0

INOVASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI TENGAH PANDEMI MENJAWAB TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA NEW NORMAL (0)

Elisa Kristiyanti April 8, 2021

Pendidikan dan sistemnya sedang mengalami perubahan untuk menghadapi era new normal, tak terkecuali dengan pembelajaran untuk materi biologi. Pembelajaran biologi idealnya melibatkan interaksi siswa dengan objek biologi, bagaimana dengan kondisi saat ini? Dengan berbagai pertanyaan di masa pembelajaran secara online, apakah masih memungkinkan proses pembelajaran biologi dilakukan sebagaimana idealnya?

Tiga hal yang harus ada dalam proses pembelajaran yaitu, sumber belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar atau outcome. Ketiganya dapat berjalan dengan baik untuk pembelajaran biologi selama pandemi dengan tetap melibatkan sumber belajar utama biologi adalah makhluk hidup. Peserta didik dapat memahami konsep biologi dengan proses konstruksi melalui metode saintifik.

Pembelajaran online atau jarak jauh, dapat menggunakan 2 prinsip, yang pertama adalah dengan pembelajaran synchronous, dimana guru dan siswa bertemu saat yang sama dan terjadwal dalam sebuah platform tertentu seperti google Meet, google hangout, dan zoom, saat ini lebih dikenal dengan pembelajaran tatap muka. Kedua dengan pembelajaran asynchronous, peserta didik tidak dibatasi untuk waktu belajarnya, pembelajaran dapat mengunakan Google Classroom, atau aplikasi lain yang mendukung untuk guru dapat memberikan materi atau konten pembelajaran secara online yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar kapan pun dan dimana pun.

Banyak aplikasi e-learning yang gratis yang tersedia dan bisa digunakan ada yang berbayar dan gratis. Prinsip belajar online tetap mengharuskan ada interaksi antara peserta didik dengan objek biologi, ada materi, pemberian tugas, diskusi, interaksi peserta didik dengan guru dan ada evaluasi akhir.

1 2 3 4

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar