0

INOVASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI TENGAH PANDEMI MENJAWAB TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA NEW NORMAL (0)

Elisa Kristiyanti April 8, 2021

Guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut untuk berpikir kreatif ditengah keterbatasan. Profesionalitas guru diperlukan untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan berinovasi di tengah pandemi. Guru harus mengejar ketertinggalan dan belajar dengan cepat terutama untuk penguasaan teknologi. Pandemi tanpa disadari menjadi waktu yang memaksa setiap pendidik yaitu guru untuk cepat tanggap dan berpikir penuh strategi. Tidak bisa dipungkiri memang dengan adanya pandemic Covid-19, guru menjadi lebih kreatif memanfaatkan setiap sumber daya yang terbatas untuk menciptakan proses pembelajaran yang menarik.

Pada era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 masa sekarang ada banyak hal yang terjadi. Pendidikan yang mengarah pada abad 21th century skill sudah bergeser sedikit ke era revolusi industry 4.0. Pendidikan abad 21th mengarah pada ketrampilan atau kecapakan sesuai dengan karakter di wilayahnya masih-masing. Dengan program merdeka belajar yang telah dicanangkan oleh pemerintah akan menjadi modal atau jalan bagi setiap guru untuk lebih dapat berinovasi sesuai dengan sumber daya dan ciri khas yang ada di wilayah masing-masing.

Belajar seharusnya dapat mengarahkan peserta didik untuk tahu apa yang dipelajari dan bagaimana cara mencapai goal dalam kehidupannya. Dengan adanya merdeka belajar memberikan kesempatan untuk peserta didik dapat menentukan dimana mereka belajar.

Guru dituntut untuk menguasai wawasan teknologi terutama untuk pembelajaran online, dibarengi dengan penguasaan pengetahuan kelimuan yang terkini dan relevan dengan kondisi saat ini.

1 2 3 4

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar