021

Kamis, 7 Januari 2021.

Tepatnya kemarin, bimtek terasa lama sekali. Dimulai jam 8-5 sore sangatlah lama. Para peserta dan pemateripun sangat serius dalam menyimak dan menyampaikan materi pada saat itu.

Terutama saya selaku bendahara madrasah. Ketika aplikasi excel saya sudah rampung saya kerjakan dengan mengalokasikan semua dana yang ada hingga habis, ini saatnya untuk menginput datanya ke dalam aplikasi e-RKAM.

Oke, kerjasama tim madrasah dimulai. Kami (kepala, staff operator dan bendahara) mulai login kedalam aplikasi masing-masing tentunya dengan tugas yang berbeda.

Dimulai dari kepala madrasah yang harua memberi inatruksi kegiatan atau standart yang harus dikerjakan operator dan bendahara nantinya. Tugasnya adalah memberi perintah pada 3 standart yang sudah dicontohkan dalam aplikasi RKAM offline sebelumnya.

Lalu kemudian, tugas bendahara untuk mengisi rincian kegiata serta nominal dana yang dibutuhkan. Yang perlu diingat adalah dalam sistem ini semua yang kita kerjakan akan otomatis masuk dan terbaca sistem. Maka ketika kita salam memasukka data, maka juga akan berimbas pada grafik yang akan ditampilkan nantinya.

Setelah saya input data kegiatan semester 1 dan 2 dalam 3 standart tadi yang meliputi kegiatan, volume, nominal. Kemudian kendali dipegang oleh kepala madrasah yang bertugas untuk menerima permintaan dari ajuan saya. Jikapun ada yang salah, maka editing data harus melalui kepala dengan menolak tentang persetujuan yang sudah disetujui sebelumnya.

Data yang sudah diinput oleh bendahara juga sudah otomatis terbaca diakun staff operator. Intinya, jika pengerjaan bisa dilakukan oleh bendahara atau operator yang kemudian diserahkan pada aplikasi kepala madrasah untuk ditolak/diterima.

Alhamdulillah setelah semua selesai, maka grafik yang muncul pada menu dashboard kepala akan seimbang. Jika masih belum seimbang maka mungkin masih ada kesalahan dalam pengimputan data yang dikerjakan oleh bendahara sebelumnya.

Ketika grafik sudah seimbang antara pengeluaran pada semester 1 dan 2, maka kita sudah bisa mendownload RKAM yang sudah kota kerjakan dalam bentuk .pdf

Nah, file .pdf ini yang nantinya akan kita kirim kepada kemenag untuk proses lebih lanjut. Maka dalam kegiatan ini memang ditujukan agar pemberkasan sudah tidak lagi menggunakan kertas yang menumpuk dikumplkan pada panitia. Kita cukup mengumpulkan hasil dari e-RKAM pada panitia. Cukup mudah ternyata.

Semoga tujuan bimtek ini bisa memberi hasil yang maksimal bagi kami para tim initi madrasah. Tentunya dengan tujuan mdarasah hebat yang salah satunya dapat dilihat dari segi administrasi sekolah yang diselesaikan.

Banyak ilmu yang sudah saya dapatkan dalam pelatihan ini. Meski pandemi belum selesai, pemerintah sudah memberi inovasi baru dalam pengerjaan administrasi yang lebih praktis untuk dikerjakan para tim madrasah.

Untuk bapak dan ibu guru, inshaAllah bimtek ini sudah dilakukan dibeberapa daerah. Maka ini tugas kita bersama menuju madrasah maju dan hebat dengan menggunakan aplikasi ini bersama.

Salam!

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar