2

Inilah Jenis-Jenis Website Berdasarkan Klasifikasi (0)

Ega Bekti November 6, 2020

Situs web adalah halaman web yang saling berhubungan yang biasanya berada di server yang sama dan berisi sekumpulan informasi. Baik secara individu, dalam kelompok, atau organisasi, data diberikan.

Biasanya sebuah website setidaknya berada pada web server yang dapat diakses melalui jaringan internet. Dapat juga dilihat sebagai kumpulan halaman dan terdiri dari beberapa halaman yang berisi informasi berupa data digital berupa teks, gambar, video, audio atau animasi lainnya.

Dalam hal fungsionalitas, desain, dan konten, ada beberapa kategori gaya situs web yang dapat diklasifikasikan. Setiap jenis situs web memiliki tujuan masing-masing. Berdasarkan informasi yang diberikan, jenis situs web ini juga dapat dikategorikan ke dalam beberapa kategori yang lebih luas.

jenis-jenis website
Sumber Gambar – Unsplash

Ada banyak fungsi di situs web dan dapat digunakan dalam berbagai mode. Situs web keluarga, situs web bisnis untuk bisnis, situs web pemerintah, situs web untuk organisasi, dan sebagainya dapat berupa situs web. Berikut rincian lebih lengkapnya mengenai macam-macam website berdasarkan klasifikasinya yang telah dirangkum Liputan6.com:

Jenis Website dilihat dari fungsinya

Blog Personal

Yang pertama adalah blog pribadi dimana website ini menjadi favorit para individu yang ingin merekam peristiwa besar dalam hidup mereka. Website jenis ini dilihat dari fungsinya. Blogging adalah bentuk lain dari situs web pribadi yang telah menjadi sangat umum. Biasanya, blog sering diperbarui dan posting lama dapat dilihat melalui arsip.

Media sosial

Website jenis ini merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya menggunakan berbagai gambar atau tulisan, dilihat dari fungsi selanjutnya. Dalam skenario ini, dengan 2.07 miliar pengguna aktif, situs media sosial terpopuler hingga saat ini adalah Facebook. Situs media sosial lainnya termasuk YouTube, Twitter, Instagram dan LinkedIn.

Situs Jual Beli (E-commerce)

Situs e-commerce adalah situs web tempat barang atau jasa online dapat dibayar oleh pengguna. Biasanya, ini akan melibatkan satu perusahaan yang menjual ke banyak pengguna, tetapi juga dapat berupa situs web untuk e-niaga multi-vendor, yang biasa disebut sebagai ‘pasar’. Situs web pasar memungkinkan banyak vendor menjual situs web yang sama kepada pelanggan.

Portal

Selanjutnya, portal situs web yang menyatukan pengetahuan di web dari berbagai sumber. Contoh awal termasuk Aol dan Yahoo, melalui beranda mereka, yang menawarkan email, forum, mesin pencari, dan berita. Portal ini juga dapat digunakan secara internal di sekolah, universitas, atau perusahaan, memungkinkan siswa atau karyawan untuk mengakses email, peringatan, dan file mereka semua di satu tempat.

Berita atau Media

Berita atau media adalah jenis website dilihat dari fungsinya selanjutnya. Tujuan utama situs berita adalah agar pembacanya selalu mengetahui berita terbaru. Hal yang sama dapat terjadi, sampai batas tertentu, dengan situs web majalah online, meskipun hiburan jauh lebih terfokus.

Berita atau pelaporan lain dikumpulkan oleh situs media. Ada beberapa situs web hiburan yang tumpang tindih di sini, tetapi situs web media lebih cenderung menyertakan bagian yang dilaporkan sebagai tambahan atau murni untuk hiburan daripada konten.

Jenis situs web dalam hal konten

Situs Statis

Dari segi isinya, situs web pertama adalah situs web statis atau tetap. Dalam hal ini, bergantung pada pengguna, konten mereka tidak berubah, dan tidak diperbarui secara rutin. Menggunakan kode HTML sederhana, situs web statis dibuat dan biasanya hanya menyediakan informasi tertentu.

Situs Web Dinamis

Dari segi isinya, jenis website merupakan website dinamis yang biasanya menampilkan berbagai macam konten setiap kali dikunjungi.

Blog dan situs eCommerce, atau umumnya situs apa pun yang diperbarui secara rutin, adalah contohnya. Dimungkinkan juga untuk mengatur situs web dinamis untuk menampilkan konten yang berbeda untuk pengguna yang berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Selain itu, situs web dinamis juga dapat memberikan pengalaman yang lebih pribadi dan interaktif kepada pengguna, meskipun mereka bisa sedikit lebih rumit untuk dikembangkan dan dapat memuat sedikit lebih lambat daripada yang statis.

Jenis situs web berbasis respons

Tetap atau Statis

Situs web statis atau tetap adalah jenis situs web pertama berdasarkan tingkat daya tanggap. Untuk layar dengan berbagai ukuran, situs web tetap tidak dioptimalkan dengan baik. Situs web ini dibuat untuk memiliki lebar piksel tetap. Anda harus memperbesar saat membuka situs web statis di ponsel Anda untuk melihat apa yang tertulis di setiap halaman.

Karena kesederhanaannya, situs web statis dapat memuat sedikit lebih cepat. Namun, mereka tidak disarankan untuk mereka yang menggunakan ponsel atau tablet karena pengalaman pengguna yang buruk. Harap perhatikan bahwa lebih dari 50% dari semua penelusuran sekarang dilakukan di perangkat seluler, jadi ini adalah pertimbangan penting.

Fluid

Selain itu, situs web yang dibangun dengan desain yang lancar memastikan bahwa, berapa pun ukuran layarnya, situs tersebut terlihat sama dalam hal proporsi. Di setiap perangkat, setiap elemen situs web, seperti bilah navigasi, akan menggunakan ruang relatif yang sama.

Responsif

Padahal fluid selangkah lebih maju dari website dengan desain yang responsif. Situs web responsif adalah situs web yang dioptimalkan sepenuhnya untuk ponsel dan tablet, sehingga pada setiap perangkat situs web akan terlihat sangat berbeda.

Jika sebagian besar audiens Anda menggunakan perangkat selain komputer untuk melihat situs Anda, sangat penting agar situs Anda responsif, karena situs ini menawarkan pengalaman pengguna terbaik.

Tagged with:

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar