3

Inilah Harapanku, Nak. (0)

FitriyaniElHasan December 16, 2020

Guru adalah sosok yang berjasa dalam memajukan pendidikan, saat manusia masih buta aksara guru selalu membantu dan membingbing mereka membaca dan menulis. Mengajarkan mereka dari nol sampai sebagai sosok yang melibihi gurunya. Ketika mereka tidak mau menerima apa yang diajarkan, guru selalu setia membingbing dan mengarahkan supaya menjadi manusia yang berguna bagi dirinya, orang tua, masayarakat, dan Negara.

Menjadi seorang guru bukanlah suatu pekerjaan yang bekerja hanya untuk mendapatkan gaji saja, tetapi memiliki profesi seorang guru berarti ada suatu tugas mulia yang sedang diemban. menjadi guru adalah sebuah pengabdian, mengabdi untuk kecerdasan bangsa. bertanggung jawab atas masa depan bangsa.

Wujud tanggung jawab seorang gutu berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.Guru adalah profesi yang mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk menyongsong pembangunan bangsa dalam mengisi kemerdekaan. Guru dengan segala kemampuannya dan daya upayanya mempersiapkan pembelajaran bagi peserta didiknya. Sehingga tidak salah jika kita menempatkan guru sebagai salah satu kunci pembangunan bangsa menjadi bangsa yang maju dimasa yang akan datang. Dapat dibayangkan jika guru tidak menempatkan fungsi sebagaimana mestinya, bangsa dan negara ini akan tertinggal dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian waktu tidak terbendung lagi perkembangannya.

Tak hanya siswa, setiap guru pasti menginginkan proses pembelajaran berjalan santai. Santai di sini bukan berarti siswa bisa seenaknya bersikap, bertutur kata dan belajar. Guru menjadi orang tua sekaligus teman belajar yang menyenangkan.

Harapan terbesar saya dalam proses pembelajaran bersama mereka tentunya menunggu mereka menunjukkan kesuksesannya kelak. Bukan, ini bukan target utama. Betapa bangga lagi saya sebagai gurunya ketika para peserta didik saya masih mau mengenali gurunya ketika sudah tidak belajar bersama. Menyapa dengan salam dan senyum, menjabat tangan saya dan juga bersua tentang masa sekolah bersama. Ah senangnya!

Saya hanya bisa mendoakan semua peserta didik saya disetiap sujud agar mereka senantiasa mendapat kebarokahan ilmu yang sudah saya berikan dulu. Mengamalkan ilmu mereka dengan cara yang baik dalam kehidupan yang nyata, bahkan sampai pada anak-anaknya kelak.

Tujuan akhir dari sebuah proses pembelajaran adalah suksesnya para siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dengan bimbingan yang telah diberikan kepada siswa tentu guru berharap anak didiknya sukses. Kesuksesan siswa akan menjadi kado terindah dalam karir guru. Melebihi hadiah fisik yang mungkin diterima dari siswa atau orang tuanya. Di sekolah kami sendiri, memberikan hadiah kepada guru bukanlah sesuatu yang membudaya. Kami sadar betul bahwa orang tua memiliki keterbatasan dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Semoga bisa dimengerti..

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar