3

inilah sebenarnya guru (+2)

mokhamad subakri November 17, 2013

Sejak kemarin kami kembali ke Hotel Utami Sidoarjo Surabaya untuk IN ke-2 dalam Workshop Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari In pertama tanggal 19 s.d. 23 Oktober 2013.

Bp Chamim Rosydi Irsyaddiskusi kelompok besar (maklum peserta 200 orang)

Ada hal yang patut kita contoh dari pemateri yang disampaikan oleh Bp. Cahamim Rosyidi Irsyad,M.Pd. M.Si. Beliau dalam menyampaikan materi tidak hanya berteori saja. Dalam materinya Review Instrumen PTK meski menghadapi 200 peserta beliau mampu bersaintifik layaknya penerapan standar porses kurikum 2013 dalam proses pembelajaran.

Pada kegiatan awal beliau menunjukkan gambar untuk membuka suasana lebih akrab dan melatih konsentrasi peserta. Menyapaikan tujuan pembelajaran (materi Review Intrumen PTK). Mengawali dengan pertanyaan untuk memperluas pengetahuan. Membagi beberapa kelompok. Peserta berdiskuksi dengan kelompok. Tiap kelompok menempelkan hasilnya di dinding, meja, podium, dan tempat lain. Tiap kelompok berkeliling untuk melihat hasil kelompok lain (gallery walk). Tiap pajangan dijaga oleh beberapa orang sebagai penjual (penyaji).

metode galery walk2Peserta asik berbelajana ilmu, penjual (pemateri) melayani dengan ikhlas

metode galery walk1bergerak membuat belajar lebih dinamis, motorik jadi lebih cerdas

Dari sini kami dapat menarik hikmah bahwa selama ini dalam kegiatan workshop pemateri hanya bisa metode ceramah dan berteori saja. Namun yang disampikan oleh Bp. Cahamim Rosyidi Irsyad,M.Pd. M.Si. memberikan inspirasi. Bahwa guru harus bisa menyampaikan materi secara bermakna bagi peserta (murid)

Bp. Chamim bersama peserta

Bp. Chamim bersama peserta

Terima kasih bagi yang sudah membaca tulisan ini. Semoga kita (guru) bisa memberikan materi semenarik dan mampu menginspirasi siswa untuk lebih baik.

metode galery walk jaket ayo mendidik menghiasi workshopAda peserta yang juga pakai jaket AYO MENDIDIK … mereka sahabat guru dari kabupaten lain di Jawa Timur yang senang dengan Jaket AYO MENDIDIK. Bahkan banyak yang pesan. Mereka juga ingin menyuarakan guruku ayo lebih mendidik. Anda jugakan ? mau gabung klik di sini

salam hormat dari admin ayo mendidik * mengajar sehari, menginspriasi seumru hidup"

salam hormat dari admin ayo mendidik * mengajar sehari, menginspriasi seumur hidup”

ANIMASI AYO MENDIDIK DINAS TERKAIT

1,959 total views, 3 views today

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar